Select Page

Prosedur pengelasan harus mengacu ke standard dan spesifikasi pemilik. Jika hanya mengacu standard (AWS, ASME, API) tdk ada WPS khusus repair, tp mgkn saja dok kontrak ato spek pemilik mensyaratkan WPS khusus utk repair (bisa utk capping, filler ato through repair). Semoga bs menambah wawasan ttg pengelasan.

Tanya – hotma parasian

Dear pakar WI,

Mau tanya tentang prcess weld, apakah dalam prosedure welding utk anchorage repair must be used special WPS atau bisa apply WPS lain, mohon pencerahannya.

Tanggapan 1 – jakindosidoarjo

Berdasarkan beberapa standard, WPS harus dibuat dan diuji dgn material yang sama atau satu group material. Menggunakan WPS yg ada boleh, asal base metalnya sama atau satu group, dan WPS tsb harus sdh diuji (ada PQR nya).

Tanggapan 2 – Endri Prasetyo

Pak Hotma,

Menambahkan info dibawah, untuk pekerjaan repair semestinya juga menggunakan prosedur (WPS) repair.

Tanggapan 3 – abdi raja

Pak endri,

Untuk AWS D1.1 dan ASME IX boleh untuk repair memakai WPS original,WPS repair tidak mandatory,
namun bila ada WPS repair lebih baik.

Namun untuk API 1104 WPS repair itu mandatory.

Tanggapan 4 – danang indrasworo

Pak Endri,

Sekedar menambahkan info dibawah ini, Jika bapak Mengacu ke standard ASME IX, maka bapak boleh saja menggunakan WPS orginal untuk melakukan proses repair ataupun build up. (berikut adalah cuplikan clause QW 202.3)

‘QW-202.3 Weld Repair and Buildup. WPS qualified on groove welds shall be applicable for weld repairs to groove and fillet welds and for weld buildup under the following provisions:

(a) There is no limitation on the thickness of base metal or deposited weld metal for fillet welds.

(b) For other than fillet welds, the thickness range for base metal and deposited weld metal for each welding process shall be in accordance with QW-451, except there need be no upper limit on the base metal thickness provided qualification was made on base metal having a thickness of 11⁄2 in. (38 mm) or more.’

Namun Jika melakukan pendekatan ke standard AWS D1.1 Ed Latest Ed, bapak harus merefer ke Bab 5.4.6 ,disini jika diinterpretasikan bahwa setiap pengerjaan repair harus memakai welding proses yang qualifed. Berikut adalah cuplikan statementnya. Namun pada prakteknya, sering sekali dijumpai bahwa WPS original bisa dipakai untuk melakukan proses repair dan Ini tergantung kesepakatan dengan client sebelum eksekusi project.

‘5.4.6 Repairs. Welds having discontinuities prohibited by clause 6, Part C shall be repaired as allowed by 5. 26 (section repairs in detail) utilizing a qualified welding process or the entire weld shall be removed and replaced.’

Dalam client specification biasanya dijelaskan kondisi2 tertentu dalam hal melakukan repair, sebagai contoh untuk melakukan proses repair piping material duplex, biasanya mereka mensyaratkan harus memakai prosedur repair yang qualified, dan untuk material Piping CS, SS dan lainnya mungkin bisa saja memakai prosedur (WPS) original dalam melakukan repair namun di cover dengan membuat instruksi specific seperti Method statement.

Begitu juga dengan structural repair, ada kondisi2 tertentu yang harus dipenuhi namun jika Jika kondisi repair tidak distate di client specification, maka kita bisa saja mempropose atau menginformasikan untuk memakai WPS original untuk melakukan proses repair dengan syarat WPS yang dipake itu mengcover jenis material dan thickness yang akan kita las tanpa harus membuat prosedur las. Keputusan terakhir ada di tangan pemilik barang.

Tanggapan 5 – Budi Nuryanto

Pak hotma,

Ini untuk pekerjaan repair ya, kalo bapak belum punya WPS repair harusnya kualifikasi WPS repair dulu.

Kalo bapak sudah punya Main WPS dengan base material yg meng Cover, ajukan preliminary WPS repairnya pak. parameternya bisa mengacu ke Main WPS.

Kira2 seperti itu pak yang pernah saya lakukan.

Tanggapan 6 – jagoanneon11

Hanya menambahkan dr rekan Jakindo, prosedur pengelasan harus mengacu ke standard dan spesifikasi pemilik. Jika hanya mengacu standard (AWS, ASME, API) tdk ada WPS khusus repair, tp mgkn saja dok kontrak ato spek pemilik mensyaratkan WPS khusus utk repair (bisa utk capping, filler ato through repair). Semoga bs menambah wawasan ttg pengelasan.

Share This

Miliki Sekarang!

You have Successfully Subscribed!