Select Page

Ada yang mau saya tanyakan, mengenai problem yang saya hadapi.
sebelumnya saya mau cerita latar belakang permasalahannya. Saya memiliki sebuah sumur yang sudah di pasang sebuah ESP dengan kapasitas 300 – 715 BFPD, tp kenyataannya produksi yg di hasilkan rata2 sekitar 1400 BFPD. Awalnya saya perkirakan ini adalah “up-trust”, namun setelah saya teliti ternyata fluida tersebut terproduksi melalui annulus (antara casing dan tubing). Dan memang setelah saya hitung ulang untuk design ESP,  hasilnya memang sesuai dengan kapasitas ESP nya dan tidak terjadi up-trust/down-trust.


Tanya – Caksananda Orryandhi

Dear para ahli migas,

Ada yang mau saya tanyakan, mengenai problem yang saya hadapi.
sebelumnya saya mau cerita latar belakang permasalahannya. Saya memiliki sebuah sumur yang sudah di pasang sebuah ESP dengan kapasitas 300 – 715 BFPD, tp kenyataannya produksi yg di hasilkan rata2 sekitar 1400 BFPD. Awalnya saya perkirakan ini adalah “up-trust”, namun setelah saya teliti ternyata fluida tersebut terproduksi melalui annulus (antara casing dan tubing). Dan memang setelah saya hitung ulang untuk design ESP,  hasilnya memang sesuai dengan kapasitas ESP nya dan tidak terjadi “up-trust/down-trust”

Yang saya tanyakan, mengapa fluida tersebut bisa keluar (terproduksi) melalui annulus?
Mohon bantuannya untuk yang mengerti tentang ESP.

Tanggapan 1 – Allan Prodinger

Pak Caksa,

Production rate di dalam tubing sendiri (minus annulus) bisa terbaca tidak? Saya rasa produksi di dalam tubing tidak akan jauh dari kapasitas maksimum pompa, yaitu 715 BFPD. Dan pastinya pompa anda dalam kondisi upthrust saat ini.

Kalau ada fluida terproduksi dari annulus saya melihat sepertinya sumur Anda itu masih sembur alam/natural flow. Kemungkinan 700 BFPD yang lain terkontribusikan dari annulus.

Tanggapan 2 – muh yunus

Dear,
Iya mungkin ada Sumbur Alam di Sumur, Sehingga Banyak Gas yang Mengangkat atau Menjadi Fluida itu Sendiri Naik Ke Permukaan,
Mungkin Untuk Mengdivergenkan Analisa, Sebaiknya Parameter Pressure di Cek, Berapa Besar Tekanan Aliran di Annulus dan Berapa Besar Di Tubing?
Kalau disebabkan Sembur Alam, Keduanya Tekanannya Hampir sama.

Tanggapan 3 – Elwin Rachmat
Kemungkinannya produktifity index dari sumur cukup besar. Flowing bottom hole pressure pressure dengan adanya ESP hanya sedikit turunnya dibandingkan static bottom hole pressure, sehingga liquid level di annulus tetap tinggi. Kemudian gas yang tidak bisa masuk ke ESP karena adanya gas protector, menyebabkan gas memenuhi annulus sehingga terbaca adanya tekanan didalam annulus. Operator lapangan memiliki SOP untuk membuka annulus bila bertekanan. Akhirnya annuluspun turut terproduksikan seperti gas lift. Jadi sumur anda adalah sumur ESP dan gas lift.

Silahkan dihitung kembali FBHP dan PI sumur. Lihat keekonomian bila ESP dan atau tubing diganti dengan yang lebih besar. Bila tidak ekonomis, biarkan sumur berproduksi seperti sekarang.

Tanggapan 4 – Caksananda Orryandhi

Dear Pak Allan,

Benar sekali pak, jika sesuai design saya..pompa ini cuma memproduksi melalui tubing sekitar 690 BFPD. namun saya tidak tahu apakah ini benar2 NF atau perbedaan tekanan yang besar yang membuat adanya aliran annulus.

Apakah gejala ini baik atau tidak untuk performa produksi sumur tersebut?
Dan apakah yang menyebabkan fluida bisa terproduksi melewati annulus

Share This