Select Page

Saya sedang berurusan dengan line pipe 6″ yg dalamnya di lining FBE.
Bisa dishare metoda untuk butt joint yg bisa diaplikasikan untuk line ini?
berhubung robotic field internal girth weld untuk pipa ini gak available di saudi dimana pipa ini akan dipasang.


Tanya – Irwan Fauzy
 
Dear master dan suhu milis migas,

Saya sedang berurusan dengan line pipe 6″ yg dalamnya di lining FBE.
Bisa dishare metoda untuk butt joint yg bisa diaplikasikan untuk line ini?
berhubung robotic field internal girth weld untuk pipa ini gak available di saudi dimana pipa ini akan dipasang.

Tanggapan 1 – Dirman Artib

Bisa lebih detail maksud pertanyaannya pak ?

Saya biasa main dgn pipa 6″ API 5L-X42 (eq. ISO 3183-3, L290) yg di FBE di Al-Qahtani di Saudi. Ya biasa aja. Pipa diputus-putus pakai flange, karena saat proses FBE nggak bisa belok yg sulit-sulit, cuma dekat flange di champer untuk applikasi FBE.

Urusan welding X-42 dari zaman dulu hanya pake fully celulosic E6010 atau H&C E7010 downhill. Unfortunately, saya nggak ngerti itu pake robotic, selama ini hanya pake welders dari Hindi, Malayalam, Kannada dan Tamil.

Tanggapan 2 – hasan uddin

Nimbrung dikit om sambil ikutan nebak2 🙂

Ini mungkin yang dimaksud robotic system untuk internal girth weld FBE field coating dan bukan robotic system untuk field welding. Kalo memang benar yang dimaksud robotic system untuk internal girth weld coating (yang kebetulan peralatannya sedang ga ada), bisa menggunakan aplikasi alternatif misalnya compression fitting (non-welding). Compression fitting dipake umumnya untuk small diameter size dan low/medium pressure pipeline. Aplikasi ini bisa dijalankan kalo misalnya pipa yang sudah diorder memang didesain tanpa cut back pada internal lining-nya. Jadi external pipanya tinggal diolesi dengan epoxy system yang berfungsi sebagai pelumas untuk fittingnya dan sekaligus sebagai sealant + proteksi area bevel pipa.

Aplikasi alternatif lainnya bisa menggunakan mechanical coupling system (mirip2 sama sistim koneksi OCTG casing/tubing dengan seal gasket yang memisahkan pipa dengan pipa). Jadi coupling ini nantinya setelah di fit-up pada pipa akan dipress dengan sistim hidrolik sampai benar2 pas/fit. Sama halnya dengan metode compression fitting, pada aplikasi ini digunakan juga epoxy system yang berfungsi sebagai pelumas sekaligus sealant (mengisi celah grip ulir coupling)

Btw, seingat saya Al Qahtani juga menyediakan jasa field internal girth weld coating juga dengan sistim mekanis semi robot (brush+spray). Tentunya kalah speed kalo dibanding robotic-nya CRTS 🙂

Tanggapan 3 – Dirman Artib

Ah, untung ada Pak “H” yg selalu jadi live reference buat kita semua, maklum kalau saya orang gurun jarang main ke manufacture/vendor w/shop.

Tanggapan 4 – Irwan Fauzy

Betul pak hasan tebakannya tepat sekali, hehe..
kebetulan saya jg baru saja dapet klarifikasi dari klien dan mereka menyebutkan positive coupling system..
terimakasih banyak pak, penjelasannya sudah cukup jelas dan detail 🙂

Tanggapan 5 – Irwan Fauzy

Trimakasih uda dirman atas respon dan tambahan pengetahuanya 🙂
yg saya maksud adalah aplikasi untuk internal girth weld fbe coating..
biasanya menggunakan robotic system, kebetulan robotic untuk size below 8″ tidak available, jadi harus menggunakan metoda lain..
karena saya jg orang kantoran, jadi ga gitu paham yg beginian,heheh, tapi alhamdulillah sudah dijelaskan dgn cukup jelas oleh pak hasan..

Share This

Miliki Sekarang!

You have Successfully Subscribed!