Select Page

Secara garis besar perbedaan antara edisi 10th & 11th API 650 terletak pada beberapa bagian : Content dari edisi 11th ada 10 Bab yg di rilis pada june 2007 Bab 2 Mengenai Reference Bab 3 Mengenai Defenition. Content dari edisi 10th ada 8 Bab yg di rilis pada thn 1998 dengan 3 kali addendum yi, January 2000, Nov. 2001, Sept. 2003. Pada bagian appendix ada penambahan di edisi 11, yaitu: – Appendix R mengenai Load Combination; – Appendix V mengenai Storage tank for external pressure; – Appendix W mengenai Commercial & documentation recomendation. Dengan adanya perubahan dari content tersebut, maka pada lampiran Figure & Table nomornya menyesuaikan dengan edisi 11. Pada edisi 10th ‘Design’ berada pada Bab 3, sedang edisi 11th berada pada Bab 5.

Tanya – Bambang Supriyadi

Yang terhormat, rekan-rekan professional dan senior di milist migas indonesia

Saya ingin bertanya perihal perbedaan 10th & 11th edition of API 650, apakah ada perbedaan jika akan mendesign storage tank menggunakan 10th edition dgn 11 th edition? jika ada dimana letaknya dan apakah itu majority?

Atas pertolongannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Tanggapan 1 – mel tulak

Secara garis besar perbedaan antara edisi 10th & 11th API 650 terletak pada beberapa bagian :

1. Content dari edisi 11th ada 10 Bab yg di rilis pada june 2007

Bab 2 Mengenai Reference

Bab 3 Mengenai Defenition.

2. Content dari edisi 10th ada 8 Bab yg di rilis pada thn 1998 dengan 3 kali addendum yi, January 2000, Nov. 2001, Sept. 2003

3. Pada bagian appendix ada penambahan di edisi 11, yaitu:

– Appendix R mengenai Load Combination

– Appendix V mengenai Storage tank for external pressure

– Appendix W mengenai Commercial & documentation recomendation

4. Dengan adanya perubahan dari content tersebut, maka pada lampiran Figure & Table nomornya menyesuaikan dengan edisi 11.

5. Pada edisi 10th ‘Design’ berada pada Bab 3, sedang edisi 11th berada pada Bab 5.

Sependek yg pernah saya baca (karena saya baru mulai involve di design tank belum satu tahun) antara kedua edisi ini, formula yg dipakai adalah sama. Jadi menurut saya tidak majority.
Mohon maaf bila ada yg salah & keliru dalam penyampaian mengenai hal ini, serta mohon koreksi dari para rekan-rekan profesional dan senior.

Tanggapan 2 – Bambang Supriyadi

Yth Bp. Melianus dan rekan rekan professional milist migas.

Terima kasih banyak bantuan dan segala informasinya.
Sekiranya sekarang bertambah wawasan untuk saya mengenai perubahan tiap edition atau adendum suatu code and standard.

Dan saya pernah membandingkan formula (just take sample) untuk shell plate thickness..ternyata tidak berbeda antara 10th dan 11th edition API 650.

Tanggapan 3 – edfarman chan

Yang beda sepertinya di Design Seismic dan Wind.
Check to Appendix E. CMIIW.

Tanggapan 4 – grasidin

Pak Bambang,S

Sebaiknya Bapak lihat dulu Bukunya karena biasanya pada setiap Buku ada tambahan disamping yang menunjukan adanya revisi yang dilakukan untuk Buku tersebut, dan itu sudah cukup untuk menunjukkan perbedaan setiap Addendum maupun Edition.

Jika kita ingin membandingkan dengan Edition ataupun addendum sebelumnya maka Cukup dengan melihat Edition ataupun Addendum terakhir saja kita dapat melihat perbedaan tersebut.

Semoga ini dapat membantu.

Tanggapan 5 – abdi raja

Pak Bambang,

sebagai designer harus memiliki code standard revisi terakhir,tidak bisa tidak.
misalnya perusahaan pak bambang dapat order dari client untuk membuat design pada tanki dengan catatan memakai API 650 11th edition,otomatis pak bambang harus memakai edisi 11th tersebut.dan itu tertera pada contract kerja biasanya.
nanti kalau client mengajak bapak berdiskusi dan bapak memakai edisi 10th,wah client bisa pulang dengan muka masam nantinya.
bagaimana melihat perbedaannya saran dari bapak grasidin bisa di ikuti.

Share This