Select Page
Saya pernah menulis di Milis kita ini beberapa waktu lalu tentang kemungkinan adanya lowongan untuk satu proyek besar yang akan diluncurkan oleh Saudi Aramco/Aramco Overseas Company (AOC) yaitu Jazan Project. Pada saat itu, tahapan proyek ini masih dalam bidding (klarifikasi dan negosiasi). Dan baru baru ini sudah diumumkan para EPC kontraktor yang berkesempatan terlibat dalam proyek ini.
Lowongan dibawah ini bukan untuk bekerja di EPC kontraktor tetapi berada dalam jajaran staf PMT (Project Managemen Team) Aramco Overseas Company/Client side.
Kriteria dasar yang diinginkan adalah:
– Berpengalaman dibidangnya minimum 10 tahun. Terutama mengerti filosofi desain (FEED, DED) dan penerapannya (konstruksi).
– Mutlak harus bisa berbahasa Inggris (lisan dan tulisan).
– Siap bekerja di luar negeri (mental dan fisik).
– Berpengalaman luas dan beragam diproyek LNG dan atau Petrokimia/Refinery. Serta menjadi nilai tambah jika pernah terlibat dalam proyek Saudi Aramco/AOC.
 
Tentang renumerasi. Bercermin apa yang saya peroleh selama bekerja hampir 4 tahun di AOC (3 proyek Petrokimia/Refinery berturut-turut) hingga saat ini, saya bisa katakan bahwa gaji dan benefit yang diberikan sangatlah layak.
Secara detail, apa yang akan diperoleh akan diketahui setelah kandidat lolos dalam screening awal. Tetapi secara garis besar, dapat saya gambarkan dibawah ini:
– Gaji dasar (basic salary): sekitar USD 80 – 125 per jam. 1 hari = 8 jam kerja, 1 bulan = 20 – 23 hari kerja. Tinggal hitung saja berapa per bulan yang bakal didapat.
– Tunjangan Hidup (Allowance): USD 4000 – 5700 per bulan.
– Tiket pesawat ditanggung. Kelas ekonomi untuk penerbangan dalam benua, kelas bisnis untuk anta benua atau jika penerbangan melebihi 8 jam.
– Dan berbagai macam tunjangan lainnya.
 
Untuk saat ini, saya dimintai tolong untuk mencarikan kandidat bagi jabatan:
 
a. Civil/Structure Engineer sebanyak 4 orang, yaitu untuk paket pekerjaan:
 
1. CDU & VDU Piperack berkedudukan di Seoul – Korea
2. Hydrocracker & Diesel Hydrotreater berkedudukan di Madrid – Spanyol (Spain) ————–> Mantab ini lokasinya, gampang menjelajah negara-negara Eropa untuk berdarma wisata di akhir pekan 🙂
3. Common Utilities & IRIS berkedudukan di Tokyo – Japan
4. Terminal & Sulphur Handling berkedudukan di Seoul – Korea
 
Selanjutnya, akan ada kebutuhan lagi untuk:
a. Planner/Scheduler.
b. QA/QC Engineer (dan Welding Engineer).
c. Rotating Equipment Specialist.
d. Electrical Engineer
 
Kriteria dasarnya sama dengan posisi Civil/Structure Engineer.
 
Untuk posisi diatas, saya belum tahu detailnya tetapi saya sudah diminta untuk mencarikan juga.
 
Jika ada rekan-rekan Migas yang berminat, silahkan mengirim CV kepada saya dalam bentuk MS Word, tanpa attachment. Jika ada yang ingin dipertanyakan lebih lanjut, saya persilahkan.
 
 
Salam,
 
 
Thomas Yanuar P
Rabigh II PED
Seoul – Korea

<thomas.x.yanuar@gmail.com>

Share This