Select Page

Pada dasarnya Circuit breaker bekerja apabila ada perintah dari relay proteksi karena ada gangguan seperti short circuit (phasa-phasa, phasa-ground), differential, dll sesuai dengan setting pada relaynya.

Tanya – Wawan Hendrawan

Mohon sharing infonya. Saya mau tanya apakah trip yang terjadi dalam sekejap (sepersekian detik) bisa menyebabkan trip pada circuit breaker?
Circuit breaker tersebut terhubung sebelum VSD (untuk elmot).

Tanggapan 1 – Bus Duct – artonpower

Untuk bisa lihat time trip dari Circuit Breaker dapat di lihat dari ‘Time Current Characteristic Curve’ dari Breaker itu sendiri.
Di kurva tersebut dapat di lihat seberapa cepat breaker akan trip di titik2 besaran arus.
Semakin besar arus, maka semakin cepat breaker akan trip.

Tanggapan 2 – Kurnia Bagus

Pak Hadi,

Maksudnya trip seperti apa? Apakah power yang melewati circuit breaker sesaat tidak ada? sepersekian detik itu berapa kalau dalam bentuk angka?

Pada dasarnya Circuit breaker bekerja apabila ada perintah dari relay proteksi karena ada gangguan seperti short circuit (phasa-phasa, phasa-ground), differential, dll sesuai dengan setting pada relaynya.

Tanggapan 3 – Hadi-hadi.sm46

Dear Pak Kurnia Bagus,

Ketika pompa running, terjadi listrik padam dalam waktu sekitar setengah detik.
Setelah listrik nyala kembali, circuit breaker nge-trip dengan sendirinya.
Kalau terjadi short circuit pada elmot, setidaknya dari VSD akan muncul fault.

Tanggapan 4 – kuwat riyanto

Pak Hadi,

Ini masalah power quality ditempat bapak, problem seperti ini penyebabnya adalah sag and swell , kita bisa mengetahui berapa sag and swell yang terjadi disystem kita dengan power quality meter. memang breaker memiliki kemampuan interupt masing2.

Tanggapan 5 – Hadi-hadi.sm46

Pak Kuwat,

Apakah bapak punya referensi/literatur cara pengecekan power quality? dan standar nilai kelistrikan yang diperbolehkan, seperti tegangan, arus, harmonik, dll.

Tanggapan 6 – kuwat riyanto

Pak Hadi,

Refrensi power quality sudah banyak sekali on line diinternet. Ref IEEE – 519 tentang power quality,dan masih banyak buku2 membahas masalah power quality tsb. selama ini saya kalau audit power quality menggunakan Fluke 48 (bukan sponsor lhooo) sudah cukup untuk menganalisanya, walaupun banyak alat selain merk Fluke.

Share This