Select Page

Cast Iron mempunyai resiko crack lebih tinggi dari pada forging steel. Disebabkan oleh kandugan komposisi kimianya yang mempunya carbon tinggi. Material dengan carbon tinggi akan berakibat kemampuannya untuk di las rendah., maksudnya pada proses pengelasannya mudah terjadi crack (solidification cracking). Bila dilihat dari diagram phase nya material ini mempunya heat treatment yang terbatas tergantung dari kadar carbonnya tadi. Pada waktu transportationpun harus lebih hati hati karena material ini sangat getas tidak tahan terhadap beban atau benturan gaya dari luar.

Tanya – ariyo

Assalamualaikum Wr.Wb.

Saya sering dengar Cast Iron dalam pipe fitting atau material lainnya, biasanya kalau material seperti tersebut itu di pakai dalam environment seperti apa?,
Apa ada syarat2 khusus?, Sebelumnya terimakasih

Tanggapan 1 – Basuki Trianto@tripatra

Ketika forging tidak ekonomis dan susah dilakukan, maka casting process (salah satu produknya cast iron) adalah yg paling baik dilakukan, tapi forging quality lebih bagus dari casting mengingat ada tambahan gaya pembentukan yg bisa mengeliminir cavity dalam material sehingga strengthnya bisa jadi lebih tinggi. Cast iron bisa tahan di lingkungan asam dgn % tertentu. CMIIW.

Tanggapan 2 – novembri nov

Cast Iron sebenarnya mempunyai resiko crack lebih tinggi dari pada forging steel. Disebabkan oleh kandugan komposisi kimianya yang mempunya carbon tinggi.
Material dengan carbon tinggi akan berakibat kemampuannya untuk di las rendah., maksudnya pada proses pengelasannya mudah terjadi crack (solidification cracking).Bila dilihat dari diagram phase nya material ini mempunya heat treatment yang terbatas tergantung dari kadar carbonnya tadi. Pada waktu transportationpun harus lebih hati hati karena material ini sangat getas tidak tahan terhadap beban atau benturan gaya dari luar.
Dibandingkan dengan forgng steel cast iron sangat terbatas pemakaiannya, apalagi di dunia oil and gas. Forging steel mempunyai mechanical properties (impact) yang tinggi karena banyak fitting dari forging steel dilakukan proses austemper.

Share This