Select Page

“Proses Heat Treatment pada proses pengelasan dilakukan adalah untuk menghindari terjadinya keretakan pada saat pengelasan atau setelah pengelasan akibat pengaruh panas.
Keretakan-keretakan itu dapat diakibatkan terjadinya perubahan struktur mikro di sekitar daerah las, atau dapat juga akibat terjadinya deformasi.
Nah, retak yang diakibatkan oleh struktur mikro erat kaitannya dengan jenis material yang dilas. Misal ; Plate Low Carbon steel.biasanya untuk ketebalan dibawah 1 inch tidak perlu dilakukan proses heat treatment. Sementara untuk High Alloy Steel, biasanya selalu dilakukan Heat Treatment. Hal ini ada kaitannya dengan proses pembentukan struktur pada logam las dan perubahan struktur di HAZ.”



Tanya – denaft

Dear all,
Saya ingin bertanya: Kapankah PWHT mulai dilakukan? apakah  berdasarkan pertimbangan ketebalan saja atau juga berdasarkan  material serta jenis/proses pengelasan?
Terima kasih.



Tanggapan 1 – Ir.Darmayadi darma@adhireksa

Maaf ini Ibu Dena atau Bpk Dena?
Saya anggap Sahabat Dena Aja ya…….
Proses Heat Treatment pada proses pengelasan dilakukan adalah untuk menghindari terjadinya keretakan pada saat pengelasan atau setelah pengelasan akibat pengaruh panas.
Keretakan-keretakan itu dapat diakibatkan terjadinya perubahan struktur mikro di sekitar daerah las, atau dapat juga akibat terjadinya deformasi.
Nah, retak yang diakibatkan oleh struktur mikro erat kaitannya dengan jenis material yang dilas. Misal ; Plate Low Carbon steel.biasanya untuk ketebalan dibawah 1 inch tidak perlu dilakukan proses heat treatment. Sementara untuk High Alloy Steel, biasanya selalu dilakukan Heat Treatment. Hal ini ada kaitannya dengan proses pembentukan struktur pada logam las dan perubahan struktur di HAZ.
Kalau keretakan karena adanya deformasi, ini biasanya terjadi pada plat carbon steel yang tebal. Karena dengan adanya pemanasan yang terkonsentrasi pada sekitar daerah las, maka terjadi  perbedaan kecepatan muai dari masing-masing daerah.
Jadi, dapat dikatakan bahwa pertimbangan dilakukannya PWHT adalah :
1. Jenis Material yang akan dilas.
2. Ketebalan
Lantas gimana dengan Proses pengelasannya? Ini tidak banyak mempengaruhi. Ini yang dapat saya jelaskan, mohon buat rekan lain yang lebih banyak mengetahui tentang proses PWHT dapat mengkoreksi pendapat saya diatas, sekalian menambahkan jika ada yang kurang.


Tanggapan 2 – Dirman Artib

Tambahan saja…
Kebutuhan PWHT didefinisikan dengan jelas pada ASME section IX dan juga AWS
D1.1 (mohon dikoreksi  kalo salah).
 
Share This