Select Page

Kalau ditanya apakah bisa steam dengan kondisi Press. 80 bar; temp. : 500 degC bisa dipakai untuk power plant, jawabnya bisa. Dapat menghubungi vendor steam turbine (alstom, siemens, GE) untuk optimasi desainnya. Sekedar info, di combined cycle power plant (GT – HRSG – ST) GT dengan kelas tertentu bisa membangkitkan triple pressure (HP, IP, LP, + reheat) steam yang diberikan ke steam turbine 3 tingkat (misalnya jika menggunakan GT sekelas 13E2, GT 26, GT 24, 7FA, 9FA, dsbnya) – GT dengan output power 150 MW keatas. Kebetulan ada salah satu customer bahkan menggunakan package boiler (oil fired) untuk power plant, kondisi steamnya 57 bar 500 deg C, 85 tph x 3 biji. Mengenai piping dan routingnya, mungkin temen2 yang berkompeten bisa bantu …, yang jelas pressure dgn temperature segitu ‘bukan suatu yang istimewa’ bagi temen2 perpipaan. Temen2 di EPC mungkin dah biasa dengan power plant yang HP steamnya bertekanan diatas 150 bar suhu 540 deg C.

Tanya – Amri Santosa@fajarbenua

Dear All,

Mohon informasi dari rekan2 yang sudah berpengalaman di power plant, apakah mungkin steam dari boiler ke turbin dengan kondisi : Press. 80 bar; temp. : 500 degC ?

Tanggapan 1 – Teguh.Waskito

Dear P Amri

Kondisi yg disampaikan mungkin sekali dan akan lebih baik jika temperaturnya dinaikan sekalian menjadi 540 deg C. karena dari sisi material Super heaternya tidak berbeda dan dari selisih enthalpinya cukup besar (lebih optimum).
Mungkin dari teman lain ada yg bisa melengkapi?

Tanggapan 2 – Amri Santosa@fajarbenua

Ok, thanks atas sarannya.

Sekarang jika ditinjau dari sisi pipingnya, routing seperti apa yang biasa digunakan pada power plant untuk meng handle pressure dan temp. sebesar itu?
Apa harus digunakan expansion joint?

Mohon sharing nya dari rekan2 yg berpengalaman di piping power plant.

Tanggapan 3 – Novianto Fitriawan

P. Amri, salam kenal …

Sedikit nambahkan ….

Kalau ditanya apakah bisa steam dengan kondisi (P dan T) yang disebutkan bisa dipakai untuk power plant, jawabnya bisa. Bapak bisa menghubungi vendor steam turbine (alstom, siemens, GE) untuk optimasi desainnya. Sekedar info saja, di combined cycle power plant (GT – HRSG – ST) GT dengan kelas tertentu bisa membangkitkan triple pressure (HP, IP, LP, + reheat) steam yang diberikan ke steam turbine 3 tingkat (misalnya jika menggunakan GT sekelas 13E2, GT 26, GT 24, 7FA, 9FA, dsbnya) – GT dengan output power 150 MW keatas. Kebetulan ada salah satu customer bahkan menggunakan package boiler (oil fired) untuk power plant, kondisi steamnya 57 bar 500 deg C, 85 tph x 3 biji.

Mengenai piping dan routingnya, mungkin temen2 yang berkompeten bisa bantu …, yang jelas pressure dgn temperature segitu ‘bukan suatu yang istimewa’ bagi temen2 perpipaan. Temen2 di EPC mungkin dah biasa dengan power plant yang HP steamnya bertekanan diatas 150 bar suhu 540 deg C.

Power plantnya sedang dalam taraf direncanakan atau gimana ?

Tanggapan 4 – Marihot, Albert@chevron

Dear Pak Amri,

Coba plot di Mollier Diagram, pada temperature dan tekanan tersebut.
Berada pada fase apa? Steam yang digunakan untuk penggerak turbin wajib berada dalam fase superheat. Degreenya berapa? Tergantung dari condeser pressure dan design efficiency.

Share This