Select Page

Hal yang pertama dalam uji metalografi adalah mengambil Sampel material dari tubing material, sampel tidak terlalu besar cukup ukuran dadu 20 x 20 mm. Sebelumnya, tentukan dulu bagian mana yang mau dicek. saya nggak tahu apakah tubingnya sendiri boleh dipotong untuk diambil sampelnya. Tubing boiler biasanya terbuat dari Logam paduan, material yang digunakan ASTM A 335 P22, atau pipa standart china 12Cr1MOVG maks 540C (PLTU China). Perlakuan gerindanya sama, mulai amplas paling kasar hingga ampalas paling halus (2400) lalu dipolising dengan menggunakan material kulit dengan cairan poles hingga kita dapat bercermin. waktu yang dibutuhkan tergantung dari keahlian operator.karena bila proses penggerindaan miring maka harus diulang hingga benar benar rata.(rata-rata 20-30 menit untuk setiap specimen), lalu dietsa dengan cairan tertentu. (cairan etsa ini yang biasanya beda, untuk setiap material) lalu dilihat microstructurenya dibawah mikroskop. dan dianalisa.

Tanya – abetabet

Yang terhormat rekan-rekan migas,

Saya mau tanya tentang RLA pada boiler..saya diperbantukan dalam pekerjaan RLA, yaitu mengambil sample untuk dilihat struktur micronya (metalografi) di tubing boiler PLTU tempat saya bekerja. saya awam dengan pekerjaan ini, pertama buat saya. oleh karena itu saya minta bantuan rekan-rekan untuk sharing ilmu dan pengalamannya tentang RLA.

1. apa yang harus dipersiapkan untuk pekerjaan ini?

2. tubing boiler terbuat dari material apa? apakah semua material sama cara perlakuannya. dari penggrindaannya (pake amplas ukuran berapa, kecepatan putar berapa, lama proses), poloshing (pake amplas ukuran berapa, kecepatan putar berapa, lama proses) dan peng-etsa an.

saya memakai toolset merk struers. dalam satu set tersebut banyak material abrasivnya (kertas gerinda), cairan pendingin, DP (diamond polishing dengan ukuran yg berbeda), dan ‘alat potongnya’ yang putarannya bisa diatur rpm maupun arah putarnya.

mungkin rekan2 ada yang memiliki tutorial, semacam SOP-nya untuk proses metalografi di tube boiler, mohon di share.
terima kasih.

Tanggapan 1 – patra putra

Coba saya Bantu share ya Pak.

berdasarkan Pengalaman saya waktu di lab Metalografi dulu.

hal yang pertama dalam uji metalografi adalah mengambil Sampel material dari tubing material, sampel tidak terlalu besar cukup ukuran dadu 20 x 20 mm.

sebelumnya, tentukan dulu bagian mana yang mau dicek. saya nggak tahu apakah tubingnya sendiri boleh dipotong untuk diambil sampelnya.

tubing boiler biasanya terbuat dari Logam paduan, material yang digunakan ASTM A 335 P22, atau pipa standart china 12Cr1MOVG maks 540C (PLTU China).

perlakuan gerindanya sama, mulai amplas paling kasar hingga ampalas paling halus (2400) lalu dipolising dengan menggunakan material kulit dengan cairan poles hingga kita dapat bercermin. waktu yang dibutuhkan tergantung dari keahlian operator.karena bila proses penggerindaan miring maka harus diulang hingga benar benar rata.(rata-rata 20-30 menit untuk setiap specimen), lalu dietsa dengan cairan tertentu. (cairan etsa ini yang biasanya beda, untuk setiap material) lalu dilihat microstructurenya dibawah mikroskop. dan dianalisa.

sekian yang bisa saya share, semoga bermanfaat.

terima kasih atas perhatiannya.

Tanggapan 2 – abetabet

Yang saya pakai adalah insitu metallographi. disini saya memakai transcopy yang ditempelkan di specimen sehingga ‘sidik jari’ microstruktur dapat dilihat ari transcopy tersebut. tentu dengan menggunakan mikroskop. jadi tidak perlu memotong tube boiler..cuma yang saya tidak ketahui adalah prosedur specifik untuk material boiler.

Tanggapan 3 – farabirazy albiruni

Dear Pak Abet,

tidak ada bedanya prosedur metalografi untuk lab dengan field kecuali di portable equipment yang digunakan. Prosedurnya tetep sama, mulai dengan amplas, polish, dan etsa. kalo bapak pake replika, yah tinggal ditempel aja replikanya di point yang diperiksa sesuai waktu curingnya. Siapkan juga field microscope untuk melihat hasil etsa kita secara langsung sebelum menempelkan replika agar hasil gambarnya bagus dan bisa dianalisa.

kalo mengenai material tube boiler, sebaiknya yah ditanyakan saja sama pihak pemberi kerjanya, karena dengan tau materialnya, maka bapak akan bisa menyiapkan cairan etsa yang sesuai. Yang penting selalu consult ke referensi khususnya metalography handbook yang dikeluarkan oleh ASM ato lainnya.

Untuk prosedur safety juga harus diperhatikan karena untuk tube boiler, biasanya bapak harus juga mempertimbangkan lokasi pengambilan sampel agar bisa representative menggambarkan kondisi seluruh tube. sehingga akses ke posisi yang sulit dan berbahaya harus selalu menjadi pertimbangan agar pekerjaan selesai dengan baik dan aman. Satu lagi, jangan sampai cairan etsa tumpah ke mana2 karena sifatnya yang korosif.

sepertinya itu saja dari saya,

kalau ada pertanyaan lanjutan, silahkan ditanyakan lagi..

Share This