Select Page

Standard HSE Systems untuk LAB: 1. mempersiapkan PPE untuk kerja, ini tergantung jebis pekerjaan lab. nya. Utk standard PPE safety glass, hand gloves (rubber, leather etc tergantung keperluan) ; 2. pengetahuan hazard pekerjaan yang akan akan di lakukan; 3. penyedian environment lab. yang baik. Seperti sytem exhaust room yang memadai. Ruang Lab tidak boleh tercium bau bahan kimia ; 4. fasilitas untuk emergency case. Fire extinguisher, eyes shower, body shower yang mudah dicapai saat kodnisi emergency.

Tanya – Aulia Dj

Dear Milis,

Rekan rekan milis,mohon pencerahan untuk beberapa hal berikut :

1.Bagaimana menentukan system safety yg baik untuk sebuah lab,
misalnya cara menentukan jumlah exhaust fan yg harus dipasang pada sebuah lab apakah sama untuk semua luas lab?

2. Bagaimana penentuan pemakaian sarung tangan yang baik untuk penanganan limbah kimia.

Tanggapan 1 – Heru Angkasa – TCD@capcx

Dear Aulia,

Saya share sedikit ttg penyediaan safety utk lab., untuk diskusi safety lab. keseluruhan akan panjang tetapi point2nya bisa saya share mdh2an manfaat.

1. mempersiapkan PPE untuk kerja, ini tergantung jebis pekerjaan lab. nya. Utk standard PPE safety glass, hand gloves (rubber, leather etc tergantung keperluan)

2. pengetahuan hazard pekerjaan yang akan akan di lakukan.

3. penyedian environment lab. yang baik. Seperti sytem exhaust room yang memadai. Ruang Lab tidak boleh tercium bau bahan kimia.

4. fasilitas untuk emergency case. Fire extinguisher, eyes shower, body shower yang mudah dicapai saat kodnisi emergency.

Untuk point no 3 ada hal yang harus diperhatikan. Exhaust room (biasa disebut ruang asam) harus memiliki kapasitas sedotan yang memadai, standard yang pernah saya ketahui untuk kecepatan aliran udara di ruang exhaust adalah 0.5 m/s pada bukaan maksimum pintu (sash) ruang asam.

Tapi yang perlu diperhatikan semakin besar kecepatan sedotan akan berlawanan kerjanya dgn sytem pendingin ruangan (bila lab. Anda berpendinin ruangan) bila tidak dilengkapi pendingin ngga ada masalah.

Untuk moderatenya pada bukaan pintu ruang asam +/_ 30 cm dari top table kecepatan 0.5 m/s. atau kira2 bukaan pintu ruang asam cukup untuk bekerja.

Untuk menghitung kapasitas pompa exhaust fan yg harus dipasang agar menghasilkan kecepatan yang memadai (refer standar 0.5 m/s flow velocity) ada kalkulasi yang harus dilakukan dgn mempertimbangkan luas ruang asam.

Demikan dulu sharing dari sy. Dari tmn2 ada yg mau nambahin.

Tanggapan 2 – Alvin Alfiyansyah

Mbak Aulia,

Setahu saya dahulu kala Moderator KBK Kimia Terapan Ardian Nengkoda – sohib lama pernah memberikan pencerahan di mailist tentang topik ini. Salah satu standard yang bisa dilihat sebagai referensi adalah ISO/IEC 17025.

CMIIW, semoga membantu.

Tanggapan 3 – Dimas Satya Lesmana (Chemcare Asia)

Dear Aulia,

Untuk penentuan jenis sarung tangan yang sesuai, silahkan mengacu ke Forsberg Clothing Performance Index, biasanya kalau MSDS nya bagus akan tertera data mengenai indeks tersebut dan juga menyertakan jenis bahan utk pemilihan gloves yg sesuai. Kalau mau lihat contoh nya silahkan masuk ke http://www.wurth.com.au/msds/0892_009_5.htm atau http://www.wd40.com.au/msds/ChemWatch%20MSDS%20Solvol%20Liquid.pdf dan lihat di Section 8: EXPOSURE CONTROLS / PERSONAL PROTECTION disitu akan terlihat contoh pemilihan gloves atau rekomendasi based on indeks tersebut.

Again and again the key is the MSDS, it’s the heart of Chemical Safety!

Share This