Select Page

ASNT adalah employer based certification, yang artinya selama yang disertifikasi oleh perusahaan A masih bekerja di perusahaan A, maka sertifikasinya masih berlaku, kalau yang bersangkutan pindah ke perusahaan B, maka sertifikasinya dicabut (revoked) dan harus mengikuti ujian lagi oleh perusahaan B. NDT adalah Non Destructive Test yang meliputi RT, MT, PT, UT, EC, dll, terkadang seorang pemegang sertifikasi level III, RT, UT dan PT serta MT hanya menyebut ASNT Level III. ACCP (ASNT Central Certification Program), PCN adalah central centification, yang artinya sertifikasinya langsung oleh organisasi pensertifkasi tersebut (misalnya ASNT atau PCN) dan sertifkasi nya berlaku di semua perusahaan yang memperkerjakannya. ASNT Level III dapat mensertifikasi ASNT Level II da Level 1, tapi sertifikasi ASNT anda dianggap sebagai skill saja bila anda mengikuti training ASNT atas inisiatif sendiri bukan dikirim oleh perusahaan.

Tanya – Yogi Julianto

Dear milister,

Saya mau tanya:

1. apakah ada perbedaan dari ASNT Level III, NDT Level III, ACCP Professional Level III, and PdM Level III certification dan kapan penggunaannya?

2. Dimana bisa mendapatkan sertifikasi ini.

terima kasih,

Tanggapan 1 – Tengku Andri Achwar

Dear Pak Yogi..

anda bisa ke B4T

Tanggapan 2 – Anto@e-steamboilers

Ooops, P’Tengku, biar penanya ga tambah bingung (termasuk sy) B4T untuk sounding informasi atau sertifikasi ???

Sebab setau sy lembaga sertifikasi local untuk NDT Level III belum ada, sbg alternatifnya mungkin yg terdekat dinegara tetangga kita (Mlys & S’Pore) seperti yg telah diinfo oleh rekan KIHM atao P’Sabandi (GBP), P’Agus S (SME) dan P’Bonnie FaJrie (Shahib) mungkin bs memberikan info provider yg menyelenggarakan sertifikasi ini.

Tanggapan 3 – Tengku Andri Achwar

Dear Pak Anto..

Maaf Saya Kira Level 2..

Tanggapan 4 – Henry Margatama

Pak Tengku Andri Achwar,

Mohon diberikan sedikit informasi mengenai sertifikasi apa saja yang dapat di ambil B4T. Terima kasih.

Tanggapan 5 – Kiagus Ismail Hamzah Mahbor

Dear Pak Yogi,

ASNT adalah employer based certification, yang artinya selama yang disertifikasi oleh perusahaan A masih bekerja di perusahaan A, maka sertifikasinya masih berlaku, kalau yang bersangkutan pindah ke perusahaan B, maka sertifikasinya dicabut (revoked) dan harus mengikuti ujian lagi oleh perusahaan B.

NDT adalah Non Destructive Test yang meliputi RT, MT, PT, UT, EC, dll, terkadang seorang pemegang sertifikasi level III, RT, UT dan PT serta MT hanya menyebut ASNT Level III.

ACCP (ASNT Central Certification Program), PCN adalah central centification, yang artinya sertifikasinya langsung oleh organisasi pensertifkasi tersebut (misalnya ASNT atau PCN) dan sertifkasi nya berlaku di semua perusahaan yang memperkerjakannya.

ASNT Level III dapat mensertifikasi ASNT Level II da Level 1, tapi sertifikasi ASNT anda dianggap sebagai skill saja bila anda mengikuti training ASNT atas inisiatif sendiri bukan dikirim oleh perusahaan.

Di Indonesia terdapat 22 orang pemegang ASNT Level III, diantaranya pak Yasir (B4T), Pak Sugianto (Tanla), Pak Agus Salim, dll.

Sedangkan untk ACCP, ASNT, PCN anda dapat menghubungi TWI Indonesia (bu Eka atau pak Zenda).

Silahkan bila ada yang dapat menambahkan lebih baik.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia untuk pembahasan bulan Juli 2009 ini dapat dilihat dalam file berikut:

Share This