Select Page

Untuk pembuatan Tank LPG SPBE – Sertifikasi LPG Tank yang diperlukan adalah sertifikasi by Disnaker baik itu LPG Tank Stationary maupun LPG Transport. Adapun mandatory sertifikasinya dari Disnaker bagi pihak Fabricator adalah IJIN PEMBUATAN dari Disnaker untuk tank sendiri. Sedangkan untuk LPG Transport perlu ditambahkan Pengurusan Ijin ke Dept. Perhubungan.

Tanya – adi yusuf

Pak/Bu,

Terkait dengan aktifitas kami dalam develope lpg tank, berikut ini mohon diberikan pengarahan pada saya yg baru dalam penjajakan birokrasi lpg tank :

– Sebagai fabricator, sekiranya perlu sertifikasi apa saja yang mandatory di dalam pembuatan lpg tank tsb???(migas/disnaker/pertamina)

– Client spec meminta ‘yg penting diterima PERTAMINA”, dalam hal ini apakah ada birokrasi yg di butuhkan ke pertamina untuk pembuatan lpg tank?

– Apa yang perlu saya ketahui thd client tsb, jikalau mereka yg memiliki jasa untuk build system SPBE pertamina, khawatirnya mereka cuma sekedar broker or anything else??

Tanggapan 1 – Farid M Zamil

Dear P. Adi.

Sejauh yang saya ketahui untuk pembuatan Tank LPG SPBE

– Sebagai fabricator, sekiranya perlu sertifikasi apa saja yang mandatory di dalam pembuatan lgp tank tsb???(migas/disnaker/pertamina).

Sertifikasi LPG Tank yang diperlukan adalah sertifikasi by Disnaker baik itu LPG Tank Stationary maupun LPG Transport. Adapun mandatory sertifikasinya dari Disnaker bagi pihak Fabricator adalah IJIN PEMBUATAN dari Disnaker untuk tank sendiri. Sedangkan untuk LPG Transport perlu ditambahkan Pengurusan Ijin ke Dept. Perhubungan.

– Client spec meminta ‘yg penting diterima PERTAMINA”, dalam hal ini apakah ada birokrasi yg di butuhkan ke pertamina untuk pembuatan lpg tank?

Perlu P. Adi ketahui PERTAMINA disini adalah PERTAMINA UPMS ( Unit Pemasaran ) yang ada disetiap daerah. Biasanya pihak Pertamina UPMS akan memberikan spec pembuatan Tank LPG tersebut. Mengenai Birokrasi yang dimaksud apakah Pihak Third Party ! kalau menurut pengalaman saya untuk LPG Tank yang ditempatkan di SPBE Tidak ada persyaratan harus menggunakan Pihak Ketiga (Third Party).

Semoga dapat Membantu.

Tanggapan 2 – Gatot Supriyatno

Pak Dy,

Kalau untuk tangki LPG rumah tangga, sertifikasinya oleh Depnaker.
Coba konsultasikan dengan Depnaker setempat dulu.

Tanggapan 3 – Herry Putranto@cendrawasih

Pak Dy,

Spec ini untuk Road Tanker LPG yang akan melayani pengisian LPG ke SPBE ataukah untuk LPG Storage di SPBE ya?

Apapun kebutuhannya tapi karena kedua duanya adalah untuk memenuhi kebutuhan Pertamina biasanya Pertamina sudah mempunyai Spec sendiri yang harus diikuti oleh Manufacturer.

Tanpa memenuhi spec Pertamina kita akan kesulitan mendapat izin operasinya, saran saya ikuti saja Spec yang dikeluarkan Pertamina.

Share This