Select Page

5D Bend 45 deg Barangkali bapak2 sekalian pernah ada pengalaman joining 5D Bend 45deg bend untuk dijadikan 5D Bend 90deg. Apakah ada restriction dari standard code dan hal2 apa saja yang perlu diperhatikan apabila joining ini memungkinkan. Tanya – Dadang Gandana

Sebelumnya minta maaf kalo case yang sama pernah diposting dimilist.

 

Barangkali bapak2 sekalian pernah ada pengalaman joining 5D Bend 45deg bend untuk dijadikan 5D Bend 90deg. Apakah ada restriction dari standard code dan hal2 apa saja yang perlu diperhatikan apabila joining ini memungkinkan.

  Tanggapan 1 – Lukman Hakim

Pak Dadang,

Setau saya induction bend tidak boleh ada girth welds (refer to ISO 15590-1). Please CMIIW…

Tanggapan 2 – MN. Rohman

Pak Lukman, yang tidak boleh butt weld sebelum bending.

Tanggapan 3 – Lukman Hakim

Pak Rahman,

Terima kasih atas koreksinya. Btw induction bend boleh di joining asalkan sebelum di bend itu refer kemana ya pak? Thanks

Tanggapan 4 – MN. Rohman

Pak Lukman,

Saya tidak pernah menjumpai larangan butt weld bend pipe to bend pipe, dalam prakteknya banyak sekali designnya seperti itu, yang penting kualitas bendingannya accepted… kalau bapak mau bending dengan induction sepertinya tidak perlu khawatir, biasanya ovalitynya bisa kurang dari 1% bila dengan induction.

Tapi untuk butt weld sebelum di bending (maksudnya butt weld di daerah bending, weldingnya akan kena tarik karena bending), beberapa standard dari beberapa manufacturer besar melarang itu dilakukan.

Tanggapan 5 – MN Rohman

Pak Dadang,

Yang perlu diperhatikan adalah biasanya ovalitynya berbeda sehingga butt weld misalignment bisa saja terjadi.

Tanggapan 6 – Yusuf Nugroho

Dapat diperhatikan pula tangent length bawaan dari pabrik bendingnya. Ada minimum length yang sebaiknya tdk dipotong habis.