Select Page

Untuk pengurusan sertifikat-sertifikat ( 1. Surat Laut Sementara (Provisional Certificate) ; 2. Surat Ukur International (International Tonnage Certificate); 3. Sertifikat Keselamatan (Certificate of Seaworthiness)) bisa melalui BKI untuk terlebih dahulu dilakukan survey, verifikasi, etc. Sertifikat permanen akan diterbitkan oleh Pemerintah cq. Ditjen Perhubungan Laut. Ada beberapa sertifikat yang berlaku sementara, misalnya untuk pengurusan ISM Code Certificate ada istilah temporary certificate untuk DOC (Document of Compliance) dan SMC (Safety Management Certificate). Jika verifikasi yang dilakukan BKI dinyatakan telah memenuhi syarat, maka BKI akan menerbitkan laporan audit dan sertifikat DOC dan SMC Interim atau short term yang berlaku 5 bulan. Sertifikat DOC dan SMC permanen dari Pemerintah, BKI akan mengurus penerbitannya setelah semua ketidak-sesuaian (jika ada) yang ditemukan saat verifikasi sudah diperbaiki dan dilaporkan ke BKI.

Tanya – Geocean Secretary

Dear Rekan-rekan,

Berkaitan dengan subjek saya, adakah rekan-rekan yang dapat menginformasikan bagaimana mengurus dan berapa biaya legal untuk pembuatan sertifikat -sertifikat (paket) dibawah ini ?..
dan apakah sewaktu pengurusan langsung mendapatkan sertifikat permanent atau temporary terlebih dahulu ? (info dapat melalui japri juga, summary akan di publish) :

1. Surat Laut Sementara (Provisional Certificate)

2. Surat Ukur International (International Tonnage Certificate)

3. Sertifikat Keselamatan (Certificate of Seaworthiness)

4. Sertifikat Keselamatan Konstruksi Kapal Barang (Cargo Ship Safety Construction Certificate)

5 .Sertifikat Garis Muat International (International Load Line Certificate)

6. Surat Idzin (Seaworthy Certificate)

7. Sertifikat International, Pencegahan Pencemaran oleh Minyak (International oil Pollution Prevention Certificate)

8. Sertifikat Klasifikasi Sementara (Provisional Classification Certificate)

9. Sertifikat Garis Muat International Sementara (Provisional International Load Line Certificate

10. Sertifikat bebas tikus dan hama

Tanggapan 1 – Didik Pramono

Mba Sofie,

Untuk pengurusan sertifikat2 dibawah bisa melalui BKI untuk terlebih dahulu dilakukan survey, verifikasi, etc. Sertifikat permanen akan diterbitkan oleh Pemerintah cq. Ditjen Perhubungan Laut. Ada beberapa sertifikat yang berlaku sementara, misalnya untuk pengurusan ISM Code Certificate ada istilah temporary certificate untuk DOC (Document of Compliance) dan SMC (Safety Management Certificate). Jika verifikasi yang dilakukan BKI dinyatakan telah memenuhi syarat, maka BKI akan menerbitkan laporan audit dan sertifikat DOC dan SMC Interim atau short term yang berlaku 5 bulan. Sertifikat DOC dan SMC permanen dari Pemerintah, BKI akan mengurus penerbitannya setelah semua ketidak-sesuaian (jika ada) yang ditemukan saat verifikasi sudah diperbaiki dan dilaporkan ke BKI.

Prosedur lengkap untuk melakukan pengajuan sertifikasi silakan di download di website BKI, www.klasifikasiindonesia.com. Disana juga ada informasi kontak divisi di BKI yang bisa dihubungi untuk tiap2 pengurusan sertifikat sekaligus bisa ditanyakan berapa estimasi biaya yang diperlukan. Anyway, apakah ini untuk sertifikasi shallow water laybarge KALINDA? Berbendera mana?

Terlampir saya kirimkan list of ship certificates yang saya dapatkan dari teman di Ditjen Hubla untuk referensi lebih lanjut. Pak Budhi, jika berkenan mohon bantuannya untuk di upload di milist. Terima kasih.

Tanggapan 2 – El Mundo

Hanya item 8 yg dikeluarkan oleh Class (entah itu BKI, DnV, ABS, LR, BV, GL, KR, RINA, NK dsb. Pemerintah Indonesia belum melimpahkan wewenang ini ke Classification Society kecuali utk Load Line ke IACS member plus BKI dan ISM hanya ke BKI.

Sisanya tergantung dari flag state dan classnya.

Kalau berbendera Indonesia .. maka semua certificate dikeluarkan oleh pemerintah (Dephub-Deperla), kecuali item 8, dikeluarkan oleh class (entah itu BKI, DnV, ABS, LR, BV, GL, KR, RINA, NK dsb).

Kalau itu berbendera asing maka tergantung dari class yg besangkutan apakah sudah memiliki wewenang dr pemerintah bersangkutan utk mengeluarkan certificate yg lain (kecuali item 8)

jika kapal anda berbendera Panama, di Indonesia ada perwakilan Panama (kalau tak salah di jl. kebon sirih, dulu diwakili oleh Tomo & Son) yang dapat mengeluarkan certificate di maksud.

Tanggapan 3 – Budhi, Swastioko (Singgar Mulia)

Attachment “List of Ship Certificates” terlampir.

Tanggapan 4 – wisnu KN

Kebetulan saya bekerja di PT. BKI
Jika diperlukan silahkan telp 0815 5235 175 untuk informasi lebih lanjut.

Share This