Select Page

Topik ‘Clearance’ sangat subjective and perlu di diskusikan dengan beberapa pihak terkait yang terlibat dalam project sebut saja CONTRACTOR, MANUFACTURE, COMPANY. Standard design CONTRACTOR biasanya diambil dari template engineering / project atau dari ‘GoBy’. MANUFACTURE punya minimum requirement tersendiri untuk clearance biasanya diatur dalam ‘Manual’ Switchgear. Biasanya itu diambil dari type testnya Manufacture. COMPANY biasanya punya standard tersendiri yang mengcover masalah seperti ini, misalnya untuk Chevron ada SID, untuk BP ada GIS/ETP, untuk Total ada GS, untuk Exxon ada Engineering Practice, dsb.

Tanya – alman fauzi

Dear all,

Mohon bantuannya, referensi standard IEC berapa ya yang mengatur minimum clear distance antara switchgear dengan wall atau antar switchgear (MV, LV) dalam suatu substation. Saat ini saya hanya bereferensi ke NEC articles 110.26 dan 110.34.

Tanggapan 1 – Daniel Sombe

Rekan Alman,

Kayaknya sudah mulai persiapan ‘Giant Project’ nih…mantap lah…

Sepemahaman saya tentang clearance untuk switchgear di dalam substation:

1. Topik ‘Clearance’ sangat subjective and perlu di diskusikan dengan beberapa pihak terkait yang terlibat dalam project sebut saja CONTRACTOR, MANUFACTURE, COMPANY.

Standard design CONTRACTOR biasanya diambil dari template engineering / project atau dari ‘GoBy’.

MANUFACTURE punya minimum requirement tersendiri untuk clearance biasanya diatur dalam ‘Manual’ Switchgear. Biasanya itu diambil dari type testnya Manufacture.

COMPANY biasanya punya standard tersendiri yang mengcover masalah seperti ini, misalnya untuk Chevron ada SID, untuk BP ada GIS/ETP, untuk Total ada GS, untuk Exxon ada Engineering Practice, dsb.

2. Clearance tentu akan mempertimbangkan beberapa hal seperti apakah front acces, rear acces, atau ke duanya.

3. Maintenance, Operability, Konstruksi, dan assembling dari Switchgear.

Semisal kita mau melakukan Draw out pada Vacuum Circuit breaker. Pada saat kita buka, dan di drawout keluar setidak2nya masih ada access way buat operator.

Semisal lagi, karena keterbatasan tempat, switchgear kita buat line upnya berhadapan. Seharusnya kan pada saat pintu dibuka , harusnya ketika kita buka bersamaan masih ada acces way, tapi karena keterbatasan tempat kita buat hanya satu yang bisa dibuka. Kita kembalikan ke Company approval karena secara praktikal juga ndak “bakalan” kita buka bersamaan.

Masaalah berapa distance dengan wall??…hmmmmm…saya malah pernah liat yang nempel dengan wall…Kalau mau di buka dari belakan kita keluar dari building dulu…unik kan??

4. Belum lagi kalau misalnya COMPANY minta Type Arc Resistant Switchgear Type 2 misalnya,

Itu perlu di buatkan/di kalkulasi berapa energy incident dalam “cal/cm2” yang potensial terjadi pada saat Arc Flash terjadi didalam kompartement. Kalau kita merefer ke NFPA 70E 2009 dibatasi pada level 40 cal/cm2. Untuk kalkulasi bisa refer ke NFPA 70E or IEEE 1584. Aturan clearancenya bisa nambah pak karena perlu di buatkan beberapa “Arc Flash protection boundary” dan level safety tools/PPE.

5. Coba check di sini boss:

BS EN 62271

IEC 60092

IEC 61936

German DIN standard 0101

IEC 61439-2

www.globalsecurity.org/military

Minimum Body Clearance distance (Safety Manual)

Approach Distance for Qualified Employee (NESC)

OSHA requirement for minimum safety Clearance

INDIAN Electricity Rules /IS

Company Standard

6. Correct me if I am wrong.

Kalau ud pintar jangan lupa ajarin gw ya….

Tanggapan 2 – Triez

Dear Pak Alman,

Apa client spec mengharuskan IEC untuk mangatur minimum clearance space?
Selama tidak ada persyarat khusus dari Client saya pikir sah-sah saja bapak pake NEC / NFPA 70. Reference yang di gunakan NEC juga merujuk pada IEC. karena keduanya saling berkaitan. begitu pula sebaliknya. Jujut saja, saya pribadi lebih suka menggunakan NEC untuk rules clearance space di electrical room bilamana tidak distate khusus pada client spec. Kebetulan saya juga belum pernah liat rule untuk pengaturan clearance space di IEC standard. Memang ada beberapa client spec yang membuat rules clearance space namun hal ini sebenarnya juga merujuk ke oil and gas standard bilapun sedikit berbeda dimungkinkan untuk mempermudah keperluan maintenance. Untuk offshore, hal ini memang kadang2 sangat penting untuk dicermati karena keterbatasan area. Walaupun demikian seharusnya tidak melanggar safety rules yang ada di oil and gas.

Semoga membantu,

Tanggapan 3 – Saleh Rustam

Mas Triez,

Mengenai clearance IEC standard juga cukup ketat, mempertimbangkan dust or flammable gas pollution degree, level tegangan, dan bukan cuma itu saja insulator ketebalan dan creepage insulation juga dipertimabangkan termasuk kekuatan mekanis insulator terhadap perlatan yg bertengangan yg dipikul oleh insulator. Berdasrkan yg saya lihat jika membandingkan IEC dan american standard…..IEC design lebih compact namun sesuai dgn kebutuhan….standard apapun yg dipakai sesuaikan dgn kondisi kita di Indonesia krn American design terlihat overdesign terutama mengenai clearance….sehingga rata-2 switchgear buatan amerika lebih besar ukurannya.

