Select Page

Sejatinya LSP (Liter setara Premium) adalah terjemahan bebas dari GGE (Gallon Gasoline Equivalent). Hal ini karena dalam jual beli retail Natural Gas untuk transportasi, satuan komersialnya dalam satuan volume (liter). sehingga untuk tidak membingungkan masyarakat awam, maka dibuatlah GGE (LSP).

Tanya – aaswi

Dear rekan rekan yth,

Mohon pencerahannya tentang LSP Liter setara premium.
Khususnya untuk natural gas serta asal usul perhitungan nya.
Terima kasih.

Tanggapan 1 – adi.apto

Pak Aswi,

LSP (liter setara premium) sejatinya adalah istilah terjemahan untuk GGE (Galon Gasoline Equivalent).

Yaitu jumlah energi ekivalen untuk 1 liter gasoline, equal dgn 114.000 btu. Jadi andai kata kita mau menghitung energi bahan bakar lain supaya setara dgn 1 liter premium (bisa lpg, cng, dll), maka 1 lsp untuk komersial, adalah 114.000 btu.

Untuk natural gas, mmg istilah komersial ini jgn salah dengan satuan engineering yg lain (mmbtu, m3) karena kalau menghitungnya tidak ‘pas’ pak aswi bisa dapatkan harga yang berbeda untuk natural gas.

Tanggapan 2 – Aditytianto

Pak Aswi,

Sejatinya LSP (Liter Setara Premium) adalah terjemahan bebas dari GGE (Gallon Gasoline Equivalent). Hal ini karena dalam jual beli retail Natural Gas untuk transportasi, satuan komersialnya dalam satuan volume (liter). sehingga untuk tidak membingungkan masyarakat awam, maka dibuatlah GGE (LSP).

1 GGE adalah 2.567 kg (5.660 lb) Natural Gas, pada kondisi standar. Atau untuk konversinya, setara dengan 114.000 BTU/gal.

Tanggapan 3 – aaswi

Pak Adi yth,

Terima kasih atas jawabannya.
Hanya saya masih penasaran begini,
Diketahui bahwa pada kondisi standard (1 atm , 60 Fahr ) natural gas memiliki nilai kalor sekitar 1050 BTU setiap cubik feet.
Sehingga volume natural gas adalah (114000/1050) = 108 cubic feet.
Apakah seperi itu?

Tanggapan 4 – Aditytianto

Pak Aswi

Pada prinsipnya sih betul pak, tapi bapak cari volume untuk menghitung apa ya? karena kalau bicaranya kembali ke CNG, volume menjadi less-matter?
(soalnya kan dikompress s/d 3600 psi) kecuali bicaranya mencari volume pada P dan T tertentu.