Select Page

Kalau mau menerapkan dua standard ( ASME IX & AWS D1.1  ) dalam satu Welder Qualification Test, satu test piece, WPS yg di gunakan harus dengan process yang sama spec nya, ( lihat essential variable masing-masing code/standard, harus sama atau masih dalam satu range ).


Tanya – Doni Afrizal

Dear all,

Ada yang pernah membuat Uji Juru las dengan satu benda uji bisa dibuatkan sertifikat juru las sesuai ASME IX dan AWS D1.1

Saya pernah mendengar ada yg menerapkannya, tapi mungkin kah? karena WPS yang dipakai untuk menguji juru las kan pasti terpisah, satu berdasar ASME dan satunya lagi AWS.

Tanggapan 1 – Doni Purwo H

Dear Pak Doni A,

Sepengetahuan saya dan as per discuss  with Authorized Inspector, bisa, asal Test Piece ( pipe / plate ) tersebut cukup untuk Lab Test / Mechanical test sesuai spec ASME IX & AWS D1.1, 

ya, WPS yg di pakai pasti berbeda, namun kalau mw menerapkan dua standard ( ASME IX & AWS D1.1  ) dalam satu Welder Qualification Test, satu test piece, WPS yg di gunakan harus dengan process yang sama spec nya, ( lihat essential variable masing-masing code/standard, harus sama atau masih dalam satu range, )
misal :
welding process, sam-sama SMAW, atau Welding process lain,
Filler metal A No,
Base metal group No,
dll,

Welder = Juru las,
ada yg menyebut nya pakai bahasa indonesia ( juru las ), ada yg menggunakan bahasa inggris ( welder ),

sekian,
please advise jika ada pendapat lain dari rekan-rekan milis yang lebih berpengalaman dari saya,

Tanggapan 2 – Dirman Artib

Pak Doni,
Saya nggak pernah ketemu terminology “Juru Las” di ASME SEct. IX dan AWS D1.1, dan juga terminology “Uji Juru Las”.

Mungkin untuk Welder Qualification, tentunya AWS D1.1 hanya terbatas untuk weldment steel for structural. Sementara ASME Sect. IX utk steel struktur hanya terbatas sebagai attachment bagi “pressure contained-wall/equipment”, misalnya support bagi pipa, PV, HE. Kalau misalnya material struktur yg digunakan adalah high alloy steel (ferritic/martensite/autenitic SS), maka AWS D1.6 juga terbatas untuk dicocok-kan dgn ASME Sect. IX.

Mungkin pelaksanaan process qualification harus terpisah juga, artinya hanya test coupon yg bisa digunakan bersama, di inspect dan test pada test coupon yg sama, mungkin kriteria keberterimaan ada yg beda.

Honestly, saya belum pernah ketemu dalam kebutuhan nyata, tapi menarik juga utk dicoba.

Tanggapan 3 – Doni Afrizal

Uda Dirman,

Itu rekan Doni PH pernah advised dari AI kalo itu bisa dilakukan. Tapi memang sepertinya terbatas dikarenakan scope masing2 code beda.

Tanggapan 4 – Doni Afrizal

Pak Doni PH & Uda Dirman,

Kita pakai istilah “Welder” saja, kalo di Ditjen Migas disebut sebagai “Sertifikat Kualifikasi Juru Las”

ada sample nya gak pak Doni PH (hehehe, sama2 doni nih). Di attach kalo boleh, but dihilangin dulu identitas perusahaannya karena copyright.

Kalo ini dibolehkan, akan menghemat waktu dan biaya.

Share This