Select Page

>Perlu tidaknya pihak inventory melakukan kontrol bukan didasari oleh bagaimana barang ini di beli apakah melalui PO pembelian barang atau kontrak service, tapi pada bagaimana sifat barang ini dalam sudut pandang inventory. Tanya – MM

Mohon pencerahannya, apakah material yang dibeli menggunakan kontrak service oleh Engineer harus dikontrol oleh Inventory Control juga? Sedangkan pembeliannya tidak diketahui oleh bagian Inventory.

Terima kasih,

Tanggapan – Manuhoro

Pak mm,

Kalau pertanyaan ini jawabannya tergantung dari kebijakan tiap perusahaan dan hingga level kontrol apa yang ingin dijaga.

 

Secara umum dan best practice yang saya tahu selama ini berkecimpung di supply chain, pihak warehouse atau inventory tidak akan melakukan kontrol terhadap barang yang bapak beli jika barang tersebut 1. Tidak teregister dalam sistem sebagai barang stock, 2. Barang tersebut tidak di simpan dan menjadi tanggung jawab pihak warehouse atau inventory, 3. Barang tersebut tidak menggunakan cost centernya inventory ketika di beli.

Jadi perlu tidaknya pihak inventory melakukan kontrol bukan didasari oleh bagaimana barang ini di beli apakah melalui PO pembelian barang atau kontrak service, tapi pada bagaimana sifat barang ini dalam sudut pandang inventory.

Bapak bisa membeli barang stock melalui kontrak servis maka pihak inventory wajib mengontrol material ini ketika dikirim ke warehouse, atau bapak bisa mebeli dengan PO pembelian barang untuk barang non stock,direct charge, atau generic (ke 3nya satu keluarga) maka pihak inventory tidak wajib untuk mengontrol.

Semoga tidak membingungkan.

Share This