Select Page

Wireline engineer adalah engineer yang tugas dan tanggung jawabnya menangani wireline. Lalu wireline apakah yang dimaksud?Dalam dunia Migas tentu saja wireline yang dimaksud adalah wireline logging.

Tanya – Muhammad Padli

Maaf.. kalau saya benar2 kurang gaul shg ngak tahu apa itu wireline engineer.

‘Wireline Engineer’ itu scope kerjanya apa ya ?

Apakah pekerjaannya berhubungan dengan telekomunikasi atau semua hal yang berhubungan dengan wire = kabel (Electrical, Instrument, Telkom, dll) ?

Tanggapan 1 – Ridwan Hardiawan

Betul sekali pak Padli, berhubungan dengan kabel-kabelan..

Jadi pekerjaannya adalah mengevaluasi formasi, dengan menurunkan peralatan (banyak sekali macamnya, dari radio active, gelombang suara, bahkan kadang eksplosive), dan dihubungkan dengan perantara kabel listrik (yang kuat tentunya bukan kabel biasa). Istilah keren lainnya adalah ‘logging’…

Tanggapan 2 – Muhammad Padli

Jadi Wireline Engineer bertanggungjawab atas semua tools yang digunakan untuk me-log data2 survey lapangan. Gitu ya…. ?

Thanks Pak.

Kelihatannya aneh juga ya… ngak matching antara nama dan scope pekerjaan.
Mungkin lebih jelas kalau disebut Survey Tools Engineer atau Survey Equipment Engineer -lah 🙂

Kira2 ada nggak ya badan resmi international yang berfungsi menstandar-kan penamaan profesi atau setiap kompeni berhak membuat nama2 baru sendiri ?

Tanggapan 3 – rahman fajrianto

(Pak Padli),

Wireline engineer adalah engineer yang tugas dan tanggung jawabnya menangani wireline. Lalu wireline apakah yang dimaksud?Dalam dunia Migas tentu saja wireline yang dimaksud adalah wireline logging.

Sekarang apakah wireline logging itu?

Wireline logging adalah parameter geofisika yang dilakukan untuk mengetahui kondisi bawah permukaan, hal ini dilakukan pada saat pemboran suatu well. Hasil dari wireline logging ini adalah kurva2 log ( Gamma Ray, Spontaneous Potensial, Resistivity, Porosity (Neutron, Density, Sonic) dan Caliper. Kurva2 ini digunakan untuk mengetahui zona prospek hidrokarbon, evaluasi formasi, mengetahui lithologi di dalam formasi, dsb.

Para wireline engineer lah yang mengatur letak kendaraan logging segaris dengan sumbu sumur, kemudian menggelar kabel logging menggunakan dua roda katrol yang ada diatas (di ikat pada sebuah alat ukur) dan di bawah (dekat mulut sumur pemboran), serta menyambungkan alat-alat logging (untuk mengukur kurva2 log yang disebutkan diatas). Setelah dilakukan kalibrasi alat dan berbagai persiapan, alat2 logging itu diturunkan ke dalam sumur secara cepat, dan pengukuranpun dimulai pada saat alat2 logging itu ditarik ke atas permukaan.

Kabel logging umumnya mempunyai beberapa buah konduktor yang dilapisi lapisan tahan panas dan dilindungi juga oleh kawat baja untuk menghindari masuknya lumpur. Konduktor2 itu lah yang mengirimkan arus listrik ke dalam sumur dan mengirimkan kembali data logging ke permukaan.

Sekian dari saya, mungkin ada bapak/ibu yang bisa mengkoreksi lebih lanjut.

Tanggapan 4 – Robikhun

(Pak Padli),

Nggak matching-nya di mana?

Alat-alat tersebut juga menggunakan kabel sebagai media komunikasi antara alat di dalam sumur dengan monitor di permukaan (truck unit). Jadi kalau punya basic teknik elektro/instrument bisa saja bekerja sebagai Wireline engineer.

Yang dilakukan pun bukan hanya sebatas survey, ada juga membuat lubang produksi dalam sumur yang ber-casing dengan cara menembak / menggunakan explosive.

Tanggapan 5 – Muhammad Padli

Maaf pak Robikhun..

Secara harfiah, ‘wireline’ saya pahami sebagai jalur kawat atau jalur kabel.
Ketika tadi barusan melihat tulisan ‘wireline engineer’ saya kira scope pekerjaannya sesuai dengan pengertian harfiah tsb.

