Select Page

Pada prinsipnya penggunaan capacitor bank ini realitanya adalah untuk mengontrol kVARH yang harus dibayarkan ke PLN. Untuk menghindari biaya kelebihan kVARH inilah maka digunakan capacitor bank. Biasanya ditagihan PLN dalam suatu plant akan nongol x kVA, x kWh dan x kVARh. klo ada kelebihan kVARH bisanya PLN akan tulis kelebihan KVARh sebesar x Disitulah baru keliatan fungsi kapasitor bank.Actual cuman itu kok,mas. Buntutnya ada dioperational cost sebenarnya supaya jangan sampe membengkak.

Tanya – alfadani00

Dear all,

Mohon bantuan informasi. Dalam perencanaan akan dibuat sebuah panel capasitor bank untuk memperbaiki nilai cos phi yang di hasilkan oleh motor. Yang menjadi pertanyaan, apabila lokasi instalasi panel jauh dari motor akankah hasil koreksi cos phi dari panel akan tetap sesuai dgn yang diharapkan? Selain itu mohon informasi bagi yang memiliki standar pemasangan panel capasitor bank.
Terimakasih atas bantuannya.

Tanggapan 1 – trisworo99

Dear Mas Alfa,

Mungkin sedikit perlu ditambahkan informasi biar lebih jelas,
Jauhnya seberapa ya? kapasitas motor, phase dan ratingnya berapa ya? Jenis motornya apa klo boleh tahu? Ada berapa motor yang akan dicover oleh capasitor bank?1 2,3,…apakah ada beban lain? Jenis kabelnya apa?berapa size, nominal reactance dan resistance cablenya? underground atau above ground cables?

Klo informasinya lengkap mungkin temen2 akan lebih enak memberi penjelasan. Mungkin sampe recommended step, kapasitas, dan effesiensi designya.

Tanggapan 2 – alfadani00

Dear pak Triez,

Sebelumnya sedikit saya jelaskan bahwa motor2 ini terdapat pada satu unit grab crane dimana didalamnya terdiri dari motor berkapasitas daya besar dan kecil. Kasusnya, cos phi yang di hasilkan oleh unit grab crane saat beroperasi fluktuatif hingga batas min cos phi 0,4 dimana ini terbaca oleh panel MDP dan genset. Saat ini genset belum di sinkron dan tidak terpasang capasitor bank. Berikut ini datanya, untuk jaraknya dari grab crane ke power house 400m, motor2 yang terdapat di dalam grab crane: 1. Main motor 295 Kw, 3 phase, 50 Hz, 1495 rpm. 2. Winch gear oil cooler motor 1,3 Kw, 3 ph, 50 hz, 1500 rpm. 3. gear oil cooler motor 0,22 Kw,3ph,50Hz, 1500 rpm, 4.fan slewing coloumn 1,5Kw,3ph,50hz,1500 rpm. Semuanya induction motor dengan tegangan 380V-400V.
Kabel power supply yg di gunakan 6xNYY 1cx240mm2.
Mgkn itu informasi teknis yang dapat saya berikan.
Mohon bantuan dan solusi yang terbaik utk mengatasi hal ini. Melihat genset yg terpasang saat ini tidak beroperasi normal saat grab crane beroperasi.

Atas bantuannya di ucapkan terima kasih.

Tanggapan 3 – Ahyan

Mas Alfa,

dilihat total dayanya adalah 298 kW secara perhitungan ini akan didapat 253,3 kVar yg di butuhkan asumsi saya memakai 5 step dari 55kVar sudah cukup. mungkin dari teman2 ada yg menambahkan.

Tanggapan 4 – alfadani00

Dear pak Ahyan,

Terimakasih atas jawabannya. Lalu menurut pengalaman bpk komponen atau module apa yang baik digunakan pada panel kapasitor bank untuk mengatasi perubahan nilai cos phi/power faktor yang fluktuatif dalam waktu singkat sekitar 10-20 detik.
Selain itu apakah efektif bila panel kapasitor banknya tdk berdekatan dengan beban langsung?

Terima kasih.

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan yang terangkum dalam rangkuman diskusi Milis migas Indonesia pembahasan bulan Mei 2011 ini dapat dilihat dalam file berikut:

Share This