Select Page

Diperusahaan kami bekerja jika bekerja di offhore diharuskan mempuyai certifikat Sea Survival Training. Apakah rekan2 thirt party yang bertugas ke offshore harus mempunyai certifikat tersebut.

Tanya – Priatna, Waluya

Diperusahaan kami bekerja jika bekerja di offhore diharuskan mempuyai certifikat Sea Survival Training. Apakah rekan2 thirt party yang bertugas ke offshore harus mempunyai certifikat tersebut.
Mohon penjelasan bagi yang pakar dalam SHE.

Tanggapan 1 – Ekawan

Saya pikir konteks SST dengan ‘third-party’ adalah berbeda.
Yang pertama adalah persyaratan safety (lebih tepatnya HSE) yang diperlukan seseorang untuk diperbolehkan bekerja di offshore.
Sedangkan third party adalah profesi seseorang dimanapun dia bekerja, baik offshore, onshore, oil field ataupun fabrication yard/shop.

Jadi, apapun profesinya dia, kalau akan bertugas di offshore harus punya sertifikat SST.

Tanggapan 2 – Priatna, Waluya

Pak Ekawan,

Tapi kenyataannya banyak yang tidak punya, saya rasa ini harus diatur atau apa terserah peraturannya soalnya menyangkut SHE.

Tanggapan 3 – Desmawati

Pak Priatna,

Kalau di BP, semua employee yang bekerja di secara permanent offshore harus memiliki sertifikat ini (Water Survivel maupun HUET). Ini berlaku untuk permanen staff, direct contract maupun third party. Pengaturan untuk karyawan third party yang bekerja berdasarkan services contract dengan BP juga di atur dalam perjanjian kontrak mengenai personnel, bahwa semua karyawan third party yang bekerja di bawah kontrak tsb apabila bekerja di offshore harus sudah memiliki sertifikat di atas.

Demikian informasi saya semoga membantu.

Tanggapan 4 – M Zaim NH (Survey Section)

Kalo boleh tahu, sertifikasinya dikeluarkan oleh siapa, atau ada semacam traning khusus di BP untuk employee, direct contract atau third party employee.
atau mungkin ada lembaga yang melakukan training untuk Sea Survival seperti ini,
kalo bisa lembaga mana yang mengadakan?

terima kasih.

Tanggapan 5 – Mohd. Aulia

Pak Zaim Yth,

Kami Occupational Safety and Health SBU JUM PT Sucofindo bekerjasama dengan Koperasi Ditjen Migas merupakan lembaga yg melaksanakan pelatihan Sea Survival Training (SST), Helicopter Under Water escape Training (HUET) serta Jungle Survival (JST). Lokasi pelatihan kami di Leuwiliang Bogor. Kalau Bapak berminat bisa menghubungi via japri. Trims

Tanggapan 6 – Laksmi, Dewi Wulandari

Setahu saya yg berhak mengeluarkan sertifikasi ini hanya tertentu saja.

Kebetulan BP untuk trainingnya menggunakan JOTC ( Jakarta Offshore Training Centre) mereka merupakan salahsatu member dari British Safety Council yang berhak untuk mengeluarkan sertifikat SST, HUWET, Fire fighting.. etc…

Alamatnya

Wisma Bhaita 3rd Fl.

Jl. Cilosari no. 33, Cikini, Jakarta

Telp. 39899170 / 71

untuk Training center-nya ada di Depok dan Batam tapi mungkin ada lembaga lain spt JOTC di Indonesia.

Tanggapan 7 – Ridzki Simanjuntak

Dasarnya kenapa mesti ikut program ini adalah karena ke ‘concernan’ pada safety (keselamatan) saat kita kerja di tengah laut. Dalam training ini akan di ajarkan ttg sikap dan mental kita Jika ada hal2 yg tidak diinginkan terjadi. Atau saat kerja di offshore gimana sih perilaku kita dalam bekerja. Saya pikir nggak hanya sampe third party aja mbak Desma, mahasiswa yg KP yg mesti ke offshore perlu juga untuk diperlengkapi water sea survival ini
walopun hanya dua bulan masa KPnya. Kalo nggak bisa kena STOP Card, hehehe .. :).

Tanggapan 8 – Elwin Rachmat

Bagi yang kurang mengetahui bahayanya laut atau sungai, memang kewajiban memiliki water survival certificate adalah hal yang menggelikan. Walaupun saya bukanlah pakar HSE tapi dari sertifikasi tersebut ada hal yang sangat krusial yang harus dipahami benar oleh pesertanya. Prinsip utamanya adalah jangan sampai menyentuh air, kalau terpaksa maka tata caranya diajarkan. Dilapangan kami yang kedalaman airnya hanya beberapa meter (jangan memandang enteng), telah cukup memakan korban orang-orang yang sudah terbiasa dengan kehidupan di sungai dan laut. Walaupun juara olympiade sekalipun bila sudah terjepit lumpur didasar pantai mustahil dapat membebaskan diri. Bila orang lama saja dapat mengalaminya, apakah semua orang baru memiliki beginner luck? Didaerah yang bertemperatur rendah daya tahan tubuh kita hanya beberapa menit saja sebelum mengalami hipotermia (mati karena darah membeku). Pernah mendengar orang yang mati karena terkena racun sejenis ubur-ubur ? Setiap perairan memiliki bahayanya sendiri.

Usaha yang besar untuk melatih menghadapi air sebenarnya bertujuan untuk melindungi nyawa seseorang yang tidak dapat dinilai. Berterima kasihlah orang-orang yang dibiayai perusahannya diajarkan cara mempertahankan dirinya. Perusahaan yang mewajibkan sertifikasi ini harus dihargai atas usahanya dalam melindungi nyawa pekerjanya. Bukan sebaliknya. Dalam perlindungan terhadap nyawa manusia di air terus terang saya memiliki kebanggaan pribadi bukan karena saya adalah pakar HSE, tetapi karena tidak seorangpun dari anak buah atau pekerja kontraktor saya yang meninggal karena tenggelam. Kepakaran adalah suatu hal, menerapkannya adalah hal yang lebih penting lagi.

Share This

Miliki Sekarang!

You have Successfully Subscribed!