Tanggapan 4 – Triez

Dear Pak Rustam,

Sebenarnya IEC standard yang ditanyakan oleh Pak Alman adalah Clearance space dengan wall dan antar switchgear. Setahu saya IEC hanya menstate safety insulation untuk level internal switchgear yang akan dilakukan designnya oleh vendor. IEC melakukan seritikasi untuk vendor switchgear level LV maupun MV dengan tujuan risk analysis dari system switcgear vendor melalui IEC rule yg telah di buat termasuk type test certicated. begitu pula dengan ANSI. Seperti kita tahu IEC dan ANSI design berbeda.tentunya tergantung rule kebutuhan kita lebih prefer menggunakan design yang mana.

Saya lihat saudara Daniel sombe menyebutkan beberapa rule standard IEC, tetapi IEC standard yang disebutkan tersebut bertujuan untuk memberikan acuan ke vendor. Hal itu akan memberikan guideance ke vendor mengenai design mana yang harus dia gunakan.
Saya pikir pengertian yang di lempar pak Alman sederhana, tidak sampai menembus kedalam switchgear, dengan kata lain hanya dari sisi luar, karena memang faktanya biasanya swicrhgear vendor sudah mendapat sertifikasi dari IEC ataupun ANSI, baik busbar distance, maximum busbar leaked, Hi-pot range, Brake test, Fuse and etc termasuk switchgear dimension juga diatur dalam IEC. Tinggal kita state aja kemana arah design yang akan kita gunakan.

Tanggapan 5 – alman fauzi

Pak Rustam dan Pak Daniel,terima kasih atas tambahan wawasannya.
Seperti yang di sampaikan pak Triez, saya hanya mencari referensi dari IEC mengenai clearance space antara bodi external switchgear dengan wall dan antar swicthgear dalam substation. Kalau internal clearance di dalam switchgearnya sudah saya serahkan ke vendor yg sudah certified.

Pak Triez, sebenarnya dalam spesifiksi client sudah di state min. clearance-nya, tapi tidak disebutkan merefer ke standard apa. Saya coba tanyakan ke beberapa vendor dan katanya itu standard ANSI. Sedangkan dalam SOW project, client menyatakan beberapa parameter yang tertulis di spesifikasi masih mengacu ke ANSI standard, dan mereka meminta beberapa parameter yang masih ANSI standard harus di ubah ke IEC, karena base standard yang di pakai untuk project mengharuskan IEC. Maka dari itu saya mencari standard IEC tentang hal ini untuk memenuhi permintaan client.

Tanggapan 6 – Saleh Rustam

Saya teringat dengan switchgear 33 kV design North Amerika yg pernah terpasang di plant kami, semuanya outdor dgn clearance minta ampun….hampir memenuhi seluruh switchyard kami,….kemudian ada ide menggunakan IEC standard switchgear….maka space yg dibutuhkan outdoor switchgear 30 x 40 meter bias dikuarangi dgn menempatkan switchgear tersebut ke dalam ruangan 6 x 20 meter.
Disamping design yg lebih compact mereka dapat dibuat saling berdampingan satu dengan yg lainnya. outdoor yg rumit dibuat lebih compact dan tertutup dalam cubicle di sisi belakang switchgear yg jarak amannya terjaga terhadap kebocoran ke ground (dinding panel). Setiap cubicle memiliki clearance yg aman ke ground dan tanpa ada resiko semua cubicle tersebut dipasang berdampingan (rapat satu dgn yg lain).

Untuk medium voltage saja bisa dipasang berdekatan, apalagi antar low voltage….

Anyway saya setuju pak Triez,….semua standard tdk ada yg salah tinggal menurut saya pilih sesuai kebutuhan dan tentunya tdk mahal.

Tanggapan 7 – Bus Duct

Mungkin jawaban di bawah berbeda dari yg di tanyakan di awal yaitu clerance distance antara Switchgear/MCC dgn wall atau antar switchgear sendiri MV dgn LV atau LV dgn LV.
jadi bukan dalam design switchgear/MCC itu sendiri, mungkin dalam hal ini adalah masuk kerjaan Vendor atau manufacture Switchgear/MCC.
Clearance space/distance sendiri di maksudkan utk safety dan juga kemudahan untuk maintenance dimana orang dapat bekerja dgn leluasa jika pintu enclosure/panel di buka dan juga dua orang dapat lewat di antara 2 line up/panel dari Switchgear/MCC atau dari Switchgear/MCC dgn Wall.

Kalau di American Standard memang ada NEC 70, artikel 110 dan jg OSHA…
tapi kalau IEC standard saya sendiri juga belum pernah pakai, lebih sering pakai American Standard.
lagi nyari2 jg belum ketemu ..

Tanggapan 8 – Lily Satryadi

Pak Alman,

Silakan merefer ke IEC 60364-7-729

Tanggapan 9 – Antonius Dicky

Dear P Fauzi ,

mungkin link berikut bisa menjadi pertimbangan Bapak .

http://www.osha.gov/pls/oshaweb/owadisp.show_document?p_table=STANDARDS&p_id=9880

Tanggapan 10 – Egi Al Ghifari

Pak Alman,

Untuk LV, sepertinya IEC 60364-7-729. Untuk MV/HV belum nemu.

Share This