Select Page

Mohon sharing yang punya daftar Pembangkit Listrik Di Indonesia berikut kapasitasnya. Atau mohon info dimana saya bisa dapat data tersebut.

Tanya – Ginting Simeon

Selamat Pagi,

Mohon sharing yang punya daftar Pembangkit Listrik Di Indonesia berikut kapasitasnya. Atau mohon info dimana saya bisa dapat data tersebut.

Tanggapan 1 – hadi muttaqien

Dear Simoen,

Saya coba bantu data yang ada disaya;

Lokasi pembangkit:

UBP Tulang Duku = 20 MW

UP Muara Karang = 1200 MW

UP Muara Tawar = 640 MW

UP Cirata = 1008 MW

UP Gresik = 2260 MW

PLTG Gili Timur = 14 MW

UP Paiton = 800 MW

UP Brantas = 281 MW

UBP Kendari = 14 MW

Tambahan yang akan datang = 10 MW, antara lain di Keramasan, Indramayu, pelabuhanratu, Labuan, Suralaya, dll.

Mungkin rekan yang lain ada info..??

Tanggapan 1 – Ginting Simeon

Dear Hadi,

Terima kasih atas infonya. Mudah – mudahan ada tambahan info dari rekan-rekan lainya.

Saya juga mohon info lainnya sehubungan dengan proyek 10,000 MW. Apakah proyek ini khusus untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap dengan bahan bakar batu bara? Kalau iya, mestinya lokasinya terletak atau berdekatan dengan daerah2 penghasil batu bara seperti Kaltim, Sumsel, dll.

Tanggapan 2 – hadi muttaqien

Dear Simeon,

Proyek 10.000 MW itu setahu saya merupakan Combine Cycle Power Plant, yaitu Memakai Batu bara dan Gas Alam. Bisa konfigurasinya 2-2-1 atau 1-1-1 atau lainnya, tergantung nilai ekonomisnya (salah satu pilihannya). Biasanya sebelum dipilih dibuatkan tabel Candidate CCGT (Combine Cycle Gas Turbine) Configuration, disitu akan kebaca pilihan % Output dan % Effisiensi, dan dilakukan pemilihan konfigurasi yang pas.
Mengenai lokasi tidak harus selalu dekat sumber gas atau batu bara, tapi biasanya Power Plant berlokasi di pinggir pantai dan dibuatkan jalur pipa gas.
Demikian sebagai info.

Tanggapan 3 – Asclepias R. S. Indriyanto

Pak Simeon,

Data tentang proyek 10000MW ada di site berikut:

http://202.162.220.3/10000mw/index.asp

http://202.162.220.3/10000mw/index.asp

Setahu saya semua rencananya pakai batu bara, ga ada gasnya. Sebagian besar lokasinya di Jawa, yang ga punya sumber batubara.

Tanggapan 4 – Ginting Simeon

Dear Bu Ami,

Maaf ya sebelumnya saya kira Pak Ami. Mungkin Ibu punya informasi apakah PLTU yg di Sangatta (lokasinya berdekatan dengan konsesinya KPC) termasuk di program 10,000 MW? Saya kok tidak lihat di list yg disebutkan.

Tanggapan 5 – hadi muttaqien

Pak Ami,

Coba anda teliti lagi, apakah semua 10.000 MW memang hanya memakai batu bara? ada diversifikasi bahan bakar seperti di Power Plant di Sumatera Selatan yang akan memakai Gas Alam dari sumber Medco.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Maret 2008 dapat dilihat dalam file berikut:

Share This