Select Page

Karat dapat menyerang dengan beberapa metode (pitting, crevice, galvanic, etc). Dalam system pipeline bolt banyak digunakan di flens /sambungan, dimana terdapat material berbeda antar bolt dan pipanya sendiri. Bolt biasanya terbuat dari carbon steel yang materialnya cenderung berbeda dengan pipa (alloy steel, syainless, dsb). Biasanya akibat perbedaan material inilah, maka material yang ‘lebih lemah’ akan dikalahkan maka terjadilah galvanic corrosion.

Tanya – indras1410

Dear All…

Saya ada pertanyaan mengenai stud bolt material.

Adakah yang punya referensi, material untuk stud bolt yang memiliki ketahanan karat yang tinggi sekaligus juga tahan bahan kimia.

Adapun stud bolt akan digunakan di flow line system yang berhubungan dengan chemical.

Sebelumnya saya berpikir untuk menggunakan stud bolt yang dilapisi dengan zinc. Namun rekan dilapangan mengatakan bahwa material yang dilapisi dengan zinc terlalu lunak untuk digunakan.

Tanggapan 1 – Suharyo Haryono

Mas Indra,

Mungkin bisa lebih detail lagi ketahanan terhadap zat kimia apa yang dimaksud?

Mungkin Anda bisa check standar ASTM A-193/A-194 (Spesifikasi bolts dan studs untuk tekanan tinggi dan temperature tinggi). Di sana ada banyak pilihan material bolts dan nuts. Ada yang dari baja karbon paduan dan stainless juga.

Saya setuju kalau lapisan Zinc pada bolt yang di galvanized itu lunak (relative), tetapi saya kira mechanical properties dari boltnya sendiri tidak berubah. CMIIW.

Semoga membantu. Tolong diluruskan jika ada yang kurang tepat.

Tanggapan 2 – Rizky Wikandika

Dear Pak Indra S,

Sepengetahuan saya, karat dapat menyerang dengan beberapa metode (pitting, crevice, galvanic, etc). Dalam sistem pipeline bolt banyak digunakan di flens/sambungan, dimana terdapat material berbeda antar bolt dan pipanya sendiri. Bolt biasanya terbuat dari carbon steel.. yang materialnya cenderung berbeda dengan pipa (alloy steel, stainless, dsb).. Biasanya akibat perbedaan material inilah, maka material yang ‘lebih lemah’ akan dikalahkan maka terjadilah galvanic corrosion… CMIIW..

Yang ingin saya tanyakan… stud bolt akan digunakan di flow line system yang berhubungan dengan chemical… apakah chemical itu berupa asam?
berapa ppm nya?

Kebetulan saya bekerja di perusahaan subsea engineering dan sedang mengembangkan tehnologi mengenai corrosion protection. Tehnologi terbaru kita adalah Enviropeel yaitu tehnologi pelapisan dengan menggunakan bahan thermoplastic. Kita telah mendapat sertifikasi DNV approval untuk produk ini dan saya attachkan brosur mengenai Enviropeel ini.

Tanggapan 3 – Indra Setiawan – Sepinggan

Pak Rizky,

Terimakasih atas informasinya.

Berikut adalah daftar chemical yang diinjeksikan ke dalam system.

1. Chlorine (20% Concentration) ; Untuk membunuh bakteri 2. Oxygen Scavenger TC-1000 ; Untuk menghilangkan kandungan oxygen 3. Scale Inhibitor ST-5864 ; Untuk mencegah pembentukan scale 4. Biocide BT-5402 ; Untuk membunuh bakteri SRB (Sulfate Reducing Bacteria ) 5. Corrotion Inhibitor CT-5704 ; Untuk mencegah pembentukan karat 6. Poly Electrolite C – 3176 ; Untuk menggumpalkan/ mengikat partikel agar mudah tersaring.

Untuk kandungan ppm, saya tidak dapat menyertakan datanya.

Dalam system tersebut, ada beberapa material yang digunakan untuk flange.

– Alloy steel digunakan untuk aliran air laut.

– Bond strain digunakan untuk aliran internal system (air laut sudah diproses dengan injeksi chemical)

Saya baru sekilas membaca brosur dari anda, pertanyaan saya apakah product Enviropeel ini dapat melekat disegala jenis material?? Bagaimana mengenai ketahanannya terhadap chemical.

Tanggapan 4 – farabirazy albiruni

Turut urung rembuk,

Pak Indra, dengan melihat chemical yang diinjeksikan dalam sistem, sebagian besar adalah sebagai proteksi korosi berupa inhibitor baik sebagai oxygen scavenger maupun anti-scale n anti srb. Menurut saya, carbon steel sudah cukup dengan adanya sistem proteksi yang berlapis lewat inhibitor yang anda injeksikan. Mengenai menggunakan pelapis Zn, saya rasa akan sia2 karena oxygen scavenger dan anti sclale tidak akan berfungsi secara optimal, karena lapisan pasif protektif yang terbentuk akibat reaksi inhibitor adalah magnetite (Fe3O4), kecuali anda ingin menambah sistem proteksi tambahan, sebaiknya gunakan stailess steel duplex atau ferritic.

Tanggapan 5 – Indra Setiawan – Sepinggan

Pak Abhie,

Thanks atas infonya.

Tetapi chemical diinjeksikan ke dalam system dengan flow line yang terdiri dari carbon steel dan bond strain. Dan stud bolt ada di flange yang tidak terkena aliran liquid.

Untuk info tambahan, semua chemical yang diinjeksikan digunakan untuk system water flood (mengangkat air laut lalu diproses dengan semua chemical tersebut untuk kemudian diijeksikan kembali kedalam sumur). Semua inhibitor yang diinjeksikan, dimaksudkan untuk mencegah terjadinya corrode and scale di dalam flow line yang dapat terbawa pada saat penginjeksian ke sumur-sumur injeksi.

Actual yang ada di lapangan, semua nut berubah bentuk menjadi ‘mawar’ demikian juga stud bolt nya, penuh dengan lapisan karat (terakhir penggantian stud bolt & nut sekitar 2 tahun yang lalu).

Pak Rizky. saya cukup tertarik dengan brosur anda mengenai pelapisan dengan Enviropeel. Tetapi yang kemudian menjadi pertanyaan saya adalah, apakah memang tidak ada stud bolt yang diproduksi atau diproses sehingga menjadi tahan karat dan tahan bahan kimia??

Pak Suharyo, saya sudah cek standar ASTM A-193/A-194. Tetapi system water flood ini tidak lah bertekanan terlalu tinggi demikian juga temperaturnya.

Bila ada statement saya yang keliru, mohon diluruskan.

Tanggapan 6 – farabirazy albiruni

Ok pak indra, kirain saya stud boltnya juga ikut terendam dalam elektrolit yang anda uraikan. btw, sebenarnya ada stud bolt yang didesain khusus untuk ketahanan korosi spesifik, menggunakan material SS dan biasanya lewat pemesanan khusus. Tapi bisa juga menggunakan CS yang dicoating dengan enviropeel, epoxy coaltar, chrom plating, atau lewat painting.

Share This