Select Page

Untuk mendapatkan nilai grounding yang baik harusnya di bawah 0,6 ohm(ya memang cukup susah untuk mendapatkan nilai tsb). Nah untuk mendapat nilai seperti itu selain kedalaman kita juga harus melihat material dari sistem grounding yang kita gunakan seperti ukuran kabel BC, type Elektroda pentanahannya, serta ketebalan pipa galvanisnya.

Tanya – Joko Susanto

Mohon pencerahan…

Di perusahaan kami beberapa waktu yang lalu terjadi kerusakan PABX system ,hal ini terjadi karena hujan yang cukup lebat di sertai petir yang mengakibatkan 2 power supply dan 1 card internal call phone number (yang terdiri dari 8 line) rusak. System instalasi power listrik sebelum masuk ke PABX, kami lengkapi dengan AVR 1000 VA , UPS, External Power Battry 24 VDC dan System grounding berdasarkan hasil pengukuran pentanahan (megger) > 5 ohm ( Problem dg Grounding)

Analisa yang telah kami lakukan…..

1. untuk AVR 1000 VA , UPS , External Power Battray 24 VDC agak nya tidak berfungsi maksimal atau dengan kata lain ngak bias mengantisifasi secara maksimal jika terjadinya lonjakan dan drop pasokan power Listrik.. Saya minta bantuanya dong..Specifikasi dari masing-masing alat ini yang khusus untuk PABX….

2. Dalam system pentanahan, khususnya untuk PABX ada ngak ketentuan-ketentuan yang sfecific….? Dikarenakan saya udah membuat system grounding pentanahan baru dan sudah sampai kedalaman 26 meter belum bisa mendapatkan nilai tahanan dibawah 5 ohm.
Adakah Tabel/Literatur untuk referensi berapa kedalaman yang diperlukan untuk mendapatkan nilai tahanan dibawah 5 ohm ( berdasarkan kjenis tanah)

3. Untuk External Telephone dari Telkom, saya pernah dengar ada komponen khusus yang bisa di manfaatkan sebagai grounding sebelum masuk ke PABX …… bisa kasih informasi apa nama dan specifikasi Komponen tersebut ? dan di indonesia ada Distronya ngak ya ?
saya ucapkan terima kasih….

Informasi dari anda sangat saya perlukan …..

Tanggapan 1 – riza_adriansyah

Dear pa Joko

Untuk pertanyaan nomer 1 mohon dipasangkan saja surge arrester disisi sumber sebelum masuk keperangkat bapa biasanya saya pakai dehn atau obo atau merek lainnya silahkan pa, untuk nomer 2 memang distandard dianjurkan tahanan sekecil mungkin untuk memperkecil tegangan sentuh dan tegangan langkah tapi apa boleh kata kondisi tanah batu atau digunung yg susah mendapatkan tahanan sekecil apapun untuk itu dianjurkan pada standard yaitu pentanahan luar dan dalam.
Untuk surge arrester banyak dipasaran pa mungkin bapa bisa search digoogle untuk dehn dan obo dan berapa kA nya pun ada disana.

Kalau sudah 26 meter saya rasa itu cukup pa mungkin bisa bapa perkuat saja pentanahan dibagian dalam.

Semoga bisa membantu pak

Tanggapan 2 – Citra Marshal

Dear Pak Joko,

Mungkin ingin mencoba sharing saja pak, Biasanya untuk mendapatkan nilai grounding yang baik harusnya di bawah 0,6 ohm(ya memang cukup susah untuk mendapatkan nilai tsb). Nah untuk mendapat nilai seperti itu selain kedalaman kita juga harus melihat material dari sistem grounding yang kita gunakan seperti ukuran kabel BC, type Elektroda pentanahannya, serta ketebalan pipa galvanisnya.
Karena saya sering memasang grounding kebetulan didaerah yang cukup tinggi(didaerah bogor) ternyata hanya dengan merubah ketebalan pipa galvanis dari yang standar menjadi medium itu memberikan dampak yang cukup besar dlm nilai resistansi pentanahan ketika di merger yaitu dari 4,4 ohm berubah menjadi 2,2 ohm. selain itu kita juga dapat memberikan larutan elektrolit secara rutin untuk mendapatkan nilai grounding yang lebih baik. Mungkin bisa ditambahkan RCD/ELCB untuk power ke PABX sebagai proteksi terhadap tegangan sentuh serta grounding yang kurang baik.
Mungkin segitu saja yang dapat saya sharing pak, smoga bermanfaat.

Tanggapan 3 – dhonysucahyo

Pak Joko,

1. Kenapa pada power harus ada AVR 1000 KVA trus ditambah lagi UPS?

Apa tidak sebaiknya UPS saja karena dengan UPS yang baik dia sudah akan menstabilakn tegangan.
Kalau pengalaman kami, kami punya PABX dengan kapasitas 200 ext kami tidak pasang UPS dan AVR.
PABX disuply dengan battrey dan battrey kita charging. sehingga tidak ada waktu mati sedikitpun apabila ada gangguan listrik.

Kemudian yang rusak untuk card ext internal itu pada bagian apa? apakah pada power atau bagian ext?

Bila pada bagian ext berati petir masuk melalui kabel telp. ( apakah sudah di pasang arrester pada terminal LSA-nya?

Kalau sudah berarti memang grounding kurang bagus.Dan ini bisanya menggunakan jaringan kabel udara.

Kalau yang kena pada bagian power berarti petir masuk melalui jaringan listrik. Kalau seperti ini coba di gunakan seperti yang kami gunakan, yaitu PABX menggunakan power langsung dari battery, tidak perlu AVR dan UPS.

2. Untuk grounding mungkin pakar pakar gronding yang lebih tahu, tapi sedikit masukan untuk bisa mendapatkan di bawah 5 ohm.
coba ditambahkan plat ditanam pada kedalaman tertentu pak.

3. Untuk penangkal petir ext dari PABX ke user gunakan terminal LSA ditambah arrester-nya coba googling dengan kata kunci arrester LSA.

demikian pak Joko sharing dari saya.

Share This