Select Page

Mungkin ada yang berpengalaman wawancara lewat agen di luar negeri dengan janji reimbursed semua expenses-nya. biasanya berapa lama mereka reimburse? Soalnya saya sudah hampir satu bulan habis wawancara belum juga di reimburse dari pihak agen/calon empoyer. Kalau hasil interview sih gagal

Tanya – Yuyus Uskara

Dear rekan migas,

Mungkin ada yang berpengalaman wawancara lewat agen di luar negeri dengan janji reimbursed semua expenses-nya. biasanya berapa lama mereka reimburse?

Soalnya saya sudah hampir satu bulan habis wawancara belum juga di reimburse dari pihak agen/calon empoyer.

Kalau hasil interview sih gagal :D.

Tanggapan 1 – ‘Tomi’ aprilabudi

Pak Yuyus,

Ini yang pernah saya alami ketika menggunakan agen Malaysia.
Pertama jika nominalnya kecil (waktu itu 1 juta maximal), bisa langsung di kasih setelah interview selesai.

Tapi jika nominalnya besar, maka kita harus melampirkan data2x kita seperti tiket pesawat, bus/taxi slip, etc. Serta menuliskan Account Bank kita pada lembaran reimburse yg sudah di berikan. Lamanya waktu proses pen-transferan sekitar 2-3 bulanan, dikarenakan jumlah peserta yang banyak dan proses approval dari user.

Tanggapan 2 – budiono.iwan

Mas yuyus,

Saya pernah menunggu travel reimbursement hampir 2 bulan dari prusahaan O&G besar amrik. Saat itu sempat kuwatir tidak di ganti karena hasil interviewnya failed.

So kalau mas yuyus sudah menyerahkan dokumen2 yg diperlukan ke pihak prusahaan kemungkinan akan diganti, smoga.

Tanggapan 3 – Tulus Pandapotan Sastra

Pak Yuyus,

Biasanya Agen juga akan minta Approval dari User/Client yg interview kita soal Reimbursement tsb.
Mungkin beda company beda masa process nya kali ya.
Kalau yang saya pernah alami, process nya lebih kurang 1 bulan. Mereka bayar berupa Cheque yg dapat dicairkan lewat Bank yg ditunjuk.
Dalam kasus ini saya Accepted/hired by the User/Client…:)

Tanggapan 4 – I Wayan Eka Putra

Biasanya sih di reimburse di tempat pak … kalo resmi.

Kalo diboongin sih beda lagi … bisa gak balik modal ….

Tanggapan 5 – Yuyus Uskara

kalo bohong sih, mudah mudahan gak ya Pak, soalnya agennya NES sama kompeninya Petronas. juga memang mereka sudah kirim lewat email kalo biaya yg interviewee keluarin mau diganti, disebutkan juga pas interview sama interviewer dari Petronas-nya.

tapi ya itu dia, saya kirim email bolak balik ke NES/Petronas, tak ada pun respon dari mereka. hal yang bikin rumit juga, saya mau pergi dari tempat kerja saya sekarang jadi bank account harus ditutup sebelum pergi.

mungkin ada orang NES/Petronas di sini ya, mudah mudahan bisa bantu.

Tanggapan 6 – I Wayan Eka Putra

hehe .. saya kerja di petronas carigali (malaysia) pak … mungkin boleh tau HR-nya yang dulu ktemu anda namanya sapa, mungkin saya bisa bantu nanyain ke ybs … dan kasi reference claim report-nya juga via japri yaa, btw, interviewnya petronas carigali (malaysia) kah?

Tanggapan 7 – irviantanto

Rekan Yuyus,

CMIIW, biasanya untuk reimburse biaya traveling dan lain-lainnya langsung dibayar pada saat interview/ditempat. Biasanya mereka akan kasih cash atau cek yang bisa dicairkan hari itu juga. Kalau mereka ‘ingkar janji’ berarti agentnya tidak bonafidlah. Meskipun yang saya tahu NES itu bonafid.

Tanggapan 8 – Syahabudin Heri Santosa

Tidak semua company me-reimburse ditempat Pak. saya pernah melakukan reimbursement dimana beberapa hari setelah selesai wawancara kita diminta untuk mengirimkan semua dokumen/ kuitansi asli beserta copy no rek kita. company tersebut kemudian men-transfer uang langsung ke rekening kita.

saya yakin untuk sekelas NES tidak akan menipu, apalagi companynya sekelas petronas.

Tanggapan 9 – Yuyus Uskara

Betul Pak Heri, proses reimbursement saya hampir mirip, karena Petronas memang minta sistem transfer lewat Swift code bank account saya. bedanya sedikit, waktu hari interview, saya sudah serahkan semua copy ticket dan biaya visa/hotel.

yg menurut saya agak ga enak adalah, tak ada respon lewat emailpun dari Petronas/NES cuma buat sekedar bilang bahwa reimbursement ‘sedang di proses’ atau ‘akhir bulan ini’. telponpun ke Petronas tak adapun orang yang angkat, sekali sambung ke NES, mereka bilang ‘nanti kalau mau transfer, saya call anda dulu’, tapi saya coba confirmkan lewat email, juga tak mau balas.

berbeda sekali ketika saya mau berangkat interview, hampir tiap hari tuh telpon, sudah di Dubai pun bolak balik telpon. Well, mungkin saya tunggu saja lagi perkembangannya.

mudah mudahan after interview service-nya NES juga bagus ya Pak 🙂

Tanggapan 10 – Nataniel Mangiwa

Pak Yuyus, saya juga pernah mengalami hal yg sama. Pergi ditelp terus, sudah pulang dicuekin, padahal saya diterima bekerja. Saya di reimburst sekitar 2bulan. Intinya adalah jangan menyerang 3rd party, useless. Email saja ke client (bisa hrd atau user) biar mereka yg push NES.

Tanggapan 11 – Yuyus Uskara

Betul Pak, mudah mudahan saya tak menyerang 3rd party di sini ya, karena memang semua korespondensi lewat NES.

seperti di awal email, saya lempar ke milis karena saya mau pergi dari Negara saya kerja sekarang, yg kemungkinan akhir bulan ini/september.

terima kasih Pak Nataniel.

Tanggapan 12 – luthfi_i_lubis

Tidak semua company reimburse langsung ditempat Pak. Saya pernah melakukan reimbursement dimana beberapa minggu (sebulan tepatnya) setelah selesai wawancara. Saya diminta untuk mengirimkan semua dokumen/kuitansi asli beserta copy no rek saya dan swift codenya.

Company tersebut kemudian men-transfer uang langsung ke rekening saya. HR representative mereka lalu minta maaf kepada saya karena makan waktu lama (yang sebulan tadi) karena dia bilang bagian HR nya sedang overloaded pada saat itu.

Saya yakin untuk sekelas NES tidak akan menipu.

Share This

Miliki Sekarang!

You have Successfully Subscribed!