Select Page

Untuk pigging dengan pipeline yang memiliki internal coating memang perlu assessment khusus.Pigging activity itu sendiri ada dua macam:

– Cleaning pigging

          Inspection pigging

Tanya – Dadang Purwanto

Dear rekan2 migas,

Saya ada pertanyaan nih mengenai pipeline precommissioning..

Mengenai proses pembersihan utk internally lined (plastic liner) water injection pipeline.

Apakah ada diantara rekan2 semua yg punya pengalaman membersihkan/pigging WI pipeline? Tentunya jika pigging ingin dilakukan maka pigs yg digunakan tidak boleh sampai merusak internal liner. Penggunaan wire brush dan gauge plate pastinya jg tidak diperbolehkan.

Apakah ada yg pernah membersihkan WI pipeline dg menggunakan metoda lain selain pigging? Kl ada bs tolong di share jg disini seperti apa prosesnya.

Pertanyaan berikutnya adalah, apakah bahaya/kerugian yg akan ditimbulkan jika tidak dilakukan pigging terhadap WI pipeline tapi dibersihkan dg metode yg lain (jika ada)?

Lebih extrim lagi, apakah bahaya/kerugian yg akan ditimbulkan jika tidak dilakukan pembersihan sama sekali terhadap WI pipeline?

Pertanyaan yg lain adalah..

Jika penggunaan gauge plate tidak diperbolehkan untuk WI pipeline, bagaimana mengetahui adanya dent/penyok/buckle disepanjang pipeline?

Tanggapan – Andreas Andrianto

Belum ada yang respon yah, tentang pertanyaan ini, ini saya coba jawab yah, tapi CMIIW yah:

Untuk pigging dengan pipeline yang memiliki internal coating memang perlu assessment khusus, nanti saya jelaskan lebih lanjut. Pada intinya, pipeline dengan internal liner itu dapat dilakukan kok.

Pigging activity itu sendiri kan ada dua macam:

    Cleaning pigging
    Inspection pigging

Pertanyaan mengenai pembersihan (cleaning) internally lined bisa dilakukan dengan pig foam yang tidak aggressive. Semakin aggresive semakin akan menggerus internal coating. Tingkat pembersihannya juga tidak sebaik cleaning pig: dengan brush pig misalnya. Semakin lama tidak dibersihkan, semakin sulit juga untuk pembersihan, apalagi cleaning pig ini tidak boleh mengganggu internal coating.

Pertanyaan tentang dent/penyok/buckle di sepanjang line, ini bisa dilakukan dengan alat Kaliper tool, dimana sensor arm ini terletak dibawah polyurethane cups, sehingga sensor ini tidak langsung menyentuh dinding pipeline yang terlapisi coating. Concern dari alat ini adalah keterbatasan dalam pendeteksian, dimana kita punya sensitivitas toleransi 2% (tidak sebaik tool lain yang langsung menyentuh dinding pipeline). Tapi alat ini mampu kok untuk mendeteksi dent/penyok/buckle yang sampeyan maksud.

Nah, assesment yang perlu dilakukan untuk pipeline dengan kasus ini adalah: kita harus tahu dulu properties dari internal coatingnya seperti apa, kalau bisa dikirimkan sample-nya ke headquarter atau divisi teknis dari inspection contractor untuk dianalisa lebih lanjut. Output dari analisa properties internal coating ini akan memberikan kita properties polyurethane drive cup yang cocok diaplikasikan untuk kondisi ini, dimana sebagai kita tahu bahwa kita tidak ingin internal lining ini mengalami penggerusan atau rusak.

Bisa jadi hasil assessment dari material properties ini akan bilang bahwa line tersebut malah tidak bisa di-pigging, atau kalau mau dipigging properties environmental-nya seperti: temperature, pressure, dan flowrate harus diatur sedemikian rupa sehingga line bisa bersih/terdeteksi dent/buckle-nya tanpa merusak internal lining si pipeline tersebut.

Penjelasan saya bisa jadi keliru, jadi kalau ada temen-temen yang mau mengkoreksi atau menambahkan monggo loh …