Select Page

Metode dari Cathodic Protection sistem ini bersifat terhadap sifat galvanic material (mengunakan anoda tumbal/sacrificial anode) makanya sistem ini juga lazim disebut galvanic anodes, dimana pengendaliannya berdasarkan pada perbedaan potential korosi antara struktur/object yang diproteksi dengan mengunakan anoda tumbal yang dipasang didalam lingkungan yang sama. Akibat dari perbedaan potential tsb,maka akan terjadi aliran listrik searah dari anoda tumbal yg menpunyai potential korosi lebih rendah ke struktur yang diproteksi melalui lingkungan.

Tanya – imam darmawan

Rekan2 milis yang terhormat.

Saya sedang mempelajari dampak dari pemasangan metode cathodic protection (sacrificial anode) untuk mencegah korosi pada peralan elektrik (seperti transformer).

Saat ini saya mempunyai beberapa pertanyaan yang mungkin rekan2 dapat menjawabnya:

1. Apakah bahaya dari pemasangan sacrificial anode untuk peralatan elektrik?

2. Apakah pemasangan cathodic protection dapat mempengaruhi sinyal control dari/untuk peralatan elektrik tersebut?
Terima kasih untuk saran2 dan pencerahan dari rekan2 milis,

Tanggapan 1 – medi astra

Pak Iman,

Metode dari Cathodic Protection sistem ini bersifat terhadap sifat galvanic material (mengunakan anoda tumbal/sacrificial anode) makanya sistem ini juga lazim disebut galvanic anodes, dimana pengendaliannya berdasarkan pada perbedaan potential korosi antara struktur/object yang diproteksi dengan mengunakan anoda tumbal yang dipasang didalam lingkungan yang sama. Akibat dari perbedaan potential tsb,maka akan terjadi aliran listrik searah dari anoda tumbal yg menpunyai potential korosi lebih rendah ke struktur yang diproteksi melalui lingkungan.

Biasanya metode ini dipasang terutama pada daerah las-lasan,pada daerah tsb akan terkorosi lebih cepat karena pada las-lasan dapat terkonsentrasi tegangan dalam.

Disini yang kita lihat bahwa pemasangan sistem ini pada peralatan elektrik kurang tepat,kecuali peralatan/sebagian dari materialnya tertanam dibawah permukaan tanah.(Kurang tau persis tentang applikasi ini..)

Dikarenakan sistem ini tidak memerlukan supply arus listrik dan tidak menimbulkan interference terhadap neighboring object karena bekerja low driving voltage sepertinya tidak banyak berpengaruh terhadap peralatan elektrik.

Barangkali ada tambahan…dari yang lain.

Tanggapan 2 – imamdarmawan1997

Pak Medi yth,

Pertama2 saya mohon maaf karena saya baru bisa kembali berdiskusi.
Sepengetahuan saya korosi merupakan proses oksidasi (tolong di koreksi jika saya keliru), apakah kathodic protection tidak dapat digunakan selain untuk peralatan yang terendam air atau berada di dalam tanah? karena sepengetahuan saya cathodic protection dapat bekerja dengan syarat:

1. ada anode & katode.

2. electrically connected (dalam kathodic protection itu bisa pada permukaan sambungan antara anode katode)

3. berada di dalam konduktive electrolite (dalam hal ini lingkungan yang / atmosphere yang bersifat korosif dikarenakan kadar garam, impurities yang bersifat konduktive, dll).
Mohon saran dan pendapat pak medi serta rekan2 yang berkecimpung dalam bidang ini.

Tanggapan 3 – Astra Media

Pak Imam,

Benar adanya yang anda katakan,

Seperti yang kita ketahui bahwa Cathodic Protection System ini digunakan menurunkan potential antar muka struktur/logam sehingga mendekati ato berada dalam daerah imun,dimana potential struktur diturunkan dgn membanjiri struktur dgn electron melalui metalik koduktor(arus proteksi melalui lingkungan) sehingga potential struktur ke lingkungan =< kriteria potential proteksi (NACE RP-01-69'Section 6-Criteria for Cathodic Protection' adalah =<850mV vs Saturated Cu/CuSO4).

Biasanya CP system bekerja terhadap yang dapat dikendalikan hanya struktur terendam/dibenamkan dalam tanah dimana interaksi struktur/logam dengan lingkungan terjadi dan merupakan suatu process degradasi yang kontinue. Jika perlindungan dilingkungan atmosphere yang terpapar diudara yang mengandung polutan barangkali lebih baik mengunakan coating/paint sebagai pelindung dari serangan korosi.

