Select Page


Secara umum HDD digunakan untuk mengatasi hambatan-hambatan seperti jalan, sungai dalam instalasi utilitas antara lain kabel listrik tegangan tinggi atau menengah, fiber optic maupun pipa gas.

Tanya – Febrian Surya Perkasa

Saya mau mengajukan suatu diskusi mengenai suatu terobosan teknologi perihal HDD (Horizontal Directional Drilling).

Apakah teman teman dari Migas online ada yang pernah melaksanakan project HDD di field kerja dari rekan rekan ? Karena saya kebetulan ada rencana untuk melakukan pekerjaan HDD dan saya sangat berterima kasih jika teman teman ada yang mau sharing mengenai project HDD.

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih sebelumnya.


Tanggapan 1 – Rahmat Rejeki

Pak Febrian

Yang mau disharing apanya pak febri.


Tanggapan 2 – Febrian Surya Perkasa

Pak Rahmat, saya membutuhkan informasi kontraktor yang sudah berpengalaman dalam hal HDD .

Jika ada referensi mengenai hak itu, bisa dibantu untk menginformasikan kepada saya pak (via japri).

Terima kasih sebelumnya.


Tanggapan 3 – Dirman Artib

Ini HDD untuk apa dulu ya?

 

Kalau saya sih cuma bisa kasih info untuk HDD on-shore pipe yg akan menyeberang jalan raya atau fasilitas infrastructure & civil lainnya (taman, sungai/wadi, bangunan).

  
Tanggapan 4 – Jerry Saputra

Boleh juga di share pak kl ada hdd untuk road crossing, terima kasih pak


Tanggapan 5 – Andi Yan Febrika

Pak Febrian,

Coba contact NACAP pak, dl di perusahaan sy yg lama kami pakai NACAP utk pekerjaan HDD di Tangguh


Tanggapan 6 – Dirman Artib

AFAQ AL MUSANA TRADING LLC

P. O. Box 789, Wadi Kabir

Postal Code 117

Sultanate of Oman

www.afaqoman.org

Tel:  +968 244 84601/244 84609

Fax: +968 244 84603

GSM: +968 94288141

Contact Person :

Mr.Rhodora

AMT Drilling Division


Tanggapan 7 –

Yang lokal indonesia gak ada pak?

He..he..
Tanggapan 8 – Putera Ardian

Mas Febri,

Banyak sekali alasan kenapa harus dilakukan horizontal directional drilling, dan yang paling penting adalah untuk meningkatkan produksi, karena dengan  sumur yang horizontal maka reservoir yang ter”expose” juga lebih banyak. Belum lagi jika reservoir tersebut memiliki vertical permeability yang lebih bagus.

Untuk kontraktor HDD sendiri,umumnya semua directional drilling company menyediakan service ini, seperti baker inteq, halliburton sperry, schumberger anadrill, weatherford, cougar, parama dll.

 

Biasanya HDD akan di barengi dengan geosteering service, yang tugasnya memastikan sumur tersebut landing pada spot yang tepat sebelum lanjut ke lateral section di reservoir dari Real time geological data ( dari LWD ), biasanya berpatokan pada marker-marker lithology, dan nanti pada lateral section geosteering juga berfungsi untuk memastikan borehole tetap di dalam reservoir atau tidak terlalu dekat dengan water contact.

Ada banyak pertimbangan sebelum memulai HDD, misalnya cutting removal, mud properties dan hydraulic untuk memastikan hole cleaning yang baik,belum lagi drilling equipment yang lain.

Selain di dunia migas, yg paling banyak di lakukan directional drilling company adalah aplikasi river crossing. Semoga membantu.


Tanggapan 9 – Febrianta

Mas Febri dan mas Jerry,

Seperti yang telah disebutkan Uda D’Art, Secara umum HDD digunakan untuk mengatasi hambatan-hambatan seperti jalan, sungai dalam instalasi utilitas antara lain kabel listrik tegangan tinggi atau menengah, fiber optic maupun pipa gas.

Seperti Rig untuk pengeboran, kemampuan dari Rig HDD juga bervariasi, tergantung dari jarak dan besar pipa/casing yang akan dipasangkan, sehingga perlu diketahui tentang apa yang akan dipasang. Secara umum, HDD di Indonesia banyak menggunakan pipa / selubung dari HDPE namun dibeberapa proyek ada yang menggunakan Pipa besi dan rentan antara satu pit dengan pit yang lain adalah 150-250 meter.

Faktor lain yang mempengaruhi pekerjaan HDD, adalah kondisi dari tanah (Subsurface) dimana akan melintas pipa selubung tersebut. Walaupun tidak komplek seperti di pemboran minyak dan gas, namun kondisi subsurface sampai kedalaman di selubung akan di pasang. Tidak semua jenis tanah dapat dikerjakan dengan HDD.

Demikian sekilas hal yang dapat saya sampaikan berdasarkan pengalaman mengerjakan HDD di Thamrin beberapa tahun yang lalu.


Tanggapan 10 – Muhammad Ade Irfan

Ini HDD utk crossing pipeline yg di onshore atau offshore ? Itu banyak sekali, bahkan perusahaan dalam negeri saja sudah ada.


Tanggapan 11 – Andi Yan Febrika

Pak Febrian,

Coba contact NACAP pak, dl di perusahaan sy yg lama kami pakai NACAP utk pekerjaan HDD di Tangguh


Tanggapan 12 – Budi

Hi Pak Febri,

Teknologi HDD sudah sangat lama dan sudah banyak sekali diterapkan. Banyak sumur yang di bor lebih dari 10km horizontal.

Bapak bisa kontak dengan Directional Drilling service company dan mereka akan sangat senang membicarakan ini.


Tanggapan 13 – Muhammad Walfajri

Salam pak Febrian,

Horizontal drilling di East Borneo khususnya Kutai Basin sangat challenging, baik dr sisi Geology maupun Drilling. Ketebalan reservoir target, Landing Point dan marker sebelum entry point sangat penting. Dari sisi operation geology, real time monitoring sangat vital. Tool apa yg dipakai utk horizontal drain jg sgt menentukan bgm spy kita tdk keluar dr zone target.

  

Sedikit sharing mengenai pengalaman kami ketika bekerja di Total Indonesie. Pd thn 2006-2007, ada bbrp horizontal well di Tambora field, marker sebelum entry point adalah coal layer, utk di horizontal sectionnya memakai Near bit GR azimuthal tool. Boleh tahu apa terobosan teknologi HDD yg mau dipakai di project anda?

Sedangkan pengalaman kami dewasa ini di Abu Dhabi, adakalanya Drilling Team dengan ‘terpaksa’ meng-approve permintaan Operation Geology Team utk memakai tool dgn radioactive source pada horizontal drain. Rekor horizontal drain disini adalah ~ 12,000 feet. Monitoring dilakukan memakai RTOC (Real Time Operating Center).