Select Page

OIL SPILL harfiahnya adalah tumpahan minyak hidrokarbon (bisa minyak bumi atau minyak hasil pengilangan/ refinery). Lalu apa itu FINGER PRINT ANALYSIS? Balik-balik ke konsep ‘TUHAN’ adalah Maha Kuasa. Ini persis dengan kenyataan bahwa tidak ada 1 Milyar pun umat manusia di bumi yang punya ‘sidik jari’ yang sama, meskipun kembar 5-6 sekalipun. Hydrocarbon itu ternyata memiliki komposisi kimia dan sifat fisik yang khas dan unik. Dengan mempelajari dan melakukan analisa lab maka kita dapat menceritakan dari mana minyak bumi/ atau minyak hasil kilang itu berasal, jenis dan sifat-sifatnya.

Ardian Nengkoda

Morning All,

Masih berbalut jacket jeans, dan belum sempat menyeruput teh hangat. Aku konekkan DELL lalu putar Closer-nya THE CORRS. Buka lagi puisi ZARA yang lumayan menyejukkan hati. Sambil lihat2 LIST TO DO yang harus aku kerjakan pagi ini, Production report, serta Email-email. Uppppssss…XDA O2 rese ini juga perlu di charge ternyata.

Kali ini, aku coba cerita tentang OIL SPILL FINGER PRINT ANALYSIS, habis sedikit sekali beberapa hari ini Milist membahas tentang ‘kimia terapan’.

Beberapa bulan lalu, buat rekan2 yang tinggal di Kaltim, lebih spesifik Balikpapan, tentu ingat berita di Koran lokal tentang adanya tumpahan minyak berat (:lantung) yang terhempas sepanjang bandara Sepinggan sampai pelabuhan Semayang. Kasusnya telah diusut oleh kepolisian dan sampai di pengadilan. Beberapa tersangka telah diajukan untuk dikenakan hukuman sesuai UU yang berlaku. Skala nasional kasus OIL SPILL, tentu banyak, misalnya saja awal tahun lalu di kepulauan seribu Jakarta.

OIL SPILL harfiahnya adalah tumpahan minyak hidrokarbon (bisa minyak bumi atau minyak hasil pengilangan/ refinery). Lalu apa itu FINGER PRINT ANALYSIS? Balik-balik ke konsep ‘TUHAN’ adalah Maha Kuasa. Ini persis dengan kenyataan bahwa tidak ada 1 Milyar pun umat manusia di bumi yang punya ‘sidik jari’ yang sama, meskipun kembar 5-6 sekalipun. YES, Si hydrocarbon itu ternyata memiliki komposisi kimia dan sifat fisik yang khas dan unik. Dengan mempelajari dan melakukan analisa lab maka kita dapat menceritakan dari mana minyak bumi/ atau minyak hasil kilang itu berasal, jenis dan sifat-sifatnya.

Jadi jika kita ingin membandingkan atau mengidentifikasi apakah oil hydrocarbon X dan Y identik atau sama, maka bisa dilakukan pendekatan ‘chemical and biochemical markers’ atau finger print tadi.

Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia selengkapnya :

Share This