Select Page

Secara visual, pipa seamless adalah pipa yg tidak ada las2annya, tidak pejal, dan berlubang (hollow). Kalau alat tesnya ditambah dengan jangka sorong, atau meteran, atau penggaris, maka parameter kualitas yg akan diketahui akan bertambah lagi.
Semakin banyak alat tes yg dipakai, maka semakin ketahuan pipa tsb bagus atau jelek kualitasnya.

Tanya – Stanley Syamtori

Dear rekan2 milis,

Saya hendak menanyakan tentang cara mengetahui sebuah pipa Sch 40 yang Seamless kualitas bagus dan jelek secara fisik tanpa tes.

Terima kasih

Tanggapan 1 – Indera Sadikin

Kalau Anda tanya cara mengetahui kualitas bagus atau jelek tanpa tes, jawabnya: Tidak ada. Mill certificate tinggal difotokopi dan batch number gampang dicetak. Tapi kalau cara sederhana untuk mengetahui kualitas pipa bisa dengan:

1. Ukur tebal dinding pipa dan dicocokkan dengan tabel untuk memastikan bukan pipa ‘banci’. Kalau pipa sudah terlanjur dipakai di struktur alias sudah tidak bisa akses ketebalan pipa Anda terpaksa repot sedikit pakai ultrasonic thickness gauge (ada yang portable). Tinggal amplas dikit, kasih gemuk dan tempelkan sensor ultrasonic, tebal langsung terbaca.

2. Selanjutnya lakukan hardness test untuk cek material. Alat ini juga ada yang portable. Konversikan hasil hardness ke yield strength. Dari situ dapat perkiraan grade material. Beres kan? 🙂

Tanggapan 2 – Ary Retmono

Gampang aja Pak, kalau secara visual, pipa seamless adalah:

1. Pipa yg nggak ada las2annya.

2. Tidak pejal, dan berlubang (hollow).

Kalau alat tesnya ditambah dg jangka sorong, atau meteran, atau penggaris, maka parameter kualitas yg akan diketahui akan nambah lagi.
Semakin banyak alat tes yg dipakai, maka semakin ketahuan pipa tsb bagus atau jelek kualitasnya.

Tapi, semua tes2 yg diharuskan untuk code yg dianut dlm pembuatan pipa tsb hasilnya sudah dituliskan di dalam akte kelahiran pipa tsb, yg akte kelahiran tsb populer disebut sbg ‘mill certificate’. Jadi, Pak Stanley nggak usah ngetes2 lagi. Tapi, kalau nggak punya ‘mill cert’-nya, nggak ada cara lain untuk tahu jelek-baiknya selain diteskan ulang.

Share This