Select Page

Untuk perhitungan pemasangan equipment, secara rule of thumb, dimana perhitungan order of magnitude nya secara kasar adalah dalam range 10-15% dari harga equipment tersebut.

Tanya – Denno AW

Dear all,

Mohon petunjuk rekan-rekan migas.

Apakah ada referensi nasional yang memuat biaya instalasi equipment untuk kepentingan estimasi tender?

Kalau tidak ada referensi lain apa yang dapat digunakan?

Terima kasih migasers

Tanggapan 1 – Anang

Pak Denno,

Biasanya ada “jurnal daftar harga konstruksi” dulu sih dijual di toko-toko buku tapi gak tau kalo sekarang. Jurnal ini lebih cenderung ke bangunan/civil.

Kalau untuk install equipment ada 3 faktor yang berperan yaitu biaya material consumable, biaya alat yang digunakan dan biaya manpower yang mengerjakan.

Untuk manpower dan alat yang digunakan tergantung harga sewa dan upah manpower daerah tertentu. Besar biaya ini juga tergantung dari planning pemakaian alat dan Manpower, semakin bisa memanage pemakaian alat & manpower secara efektif makin menekan biaya instalasi.

Dan jangan lupa untuk memasukkan harga Indirect yang menyangkut pengeluaran-pengeluaran lain seperti temporary office, tax dll.

Tanggapan 2 – Eman Saja

Sebenar nya ini susah susah gampang menentukan installation cost sebuah plant.

Akan menjadi mudah untuk orang yang pernah melakukan erection and isntallation, disana sudah bisa di temui kebutuhan alatnya apa saja, butuh berapa orang , dll.

akan sulit untuk bagi orang yang belum pernah ikut di project erection dan installation, jadi kita pun sebenarnya kesulitan memberi gambaran instlalasi equipment di lapangan…kapan makai boom truck kapan makai crane… bahkan dl sempat install makai begho dikarenakan kondisi tidak memungkinkan di lewati boomtruck atau crane….

yang tdk boleh dilupakan adalah access road sama cuaca, bisa bisa crane kita nganggur gara gara access rusak dan juga mungkin hujan berhari2….

Tanggapan 3 – ijeffend

Kalo kasus beginian biasanya Engineer Estimator ahlinya dan akan di finalize sama estimating manager, kalo standart itungan biasanya sdh ada base factornya setiap company.

Tanggapan 4 – Denno AW

Terima kasih atas responnya,

Betul rekan sekalian saya sendiri setuju dengan pendapat tersebut. Saya rasa pengalaman di lapangan penting sebagai dasar estimasi. Tapi saya fresh graduate dan baru sebulan bekerja di kontraktor, katanya, sebagai tim estimasi. Sampai saat ini belum ada tanda-tanda kapan akan dapat kesempatan ikut proses instalasi langsung di lapangan. Mungkin ada buku rujukan yang sedikit bisa menggambarkan tahap-tahap instalasi suatu proyek rekan-rekan sekalian?

Tanggapan 5 – Triez

Ada cara simple sebenarnya,

Coba sharing dengan orang construction yg senior. Saya yakin akan lebih effective. Actual daily rate mereka pasti tahu.
Komparasikan data dari planning dengan sharing orang lapangan. Daily rate dan Manhour sebaiknya memang diambil based on experience klo mau akurat, bukan hanya dari planning. So biaya instalasi euipment tidak akan jauh biasanya. Buku hanya acuan, cara diatas akan jauh lebih effective.

Tanggapan 6 – andres_budiono

Construction cost tergantung equipment dan construction method.Tapi Pengalaman di proposal dan project untuk di onshore project sekitar 1300 USD per ton, untuk offshore bisa 4000 usd per ton.

Tanggapan 7 – Dirman Artib

Saking strategies nya area ini, maka ada banyak perusahaan yang menjual jasa pelayanan Cost Estimating. Komoditi atau pengetahuan yang mempunyai nilai jual, agak susah mendapatkan nya secara gratis. Kalau untuk kepentingan pengetahuan, saya anjurkan curi aja dengan cara pintar (wualah, apalagi ni 🙂 , tetapi kalau untuk kepentingan bisnis/komersil ….harus dimodalin dunk pak.

Tanggapan 8 – Denno AW

Bukan untuk komersil Pak, murni untuk belajar 😉 . Saya baru sebulan masuk kerja dan ditempatkan di estimasi.
Bagaimana itu Pak caranya ‘curi’ dengan pintar? hehe. Kalau untuk buku2 saya sudah dapat dari forum luar.

Tanggapan 9 – Denno AW

Betul Pak Tris, sayangnya di kantor orang construction sedang tidak ada Pak. Satu-satunya yang menguasai hanya manajer bagian estimasi saya. Tapi kalau tanya ke beliau terus menerus tidak enak juga Pak. Mungkin saya pelajari saja dulu dari buku-buku yang ada.

Tanggapan 10 – Alex Iskandar

Pak Denno dan rekan Milis Migas..

Sedikit menambahkan dan share saja, menurut pengalaman saya kalau untuk perhitungan pemasangan equipment, secara rule of thumb, dimana perhitungan order of magnitude nya secara kasar adalah dalam range 10-15% dari harga equipment tersebut.

Namun memang tepat sekali komentar dibawah, untuk lebih tepatnya, apalagi untuk kontraktor yang akan memberikan penawaran harga, memang harus dihitung secara mendetail dari resourcess yang diperlukan: Man,Material, Equipments/Tools..Termasuk juga transportasi, dlsb.
Dan jangan lupa untuk industri migas, sudah seharusnya dipastikan dimasukkan cost untuk peralatan safety (PPE) dan HSE training required ..

Sekedar tambahan lagi,

Untuk perhitungan secara global, pada industri proses
ada juga yang disebut lang factor,
Lang Factor adalah ratio, total biaya main equipment (saja) dibanding dengan total installation cost (TIC).
Dimana termasuk biaya PMT, transportasi, equipment, instalasi, commisioning, dlsb…

http://en.m.wikipedia.org/wiki/Lang_factor?wasRedirected=true

http://www.eng-tips.com/viewthread.cfm?qid=55459&page=7

Nilainya bisa s/d 5.0, namun dalam normal perhitungan, menurut pengalaman saya, biasanya menggunakan standard lang factor: 3 sd 4.0.

Demikian, semoga membantu, dan mohon koreksi bila ada yang tidak tepat…

Tanggapan 11 – Triez

Rasanya saya pernah baca dulu buku’cost estimate’ guideline ato rule of thumb untuk estimasi harga tender, cuman saya lupa darimana asal buku itu.

Tapi biasanya hampir rata2 EPC company yg sudah ‘mapan’ punya guideline sendiri untuk cost estimate termasuk untuk instalasi equipment, yg dibuat oleh internal company sendiri.
walaupun tentunya banyak penyesuain seiring dengan perkembangan zaman dan fluktuasi harga material di pasaran, tidak pure mengambil dari buku panduan tersebut.Cost Estimate termasuk strategi tender pak, baik dari sisi komersial maupun technical, jadi kemungkinan tidak dishare ato private untuk internal company saja. Kalaupun ada dipasar, apa bisa dipertanggung jawabkan ato tidak tentunya.

Si mbah2 klo untuk biaya instalasi kayak gt biasanya lebih cenderung pake istilah ‘based on experience’ malahan..Ga jauh meleset biasanya :).

Share This

Miliki Sekarang!

You have Successfully Subscribed!