Select Page

Produksi migas di offshore umumnya dapat menggunakan platform atau FPSO. Bahkan lapangan milik inpex di Masela akan memiliki LNG plant yang berada di offshore (floating LNG). Berdasarkan prosesnya, platform juga ada banyak macamnya, ada wellhead platform, central processing platform, living quarter platform, dll. Jadi fasilitas produksi di offshore tidak terbatas hanya separator saja.

Tanya – mohamad syahroni

Dear Senior Milis,

Mohon pencerahaanya mengenai peralatan produksi migas di offshore, apakah hanya terdiri dari separator – separator saja atau ada equipment lainnya ?

Tanggapan 1 – dimas_ariestyanto

Pak Syahroni,

Produksi migas di offshore umumnya dapat menggunakan platform atau FPSO. Bahkan lapangan milik inpex di masela akan memiliki LNG plant yang berada di offshore (floating LNG). Berdasarkan prosesnya, platform juga ada banyak macamnya, ada wellhead platform, central processing platform, living quarter platform, dll. Jadi fasilitas produksi di offshore tidak terbatas hanya separator saja.

Tanggapan 2 – ‘Muammar Maftuh Shodiek’

Maaf Pak Syahroni,

Sepertinya Anda harus banyak baca dulu mengenai processing facility, karena betul apa kata Pak Dimas, tdk hanya separator saja. Dan Anda juga semestinya mengetahui jalur bagaimana HC bisa sampai dari reservoir ke permukaan yang kemudian diteruskan melalui pipeline ke station hingga akhirnya siap untuk diloading ke refinery. Apalagi klo untuk process facilitynya milik ‘PHE ONWJ’ bisa dibilang cukup complicated. Anda juga bisa menghubungi Bpk. HERU HERRAWAN atau Sdr. Nana Suryana. 🙂