Select Page

Latar belakang ide untuk memperbesar ukuran MCC ini dikarenakan ada penambahan load sedemikian rupa sehingga load sudah mendekati busbar rating yang 2400 A (load sekitar 2100 A), selain itu di sisi ACB feeder MCC terdengar hum/noise (breaker rating 2500 A), dikhawatirkan hum/noise ini diakibatkan karena adanya kelainan di contact point ACB feeder MCC mengingat umurnya sudah sekitar 20 tahunan, hum/noise hilang saat load direduce menjadi sekitar 1500 – 1600 A.

Tanya – andi n

Dear rekan milis,

Mohon sharing ilmunya, adakah dari rekan sekalian yang sudah pernah melakukan upgrade kapasitas MCC sebelumnya?. Hal-hal apa saja yang perlu dicermati dan kendala apa saja yang pernah ditemui. Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – Artonpower

Mungkin bisa di ceritakan latar belakangnya…

Apakah existing bus bar MCC tidak ada spare?

Biasanya ada sekitar 10%…

Kl sudah tidak ada sebaiknya beli MCC baru drpd modifikasi bus barnya…

Modifikasi biasanya harus mendatangkan teknisi manufacturenya…

Bisakah MCC tersebut di offline kan selama modifikasi?

Tidak mengganggu produksi?

Saran saya beli line up MCC baru saja…

Tanggapan 2 – andi n

Pak Arton

Latar belakang ide untuk memperbesar ukuran MCC ini dikarenakan ada penambahan load sedemikian rupa sehingga load sudah mendekati busbar rating yang 2400 A (load sekitar 2100 A), selain itu di sisi ACB feeder MCC terdengar hum/noise (breaker rating 2500 A), saya khawatir hum/noise ini diakibatkan karena adanya kelainan di contact point ACB feeder MCC mengingat umurnya sudah sekitar 20 tahunan, hum/noise hilang saat load direduce menjadi sekitar 1500 – 1600 A.

Kedepan kemungkinan akan ada tambahan load lagi di MCC ini, karena keterbatasan space building kemungkinan opsi yang diambil adalah meningkatkan busbar rating, mengupgrade ACB feeder dan increase incoming cable size. kalaupun opsi jatuh ke MCC baru maka cubicle layout sepertinya harus sama persis dengan yang existing dan perlu rewiring control dan power yang akan memakan waktu lebih lama dibenak saya.

Untuk sementara MCC ini tidak dapat dimatikan karena utility untuk operasional pabrik memperoleh power dari MCC ini.

Share This