Select Page

Salah satu metode yang pernah dikembangkan untuk mendeteksi kebocoran pipa gas elpiji adalah dengan menggunakan teknologi sensor suara. Jadi sebuah sound detector di ujung ujung pipa didalam concrete sehingga bisa ditentukan lokasi tepatnya. Teknologi lain dengan menggunakan isotop, tapi teknologi ini tidak bisa memberikan informasi mengenai lokasi secara akurat.

Tanya – Wilis Wirawan@sarana-ahli

Dear Rekan-Rekan Milis,

Kawan saya membutuhkan metode dan alat untuk mendeteksi kebocoran pipa gas elpiji. Masalahnya pipa tersebut berada di dalam concrete. Mohon sharing pengalaman dari rekan-rekan. Atau bila ada yang menyediakan peralatan, silahkan kontak langsung via email primatek_sby@yahoo.com Terima kasih banyak atas bantuannya.

Tanggapan – Bambang Sugiharta@klaras

Mas Wilis,

Salah satu metode yang pernah dikembangkan adalah dengan menggunakan teknologi sensor suara. Jadi sebuah sound detector di ujung ujung pipa didalam concrete sehingga bisa ditentukan lokasi tepatnya. Teknologi lain dengan menggunakan isotop, tapi teknologi ini tidak bisa memberikan informasi mengenai lokasi secara akurat. saya menduga problem yang disampaikan teman mas Wir adalah untuk pipa avtur di bandara. Ini sangat sulit karena ketebalan concrete lapangan di bandara itu sangat tebal. nah teknologi yang saya sampaikan itu, dulu kita pegang keagenannya, cuma karena alasan ekonomis, produk itu dinyatakan obsolete. Namun sekarang ini ada engineer engineer muda yang briliant dan bersemangat didalam mendesain dan membuat secara independen, salah satunya PT Daun Biru. saya yakin mereka bisa untuk case-case spt ini.

Share This