Select Page

Apakah perusahaan anda manufacture untuk lifting gears/equipment e.g. wire rope, sling, etc ? Ataukah perusahaan anda sebuah perusahaan jasa di bidang rigging/lifting ? Seandainya ini adalah sebuah perusahaan manufacture yang produknya didesain, dibuat, dinspeksi dan diuji sesuai dengan British Standard (atau lainnya) maka biasanya bisa mensertifikasi produk tersebut kepada badan sertifikasi yg ada di pasar, jadi tidak hanya inhouse sertifikat. Jika anda berbinis di bidang jasa, maka anda juga perlu mendaftarkan diri juga ke dirjen migas, selain untuk pembinaan karena biasanya merupakan persyaratan administrasi jika ikut tender -tender di KPS-KPS (oil company).

Tanya – johny@wal

Bapak-bapak

Mau tanya, kami adalah rigging company yang biasa membuat lifitng equipment seperti sling wire rope, kami memiliki fasilitas workshop untuk terminasi fitting sling wire rope dan melakukan load test dengan pull test machine yang kita punya.
Sesudah itu kita keluarkan in house certificate.

Kami melakukan pembuatan semuanya itu berdasarkan British Standard.

Masalahnya sekarang ini dari client kami meminta supaya perusahaan kami memiliki sertifikat dari Migas yang menyatakan bahwa perusahaan kami memang layak mengeluarkan sertifikat lifting equipment dan telah mengikui standarisasi migas serta layak sebagai rigging company.

Apakah teman-teman sekalian ada yang bisa memberikan informasi sekiranya bagaimana procedure, contact person serta persyaratannya jika perusahaan kami ingin mengajukan permintaan sertifikasi tsb. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanggapan – Dirman Artib

Pak Jony,

Apakah perusahaan anda manufacture untuk lifting gears/equipment e.g. wire rope, sling, etc ? Ataukah perusahaan anda sebuah perusahaan jasa di bidang rigging/lifting ?

Seandainya ini adalah sebuah perusahaan manufacture yang produknya didesain, dibuat, dinspeksi dan diuji sesuai dengan British Standard (atau lainnya) maka biasanya anda bisa mensertifikasi produk tersebut kepada badan sertifikasi yg ada di pasar (ma’af saya tidak boleh beriklan). Jadi tidak hanya inhouse sertifikat.

Dalam hal anda berbinis di sektor migas, maka anda perlu mendaftarkan perusahaan sebagai rekanan ke dirjen migas, kata orang migas sih untuk pembinaan bisnis pendukung migas.

Termasuk misalnya anda akan menanyakan segala hal seperti sertifikasi produk (sepanjang anda bayar pajak konsisten ha…ha…ha…) . Nanti pejabat/inspector yang ditunjuk akan memverifikasi dan mungkin melakukan kunjungan ke perusahaan dan pusat manufacture anda. Dalam hal sertifikat produk, migas bukan sebuah badan sertifikasi yang akan mensertifikasi produk anda sesuai standard BS, tetapi dalam penggunaannya, peraturan dirjen SK NO. 84-K/DJM/1998 mempersyaratkan inspeksi dan pengujian terhadap alat yang digunakan di perminyakan dan gas termasuk alat angkat/crane , otomatis rope & sling anda akan ikut diuji bersamaam dengan diujinya integritas peralatan lain di crane tersebut.

Jika anda berbinis di bidang jasa, maka anda juga perlu mendaftarkan diri juga ke dirjen migas, elain untuk pembinaan (apa yg dibina ya ?), karena biasanya merupakan persyaratan administrasi jika ikut tender -tender di KPS-KPS (oil company).

Share This