Barangkali ada tambahan dari Bpk/Ibu yang lain, Mohon dikoreksi dan ditambahkan kalo ada yang kurang,

Tanggapan 4 – ‘Harlion N. Bahar’

Rekan Imam yth,

Informasi tentang lokasi pemasangan anode pada tranformer tidak jelas, makanya saya asumsikan saja pada pelat dasar. Rencana anda memasang CP type sacrificial anode pada peralatan elektrik seperti transformer, menurut saya tidak lazim. Oil pendingin transformer tidak korosif jadi tidak Perlu dipasang CP. Serangan korosi pada transformer biasanya terjadi pada casing transformer yg terbuat dari pelat baja karbon. Pencegahan korosi dilakukan dengan pengecatan secara berkala. Namun sekarang dipasar sudah tersedia casing transformer terbuat dari pelat stainless steel. Di instalasi pencairan gas alam tempat saya bekerja sekarang, sebagian besar casing transformer rectifier ukuran kecil sudah diganti dengan stainless steel.

Jika anda mempelajari pemasangan sacrificial anode pd transformer ukuran besar, untuk mengihindari korosi pada pelat dasar, yg kemungkinan disebabkan adanya kemungkinan genangan air didalam oil transformer dapat saja menggunakan zinc anode dipasang pd pelat dasar transformer.

Kemungkinan adanya air (water) dalam cooling oil sangat sedikit, kalaupun ada sewaktu preventif maintenance langsung di drain.
Rasanya sacrificial anode pada casing tranfs. tidak mempengaruhi sinyal control dari transformer tsb.
Demikian opini saya,

Tanggapan 5 – imamdarmawan1997

Pak Harlion yth,

Saya berencana untuk melakukan trial cathodic protection untuk mencegah karat pada permukaan luar dari transformer dan pada load cell conveyor dikarenakan kondisi udara di lingkungan saya bekerja sangat korosif (stainless steel pun dapat berkarat di lingkungan ini).

Tanggapan 6 – Harlion N. Bahar

Rekan Imam yth,

Nah, sekarang anda sudah menjelaskan lebih rinci lokasi Transformer yang akan anda lakukan trial / experimen apakah CP akan efektif atau tidak. Ini diskusi menarik bagi para perancang CP dan juga bagi pemakai (user) CP (saya adalah user CP).

Kondisi permukaan luar dari Transformer dimana udara sekitarnya sangat korosif, bahkan stainless steel saja juga ikut berkarat, berarti udaranya lembab. Menurut opini saya sebaiknya 1) Transformernya dipindahkan agak jauh dari lokasi korosif tsb atau 2) anda pasang pelindung ( shield dari bahan yang cocok untuk lingkungan tsb), sehingga Transformer terisolir dari lingkungan korosif. Memilih bahan shield ini anda dapat lihat di Corrosion Handbook, atau dari tabel dari beberapa penerbit antara lain dari NACE. Atau 3) melapisi permukaan luar dengan coating yg. tahan terhadap lingkungan tsb, misalnya rubber lining, atau jenis campuran / pengikat resin. atau 4) mengganti permukaan luar Transformer dengan CRA (corrosion resistance alloy), super alloy dlsbnya.

Menurut opini saya CP tidak efektif untuk aplikasi seperti ini mengingat 1) daya hantar elektrolit kadang bagus kadang jelek, sebab permukaan transformer tidak seluruhnya terendam elektrolit 2) protective current juga berfluktuasi 3) memasang Anodenya tidak mudah, memang ada jenis ribbon seperti CP pada beton, namun instalasinya?

Saya teringat akan iklan suatu perusahaan di suatu negara disekitar tahun 1983 yang menawarkan pemasangan CP untuk mencegah karat pada body kendaraan bermotor. Tetapi kemudian iklan tersebut tidak muncul lagi, setelah adanya laporan dari salah satu Lembaga konsumen bahwa hal tsb tidak mungkin. Satu hal paling tidak idenya cukup bagus, namun pemasangan CP untuk mencegah karat pada body kendaraan tidak efektif. Sekarang ini para produsen kendaraan bermotor memakai bahan non metal pada body kendaraan bagian bawah terutama sekitar roda.

Mengenai trial CP untuk load cell conveyor, saya rasa juga sama seperti hal diatas. Seandai saya jadi anda, saya akan pilih bahan lain untuk load cell misalnya besi tuang (cast iron) atau material yg. tahan thd. Lingkungan korosif tsb.

Selamat berexperiment. Sesuatu yg tidak mungkin saat ini, pada suatu waktu kemudian jika terus dicoba hasilnya akan sangat menakjubkan..

Tanggapan 7 – imamdarmawan1997

Pak Puji,

Sebelumnya saya uncapkan terima kasih atas pendapatnya…

Btw mungkin pak Puji bisa sedikit memberikan info proteksi apa yang akan bekerja bila ada tegangan 0 s/d + 2 V DC di casing transformer?