Tetapi setelah membaca tulisan pak ridwan dan tanya2 sama oom google, ternyata scope pekerjaannya tidak sebatas kabel melulu tetapi mencakup juga ke data control, data logger, mempersiapkan dan melakukan peledakan, penanganan radiasi, dll.

Tentu saja ini berbeda dengan persepsi awal saya.

Setahu saya kabel dan kawat (cable and wire) adalah elemen kecil dari sebuah device tetapi memiliki fungsi vital. Hampir tidak ada device apalagi yang bersifat elektronik yang bisa berfungsi tanpa kabel, minimal kabel power supply. Kabel setahu saya yang masih hijau ini berfungsi menghubungkan sinyal antara dua titik. Kata kunci yang saya ambil adalah ‘menghubungkan’.

Kata kunci inilah yang saya jadikan dasar untuk mengambil persepsi awal.
Dalam benak saya… kalaupun bukan menangani dan ahli di bidang perkabelan secara umum (kabel coaxial, kabel power, kabel optic, etc) paling tidak scope pekerjaannya adalah menghubungkan antara dua device sebagaimana layaknya fungsi kabel.

Jadi.. sebenarnya hanya alur berpikir saya saja yang mungkin berbeda dengan bapak sehingga saya mengatakan agak kurang match sedangkan bapak mengatakan sudah sangat matching.

Jadi, saya mohon maaf jika kurang sreg dengan tulisan saya.

Tanggapan 6 – Prasetyo, Liliek

Mungkin yang dimaksud WIRELANE .. Wireline pasti akan mengandung persepsi yang sangat jauh berbeda.

Tanggapan 7 – lulut sugianto

Mau ikut nimbrung sedikit.

Mungkin yang dimaksud ‘wireline’ disini adalah suatu kesatuan equipment yang digunakan untuk manipulate kondisi suatu sumur minyak ataupun sumur Gas. Dalam oil and gas sendiri, wireline ada 3 macam :

1. Electric Line.

Yang ini merupakan kabel2 electric ber armor yang bisa menghantarkan arus listrik. Electric line bisa digunakan untuk mencari data2 dalam sumur, ataupun untuk perforasi. Wire size yang umum digunakan 0.202′

2. Slick Line

Kalo yang ini, merupakan kawat slick ( halus ). Jadi seperti kawat jemuran kita akan tetapi strength nya lebih gede. Ini biasa di gunakan sebagai media untuk setting ataupun mencabut peralatan dari dalam sumur. Bisa juga digunakan untuk running tool untuk mencari data sumur, dalam hal ini pembacaan hasil setelah tool sampai surface. Ukuran yang common, 0.105′, 0.108, 0.125′ dengan breaking strength mencapai 3000 lbs.

3. Braided Line.

Kalo yang ini kawat seperti kawat sling. ukuran yang umum 3/16′ diameter. Biasa di gunakan untuk menarik peralatan yang stack di dalam sumur.

Menanggapi lowongan yang ada, kiranya untuk wireline yang mana yachh?? tertarik juga sih. Kebetulan di tempat saya kerja berhubungan dengan wireline yang no.2 ( Slick Line )

Tanggapan 8 – waskita@wifgas

Kalau dari pengalaman waktu di Schlumberger dulu, istilah ‘wireline’ dipergunakan untuk aktivitas well logging seperti yang diutarakan Pak Fadli dibawah. Jadi, kemungkinan besar ‘Wireline Engineer’ yang dimaksud adalah ‘Well Logging Engineer’.

Tanggapan 9 – daniel brahmana

Pak Padli,

Saya bisa mengerti dan setuju dengan pendapat Bapak tentang istilah ‘wireline engineer’ yg agak melenceng.. tapi masalahnya itu yg dikenal orang dari sejak 1920-an semenjak pertama kali teknologi wireline itu muncul… istilah lain yg sering dipakai orang adalah logging engineer..

Nah, itu kalo mau dirubah jadi sulit… sama kalo kita mau merubah istilah ‘obat nyamuk’ menjadi racun nyamuk…

Tapi kalo dipikir2 lagi, istilah itu ada benarnya juga.. karena kayaknya jarang ada istilah ‘wireline engineer’ kecuali buat orang2 yg pekerjaannya seperti dibahas dibawah ini.. tapi kalo survey tools atau survey equipment engineer kayaknya terlalu general dan kurang spesifik… jadi ada baiknya juga istilah ‘wireline engineer’ itu digunakan untuk mengacu ke suatu pekerjaan yg lebih spesifik….

Share This