Select Page

Adakah yang tahu/punya standard/procedure/guidance untuk bolt fastening? Karena kami akan membuka baut pada crane pedestal untuk di ndt lalu baut itu akan dipasang kembali bila kondisinya masih baik. Tetapi kami tidak mempunyai data torque yang diperlukan untuk pemasangan kembali baut itu.

Tanya – Wisnu Anjar Buwono@amec-berca

Adakah yang tahu/punya standard/procedure/guidance untuk bolt fastening? Karena kami akan membuka baut pada crane pedestal untuk di ndt lalu baut itu akan dipasang kembali bila kondisinya masih baik. Tetapi kami tidak mempunyai data torque yang diperlukan untuk pemasangan kembali baut itu.

Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – Irham Nusaly

Pak Anjar,

Kalau boleh kasih masukan:Joint integrity suatu flange ditentukan dari: flange (type, rating, size), gasket (type &size), & baut (material, size). Ada formula khusus untuk mengetahui torque value yang dibutuhkan dan umumnya sudah ada dalam bentuk table/software. Satu variabel lagi adalah jenis dari tools yang di gunakan, tergantung dari metodanya Metode tighteningnya ada dua; Torquing (Manual/Hydraulic) & Tensioning (Hydraulic). Nah, kalau pakai Hydraulic, kita perlu tahu seberapa besar pressure yang diberikan hydraulic pump nya ke torque wrench/tensioning kit. Pressure ini tergantung dari karakteristik pumpnya (Teoritic Torque Value x coefficient factor pump).

Bapak bisa info ke saya lewat japri tentang diameter & type flange (Standard??), type of gasket, & bolt material (Bisa liat Hard stamp code di nut atau studnya). Kebetulan saya ada software buat ngitungnya.

Tanggapan 2 – Suharyo Haryono@unocalM

Pak Anjar,

Mungkin bisa menambahkan dari yang disampaikan Pak Irham Nusaly. Kalau untuk Pedestal crane, biasanya vendor sudah menyertakan torque requirement untuk setiap kapasitas crane, diameter pedestal, number of bolts, ukurannya dan lubrikasi yang digunakan. Di dalam dokumen dari vendor tersebut (Installation and Operating Manual (IOM), biasanya disertakan juga prosedur sequence torquing nya dan persentase torque value setiap step: 50%, 75 % dan 100%.

Sekedar info, Ada satu operator besar dari Amerika yang meminta bolt yang sudah di fully torqued di pedestal crane untuk tidak dipakai kembali saat sudah dilepas. Mereka meminta satu set bolt baru untuk menggantinya. Saya kurang tahu apakah mereka takut adanya crack akibat fatigue atau yang lainnya.

Semoga bermanfaat.

Tanggapan 3 – Wisnu Anjar Buwono@amec-berca

Pak Irham,

Terima kasih atas tawarannya, saya sedang kumpulkan data dari lapangan. Kalau sudah siap akan saya Japri.

Pak Suharyo,

Terima kasih atas pencerahannya. Tapi karena yang sedang kita maintain crane tua yang berumur lebih dari 20 tahun, kita kesulitan mendapatkan data dari vendor/manufactur (manual).

Memang ada berpendapat bahwa bolts di pedestal crane yang sudah fully torqued tidak boleh dipakai lagi.
Tetapi dalam peraturan Migas, kita diminta untuk melakukan NDT setiap 3 tahun sekali termasuk pada pedestal bolts. Bila kondisi bolts tersebut masih baik tidak ada crack, bisa dipakai lagi.

Share This