Select Page

Ada cara bagaimana membaca Single Line Diagram (SLD) ;
Silahkan mencari legend and symbol Dari SLD tersebut, disana anda Akan melihat symbol2 Dari masing2 equipment termasuk parameter2nya.
Generator, transformer, cable, bust duct, MCC, SWGR, Motor Dll.

Tanya – Sadad Anwar

Barangkali bisa sher gimana cara membaca P & ID untuk Electrical.

Tanggapan 1 – Muhuila Habib

Pak Sadad,

Coba bapak perhatikan di gambar P&ID setiap equipment (contoh pompa) pasti ada tag name dan numbernya, instrument number dan sebagainya, lalu bapak lihat dan perhatikan data sheet dari equipment tersebut power nya berapa? Berikutnya bapak lihat gambar equipment layout dan elevation nya untuk mengetahui kebutuhan cable, cable tray, conduit dan akesorisnya. Dari dua gambar tersebut insyaalloh bapak bisa mendesign single line diagram, control panel, mimic diagram dan electrical consumption yang bapak butuhkan.

Tanggapan 2 – Dirman Artib

Pak Sadad,

Tak pernah ada P&ID untuk electrical.
Mungkin maksudnya single-line diagram pak ?
Atau maksudnya pulse line (tubing) dan cable control untuk instrument pada P&ID.

Tanggapan 3 – kunarta djayaputra

Mungkin maksudnya begini:

Berdasarkan P&ID yang dibuat oleh Process bersama-sama Instrument, Electrical dapat membuat SLD (Single Line Diagram) dan Schematic Diagram. Jadi kebutuhan Local Control Station atau On/OFF push button di dekat motor/pompa bisa dilihat di P&ID. Jadi apa maunya Process akan di accomodate Electrical, kira2 begitu ya.

Tanggapan 4 – Kusumowd

Mungkin maksudnya ;

Equipment electrical apa Saja Yg masuk di dlm P&ID?
Sehingga dr P&ID kita bs melihat major equipment dr electrical.
Tdk banyak equipment electrical Ada di dlmnya, paling2 motor Dan generator Saja Yg bs dibaca shgga min buat load list, karena biasanya capacity motor Dan generator Ada tertulis dlm P&ID.
Begitukah maksudnya?

Tanggapan 5 – yudi ginanjar

Terima kasih atas semua responya yang saya maksudkan adalah single line diagram untuk Electrical,apakah ada teory untuk membaca gambar.

Tanggapan 6 – Syahabudin Heri Santosa

Mungkin di Standard IEEE 315 (Graphic Symbols for Electrical and Electronics Diagrams) bisa digunakan sebagai referensi pak.

Tanggapan 7 – Kusumowd

Mas yudi,

Ada cara bagaimana membaca Single Line Diagram (SLD) ;
Silahkan mencari legend and symbol Dari SLD tersebut, disana anda Akan melihat symbol2 Dari masing2 equipment termasuk parameter2nya.
Generator, transformer, cable, bust duct, MCC, SWGR, Motor Dll.

Maaf Kalau jawabannya kurang pas.
Semoga membantu.

Tanggapan 8 – Muhuila Habib

Setahu saya untuk mendesign Single Line Diagram dasar hitungannya ya dari P&ID, equipment list dan data sheet sehingga bisa ketahuan electrical consumption nya.
Yang bapak inginkan electrical design seperti apa?

Share This