Select Page


Tanya – “karnof79@yahoo.com”

Selamat pagi rekan2 Migas,

Mungkin di antara rekan-rekan ada yg mengetahui singkatan DLN compartmen pada gas turbin GE dan apa maksud dari DLN compartment tadi. Terimakasih


Tanggapan 1 – Arif Budiman

Dear Pak Karno,

DLN = Dry Low Nox

Dimana fungsinya untuk mengurangi emisi gas buang dari turbin itu sendiri. Karena regulasi dari pemerintah yang menghendaki bahwa hasil pembakaran dari gas turbin itu sendiri harus ramah lingkungan. Demikian yang bisa saya sharing..


Tanggapan 2 -“karnof79@yahoo.com”

Terima kasih pak Arif, infonya sangat membantu, kalo berkenan ada 1 pertanyaan yg timbul, knapa kalo ventilasi di DLN compartment low flow, turbineharus trip, terimakasih.


Tanggapan 3 – Alvin Alviansyah

Secara cause dan effect akan begitu Mas…bila ratio fuel and oksigen terganggu alias tidak sesuai dgn proses combustion yg diharapkan maka utk mencegah adanya explosive mixture (bisa terjadi internal explosion) ataupun kurangnya oksigen yg tiba2 maka trip diperlukan utk memastikan tidak menjadikan ada gangguan atau rusak thd GT (gas turbine) ini .

Analogi sederhananya kalo pernah tinggal di rumah kuno atau rumah di pedalaman yg ada tungku panas atau tungku bakarnya, buka tutup ventilasi ini penting utk mendapat panas yg diinginkan. Thanks. CMIIW.


Tanggapan 4 – Alvin Alviansyah

Dry Low NoX (DLN) baik punya GE atau vendor yg lainnya.

Bersamaan dgn semangat regulasi mengatur jumlah emisi yg dibuang ke udara bebas maka teknologi ini diciptakan…ada plus and minus dari segi operasi, instalasi dan controlnya…dibandingkan GT yg masih memakai diffusion combustion chamber biasa karena bisa saja ada steam atau water yg diperlukan utk mencapai DLN ini. CMIIW. Thanks.

Share This