Select Page

Untuk pekerjaan wrapping pipa menggunakan metode epoxy resin based apakah ada yang punya referensi? Kami memerlukan wrapping job di beberapa pipa dan valve pada kondisi High Temperature (sekitar 300 oC) karena leaking dan eternal corrosion yang lumayan parah.

Tanya – ‘Armand Sulaksono’

Dear miliser,

Saya mau tanya, untuk pekerjaan wrapping pipa menggunakan metode epoxy resin based apakah ada yang punya referensi? Kami memerlukan wrapping job di beberapa pipa dan valve pada kondisi High Temperature (sekitar 300 oC) karena leaking dan eternal corrosion yang lumayan parah. Sejauh ini saya melihat produk punya Citadel Technology (www.cittech.com) sepertinya cocok tapi tidak ada data kontak nomor distributornya di Indonesia. Tolong infonya kalau ada yang tau distributor Citadel Technology di Indonesia. Thanks.

Tanggapan 1 – asuyant

Ini untuk aplikasi onshore/surface atau subsea?

Kalau untuk surface, kita pernah pakai syntoglass. Distributornya lupa nama dan kontaknya, tapi yang saya tahu kantornya ada di samping kantor BP Arkadia (dekat pintu gerbang).
Untuk valve kenapa di-wrap ? apa engga lebih bagus diganti aja sekalian ?

Tanggapan 2 – Armand Sulaksono

Onshore base, non subsea Pak. Syntoglass ada info produknya tidak pak yg bisa saya review?

Tanggapan 3 – Zulkifli Taher

Coba juga lihat di www.clockspring.com

Mana tau ada produknya yang sesuai dengan kebutuhan. Saya pernah pakai tapi untuk suhu dan tekanan rendah.

Tanggapan 4 – roeddy setiawan

Dear Pak Armand,

Saya agak ragu kalau composit bisa bertahan dg operating temperatur yang bapak sebutkan. 300 C tinggi sekali untuk bisa di clad dg composit material, ingat saya angka 150 C masih merupakan batas buat composit.
Kalau saya tebak mestinya pipa ini high pressure steam atau sejenis. pendapat saya kalu memang pipanya sudah kehilangan ketebalan karena berbagai hal, lebih baik di sleeve saja dg material yang sama. jadi pipa yng coroded di sleeve dg pipa lain yg id nya = od pipa coroded. kalau yang coroded itu masih punya cukup strength setelah derating untuk keperluan life welding. langsung saja di weld separuh separuh tidak perlu pipenya di shutdown. seetelah welding anda bisa tenang karena ketebalan material bisa kembali atau malah lebih. dan bisa dikerjakan sendiri. (tentunya wps harus di develop untuk pekerjaan ini) yang mudah, kan banyak kontractor yang sudah punya wps yang sdh diapprove migas, pake mereka lebih efficient dp bikin wps sendiri.

Kalau untuk Valve, tentunya spy supaya tidak ada hazard nanti nyelomot personel, kebanyakan contractor akan proposed barang sekena nya.biasanya rock wool. tapi kalau mau lbh baik, insulation dr silika atau alumina fiber bisa di spec, material ini bisa di casting dg baik. sehingga setelah jadi enak dilihat.

Tanggapan 5 – Armand Sulaksono

Kalau dari brosur yang saya dapat dr webnya cittech di http://cittech.com/prddiamondwrap.html sepertinya produk tsb bisa sampai 370 oC pak. Kalau ada rekan2 yg sudah pernah pakai tolong dong share review thd produknya dan CP distributor utk Indonesia. Trims.

Share This