Select Page


Mohon share mengenai prosedur well testing yang menggunakan test yseparator…intens saya untuk mencari apakah test separator tersebut mengalami beban berulang (cyclic)… apakah dalam setiap well testing, si pressure vessel mengalami pressurized dan un pressurized atau si pressure vessel dijaga tekanannya sehingga kalau ada fluktuasi tekanan pun tidak full range.

Pembahasan – Muhammad Rifai

Mohon share mengenai prosedur well testing yang menggunakan test separator…intens saya untuk mencari apakah test separator tersebut mengalami beban berulang (cyclic)… apakah dalam setiap well testing, si pressure vessel mengalami pressurized dan un pressurized atau si pressure vessel dijaga tekanannya sehingga kalau ada fluktuasi tekanan pun tidak full range.

Terima kasih


Tanggapan 1 – Alfiyansyah

Mas Rifai,

Setahu saya pasti mengalami pressurized si test pressure tersebut sampai nilai operating pressure yg diset sejak awal. Banyak contoh SOP utk operation test separator yg saya punya namun tidak bisa saya share di milist. Mungkin sebelum di obok-obok, perlu dicek dulu apa filter kedua yaitu hasil lab mengatakan ada anomali sehingga anda perlu melakukan bench or cyclic analysis thd separatornya.

Parameter seperti salinitas air, jumlah sand, atau memang sumur sudah depleted dan rentang tekanan operasi berkurang mungkin dugaan lain yg mesti dicek sebelum anda mengobok-obok mechanical designnya. Pilihan teknologi MPFM memang memungkinkan jika hendak dipilih sebagai alternatif.

Sekian dulu ya. Nanti kita sambung lagi. CMIIW.


Tanggapan 2 – Muhammad Rifai

Pak Alvin,

Saya hanya mekanik pak yang kerja di perusahaan konsultan tapi pengen tau lebih karena jawaban temen proses nggak jelas (atau lebih tepatnya, jelas nggak menjawab pertanyaan saya)… saya juga nggak bisa nanya ke sejawat yang lebih senior, karena mereka pun baru mendalaminya… sebelumnya mereka nggak pernah berurusan dengan cyclic service…

Sebagai mekanik, saya bertanggung jawab terhadap datasheet yang saya handle… kebetulan nemu masalah apakah vessel masuk cyclic atau bukan… kebetulan si klien pun sepertinya banyak yang nggak mau tau (lebih pasnya banyak yang nggak tau maunya kode seperti apa)… jadilah harus raba kanan raba kiri…..

Memang semestinya si user bisa bantu nengokin pengalaman2 dari test separator… tapi ya itu tadi, nggak mau tau…

Mungkin pak Alvin bisa kasih petunjuk agak banyak, biasanya kondisi cyclicnya itu full rating (100% pressure – 20% pressure… etc)…

Untuk SOP, mungkin bisa kasih sedikit clue singkat berupa point2 (yang mungkin itu adalah standard SOP yang berlaku umum) sehingga tidak mengurangi rahasia perusahaan

Terimakasih banyak

Share This