Select Page

Sebenarnya apa sih “Shale Oil” tsb? Apa bedanya dgn crude dan gas alam yg sekarang dari sisi explorasi dan proses produksi serta transportasi?

Tanya – Dirman Artib

Rekan milis migas_Indonesia,

Baru baca berita BBC bahwa :

Last month the International Energy Agency (IEA) said that a steeper-than-expected rise in US shale oil reserves would mean the US would change from the world’s leading importer of oil to a net exporter over the next five years.

Sebegitu potential nya “shale oil”, maka tentu akan berdampak economy terutama oil/gas/energy market.

Sebenarnya apa sih “Shale Oil” tsb? Apa bedanya dgn crude dan gas alam yg sekarang dari sisi explorasi dan proses produksi serta transportasi?

Tanggapan 1 – Administrator

Mas Dirman

Pertanyaannya saya cc kan ke Moderator Unconventional Gas untuk menjawab ya. Tapi untuk mengomentari berita dari BBC tersebut mas Dirman bisa baca posting saya mengenai Energy Report BP tahun 2013 sudah tergambarkan disana jawabannya.

Tanggapan 2 – Joko Sosiawan Trikukuh

Mau ikutan nimbrung.

Terjemahan sederhananya unconventional reservoir adalah dimana untuk primary recovery (produksi pertama kali) sudah harus dilakukan stimulasi terhadap reservoirnya, ini dikarenakan permeabilitas alamiah dari “reservoir” itu sangat kecil. Dalam konteks shale oil/gas Yang di kejar bukan lagi wadah2 (reservoir) yang biasa (batupasir atau batu gamping) dimana hidrokarbon tertampung  setelah matang dan bermigrasi dari sumber tapi langsung ke sumber (source rock) dimana minyak/gas itu di “masak”.

 

Share This