Select Page

Lightning protection punya grounding continuity yang menghubungkan lightning rod di udara dengan grounding rod yang ditanam dibumi. Sedangkan tank punya grounding continuty juga yang menghubungkan body tank dengan grounding rod yang ditanam dibumi. Jadi baik efek langsung sambaran petir maupun efek sisanya harus punya jalur kontinuiti ke bumi supaya cepat dieleminasi. Supaya tidak ada tertinggal kemungkinan tegangan yang terinduksi di bagian setiap metal.

Tanya – Triez

Dear all,

Ada yang bisa bantu ngasih standar NFPA atau IEC yang berhubungan dengan Lightning Tanki? saya pernah dapat presentasi dari vendor kalau ketebalan tanki berpengaruh pada pake atau tidaknya lightning protections pada tanki, karena dinding tanki sendiri bisa dijadikan down conductor, tergantung ketebalannya?Mohon di bantu,apa betul ada standard yang menyebutkan seperti itu.

Tanggapan 1 – Rizqy Fajar Arifianto@badaklng

Pak Tris,

Dari NFPA 780 poin:

6.1.2 ==> Certain types of structures used for the storage of liquida that can produce flammable vapors or used to store flammable gases are essentially self0protecting against damage from lightning strokes and shall need no additional protection
6.3.2 ==> Sheet steel less than 3/16 inch (4.8 mm) in thickness might be punctured by severe strokes and shall not be relied upon as protection from direct lightning stroke.

Tanggapan 2 – Triez

Ok,mas..terima kasih banyak atas masukannya..masalahnya kita ga pake EF atau sejenisnya cuman conventional aja untuk di plant..

Tanggapan 3 – roeddy setiawan

Dear Pak Triez,

Baru dengar tuh kalau ketebalan berpengaruh, ingat saya dulu banget electrical charge itu di skin conductor, lagian tanki duduk di atas fondasi supaya ngak tenggelam, baru dipasang conductor di beberapa tempat.

Yang biasa dibikin di carikan tempat yang cocok supaya petir menyambar umpan/penangkal petir, bukan menyambar tanki nya.
Saya lupa nama nya dulu ada doktor husus petir seperti ki ageng sela, dengar2 dia di telkom barangkali rekan lain bisa merujuk.

Tanggapan 4 – Crootth Crootth

Kalau Doktor Petir di ITB namanya Dr. Reynaldo Zorro mas Roeddy,

anaknya cakep lulusan FSRD ITB, hehehe intermezzo.. .

Tanggapan 5 – bas6273

Om Crootth..bung roedy,

Betul banget dokternya petir ya pak Zorro itu. kebetulan minggu kemarin saya ketemu beliau di site , lagi ada project light arrest bunker oil di sini.

klu berkenan alamat email dan contact address – nanti saya kirimkan japri.

Tanggapan 6- harry alfiyan

Betul, Mas DAM. Doktor Zorro namanya, yang punya lembaga penelitian masalah ke-petir-an.

Kalau hubungan ketebalan tangki dengan kemampuannnya sebagai down conductor itu hanya in case jika tanki nya langsung disambar petir (jika tidak bangunan yang lebih tinggi dari tangki tsb). Penggunaan tangki sebagai downconductor arus petir cukup berbahaya karena arusnya bisa flash kemana-mana, malah bisa merambambat hingga ke instrument. Syukur jika tangkinya hanya berisi air, nah kalau tangkinya isi HC ?

Sependek yang saya tahu, rekomendasi penggunaan dinding tangki sebagai downconductor cukup beresiko. Akan lebih baik jika di sekitar tangki di pasang lightning protection (LP) dengan kabel downconductor dan grounding tersendiri. Nah, jika nilai grounding LP ini sudah memenuhi standard client (< 0,5 ohm), barulah dijumper atau di-connect dengan grounding existing misalnya yang grounding tangki td. Tujuannya agar pada saat arus petir mengalir ke ground, existing ground disekitar tangki tidak mengalami looping.

Untuk jenis LP yang bisa menjadi umpan atau mengarahkan downward petir, itu tergantung kpd teknologi yang digunakan. Kalau saya berpendapat, yang Pak Triez maksud ini adalah jenis LP yang memakai teknologi CVM (Collection Volume Method), dimana downward petir yang tertangkap disekitar medan eletrik diarahkan/diumpanka n menuju pusat LP tsb.
Kemudian dialirkan ke grounding melalui downconductor. Masih ada teknologi lainnya, seperti Rolling Sphere Method, Cone of Protection, atau yang paling konvensional Faraday Cage. Semoga bisa membantu.

Tanggapan 7 – Triez

Sebenarnya tadinya mau pake Rolling Sphere Method,pak. terus terang saya juga ragu,apa malah ga risk, klo ga dipasang. tapi klo kita pasang malah mancing petir. Makanya mau saya kembalikan ke standard aja kalau ada,pak.Kalau ada yang menyebutkan bahwa ada ketebalan min.tanki yang bisa di jadikan down conductor tolong di share ya,pak?ato mungkin ada hubungannya dengan itu. Klo tanki x ribu KL meledak gara2 petir,wah kacau juga kedengarannya.
Terima kasih sebelumnya,pak.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia diatas dapat dilihat dalam file berikut:

Share This