Select Page

PSV di-design merujuk kepada dimana PSV itu akan dipasang, contoh: untuk pressure vessel dapat merefer kepada BPVC ASME Section-VIII.


Tanya – Sketska Naratama

Dear rekan-rekan Migas
Mau tanya sedikit terhadap ongoing project kami yang sedang menuju fase konstruksi di site, perihal design dan pemasangan PSV sebagai berikut:

1- Apa dasar spec dalam men-design PSV?
2- Dalam hal legalisasi, apakah diperbolehkan menggunakan reducer dalam pemasangan PSV? Selama fungsi dalam berjalan sesuai dgn guarantee mengapa tidak boleh? Apakah hanya karena alasan visual?

Please share dan inform bagi yang punya pengalaman dalam hal ini. Trims.

Tanggapan 1 – Akh. Munawir

Mas kok anda tidak balik bertanya kepada mereka? apa reference/dasar melarang menggunakan reducer di PSV?
Lalu lihat lagi apakah reference tsb adalah acuan yang mandatory atau hanya sekedar rekomendasi (yang masih bisa tidak diikuti).
Seandainya pun Project Spec. meminta tetapi kenyataannya bahwa requirement tsb tidak bisa diikuti karena anda punya Justifikasi lain yang kuat, anda toh bisa mengeluarkan Technical Query kepada Client atau melalui jalur diskusi yang lain.

Tanggapan 2 – Saiful Erwan

Pak Sketska,
1. PSV di-design merujuk kepada dimana PSV itu akan dipasang, contoh: untuk pressure vessel dapat merefer kepada BPVC ASME Section-VIII.
2. pelarangan pemakaian reducer pada PSV sesuai dengan tujuan pemasangan PSV sebagai overpressure relief device, seperti termaktub dalam API RP-14C.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Tanggapan 3 – Sketska Naratama

Ok noted and trims pak Erwan.

Share This