Karena sejauhini yang saya pikirkan efek yang mungkin terjadi bila ada tegangan +/- 2 V pada permukaan transformer (peralatan listrik) bahaya yang mungkin terjadi adalah adanya tegangan sentuh pada peralatan listrik tersebut, mohon penjelasan lebih lanjut dari pak puji dan rekan2 elektrik yang lain.

Tanggapan 8 – Puji Mulyo Winarno

Trimakasih banyak Mas Imam,

Saya memang tertarik dengan hal ini dan saya harap menjadi opik yang hangat

Sebelumnya saya minta maaf bila terlambat membalas, maklum baru pagi ini saya mebuka email dan ada informasi ini.

Baiklah saya sedikit bicara signal proteksi pada transformer, ada beberapa signal

Proteksi pada transforemer yang sering digunakan yaitu :

Winding temperature alarm

Winding temperature Trip

Winding temperature measurement

Oil temperatuire alarm

Oil temperature Trip

Buchzolf relay protection Trip

Buchzolf protection alarm

Press Rel device Trip

OLTC Trip

Oil level alarm

OLTC oil level alarm

Banyak dari signal ini kecenderungan adalah Binair ( BI ) sehingga effeck langsung

Dari Chatodic yang Cuma 2 volt ini sangatlah kecil, tapi untuk yang analog mungkin agak berbeda ( unit pengukuran untuk thermocouple mV ), tegangan untuk relay-relay poteksi biasanya 24 Volt.Namun bila anda tidak mengolah signal analog untuk proteksinya ini akan aman saja.

Kemungkinan effek pada system yang lain :

Nah sekarang bagaimana dengan system Groundingnya ?

Pakai yang Single point Ground atau Multipoint ground ?

Singgle point ground

Sumua equipment tergrounding sebagai suatu system dan langsung ke grid, dalam hal ini cakupannya sangat banyak sekali sehingga pemasangan cathodic pada transformer berarti Load dari cathodic jadi satu plant dan bila cathodic nya cukup kuat maka disini kita perlu waspada sebab ada kemungkinan pergeseran reference point ( titik nol )ke sekitar 2 volt ( jika 2 voltnya sangat kuat ) itu cukup berpengaruh pada unit pengukuran yang basic pengukurannya menggunakan tegangan seperti temperature ( mv ) dan Vibrasi ( mv ), sehingga semua signal ini ada kemungkinan akan bergeser nilainya dan akan berpengaruh pada Unit proteksi dari system secara keseluruhan.Untuk menghindari ini maka untuk low level signal

Akan lebih bagus kalau ada bridenya agar referencenya tidak bergeser sedangkan untuk basic signal yang menggunakan 4 — 20 mA tidak terpengaruh.

Maaf ini saya kaitkan dengan proteksi unit secara keseluruhan untuk control system

Bila cathodicnya tidak cukup kuat maka akan cepat habis termakan oleh system

Untuk multi point ground

Disini terpisah antara ground Power, struktur maupun low level signal, Dalam hal ini mungkin aman untuk pemasangan cathodic protection pada transformer Hanya capasitasnya yang perlu diperhitungkan dengan matang mengingat grounding body transformer selalu ke grid

Effek lain yang perlu diperhitungkan

Kemungkinan adanya partial discharge pada body transformer yang bereffek terhadap cathodic itu sendiri besarnya pertial discharge hanya beberapa mV dengan freq KHz – MHz Adanya effek induksi dalam tranformer compartment meskipun kecil tapi ada dan semua itu akan ber-effek pada cathodic protection dimana normalnya didischarge ke ground grid Karena kedua hal ini adalah AC ( bisa positive/negative )jadi hal ini bisa memperkuat ataupun memperlemah Cathodic.

Sebagai catatan :

Ditempat saya biasanya yang kena korosi itu bukan Tranformer compartmentnya tetapi bolt, support atau joint-joint lain karena adanya effek galvanic.

Tranformer saya OUTDOOR dek

at dengan air laut dan pernah terjadi flashover pada isolator di sisi gantry , namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda kerusakan pada Tranformer coatingnya.

Sementara dari saya segini dulu mungkin teman-teman elektric yang lain punya idea yang bisa menambah wawasan kita semua
Sekian dulu dari saya

Tanggapan 9 – imam darmawan

Pak Puji,

Terima kasih atas saran dan pendapatnya. Untuk efek grounding terhadap CP saya juga masih belum mendapatkan cukup referensi untuk di pelajari, mungkin ada rekan2 lain yang mau menambahkan

Terima kasih,

Share This