Select Page

Sebuah tender pengadaan peralatan produksi migas di sebuah KPS X. ditetapkan oleh panitia bahwa: a) valve harus merk A, no equal; b) pompa harus merk B, no equal; c) gas detektor harus merk C, no equal; d) dipersyaratkan (mandatory, kalau tidak dilampirkan akan diskualifikasi) bahwa semua bidder harus mendapatkan dukungan dari agen atau pabrik merk A,B, dan C. Didalam kenyataannya pabrik atau agen tsb hanya mendukung satu perusahaan saja, sehingga para bidder merasa tidak mendapatkan perlakuan yang sama. Dari kasus diatas, apakah tender tsb tidak melanggar peraturan?

Tanya – Bambang Sugiharta (klaras)

Dear All,

Mohon advisenya dari sisi hukum mengenai peraturan tender di lingkungan migas.

Casenya sbb:

Sebuah tender pengadaan peralatan produksi migas di sebuah KPS X. ditetapkan oleh panita bahwa:

a)valve harus merk A, no equal

b)pumpa harus merk B, no equal

c)gas detektor harus merk C, no equal

d)dipersyaratkan (mandatory, kalau tidak dilampirkan akan diskualifikasi) bahwa semua bidder harus mendapatkan dukungan dari agen atau pabrik merk A,B, dan C.

Didalam kenyataannya pabrik atau agen tsb hanya mendukung satu perusahaan saja, sehingga para bidder merasa tidak mendapatkan perlakuan yang sama.

Nah, dari kasus diatas, mohon advisenya, apakah tender tsb tidak melanggar peraturan? Please advise.

Tanggapan 1 – budi t jatmiko

Sepengetahuan saya, harusnya tidak mengacu ke merk/brand tertentu tetapi spesifikasi yang ditetapkan. Kalo yang membuat spec tendensius ke satu merk akan ada protes dari peserta bid.

Tanggapan 2 – Henry Lumbantoruan

Kita juga pernah mengalami pengalaman serupa alat yang diminta udah ndak diproduksi lagi dan adanya di kontinent lain.
Akhirnya kita ngalah saja lupakan Client itu, toh masih banyak yang lainnya.
Habis ndak ada kompromi, tanpa itu kita semua di-diskwalifikasi.
Mau lapor ke instansi terkait kayaknya capek deh.

Tanggapan 3 – anpan

P’ Bambang,PT Klaras,

Ikut sharing Pak,….mengacu kepada Pedoman tata kerja BP Migas 007/PTK/VI/2004, hal Penunjukan langsung hal. 58, maka disebutkasn : (singkatnya).

1. Tidak boleh mengarah kepada suatu produk tertentu.

2. Harus membuat analys dan jastifikasi khusus kenapa dimintanya produk tertentu.

3. Harus meminta persetujuan dari BP migas lebih dahulu setelah ditempuh item 1 dan 2 diatas.sebelum dikeluarkan inquiry/requisition.

Kekecualian dapat dilakukan biasanya dengan alasan khusus, karena populasi yg sudah ada dan tersimpanya spare parts yang bisa interchangeble. ( tapi harus diingat) lain size lain spare partsnya!

KepMen no 11, membahas bahwa bisa mengundang hanya satu produk atau requirement dalam kategory Mandatory..bila tersedianya hanya satu produk sejenis yg sudah diproduksi dalam negeri dan mempunyai kandungan local hingga lebih TKDN 40%.

Mudah2an membantu,

Tanggapan 4 – Bambang Sugiharta (klaras)

Mas Anpan,

Terima kasih atas infonya. Bisa dishare PTK 007 yang dimaksud gak? Tentu lewat admin Mas Budhi ya.

Tanggapan 5 – Andy

Rekan Milis,

Sedikit tambahan pertanyaan;

– Soal waktu pendaftaran tender hanya 1 atau 2 hari, apa ini wajar dan sesuai regulasi?

– Se’sakti’ apa regulasi dan sangsi buat panitia nakal selama ini?

Baru2 ini team kami di semprot panitia tender suatu BUMN dengan alasan sudah telat dan sudah dilakukan rapat penawaran(????) meskipun batas akhir pendaftaran masih tersisa ~3 jam sesuai pengumuman mereka.

Tanggapan 6 – dharma trioko

Pak Bambang,

Hal tersebut cukup sering terjadi, sehingga melahirkan persaingan yang tidak sehat diantara peserta lelang. Itu berarti ada pihak lain yang dapat menentukan pemenang lelang tersebut.

Pada umumnya, sebelum pemasukan penawaran dilaksanakn rapat penjelasan lelang. Saat itu merupakan waktu terbaik untuk menyatakan keberatan. Sering kali keberatan kita tidak diperhatikan (oleh perusahaan2 tertentu), namun jika kita tetap konsisten maka ada peluang untuk mendapatkan yang kita inginkan.

Jika tetap tidak diperhatikan, ada baiknya bapak mengundurkan diri dari pelelangan itu, karena jika akan memaksakan menang hanya akan menghasilkan kerugian.
Jikia memang kondisinya seperti itu, maka perusahaan bapak tidak sendirian mengundurkan diri, dan kemungkinan re-tender akan sangat besar.

Share This