Select Page

Umumnya untuk pengelasan pipeline menggunakan kawat las E6010 atau E7010 dan tidak perlu pakai GTAW (argon) untuk root passnya.

Tanya – Adiyanto

Dear rekan milis

Apakah untuk pengelasan pipa CS sch 40 yg diperuntukkan untuk instalasi pipa gas membutuhkan kawat las khusus?Kemaren team saya mengelas menggunakan las argon untuk bagian root dan fillernya menggunakan kawat las LBU52, tetapi ketika di tes NDT tidak lolos,Mohon saran dari temen2 milis.

Tanggapan 1 – Roso Simarmata

 Pak Adi,

LB52U (E7016) tidak direkomendasikan untuk filler (ini untuk root aja). Coba ganti dengan E7018, untuk merk nya bisa disesuaikan dgn yg ada d market tempat fabrikasi pak Adi. 

Semoga membantu.

Tanggapan 2 – Dirman Artib

Mengelas dgn tidak menggunakan kualified WPS yg sudah didesain oleh Welding Engineer dan sudah diuji berdasarkan standard yg relevant spt. ASME Section IX, API1104 atau AWS D1.1 berarti tidak “mengelas”, itu hanya coba-coba mengelas alias main-main.

Untuk mengelas dgn benar syarat-nya adalah “

1. WPS hrs kualified

2. Welder hrs kualified

3. Material hrs certified

4. Filler Metal hrs certified

5. Mesin las hrs fit for purpose

Ikuti parameters yg ada di WPS dan kendalikan sesuai dgn WPS itu.

Itu baru namanya mengelas dgn benar.

 

Jadi saya anjurkan jangan bermain-main dgn pengelasan, biayanya mahal, kasihan pemilik modal, duit kok dibuang-buang.

Tanggapan 3 – Teuku Machfud

Yap, harus ada wps pak. Kl bapak tidk punya welding engineer, coba meng-adopt wps dari perusahaan lain, di asme diperbolehkan kok. Atau mennggunakan wps prequalified seperti di aws, sprtinya asme jg punya. Dan bpk tidak harus running PQR/mechanical test,karena wps nya sudah terqualifikasi. Jgn lupa lakukan welder qualifikasi sesuai dengn standar yg ada di spec projek.

Tanggapan 4 – Ismet Rialdi

Setuju dengan Pak Dirman,

Lakukanlah pengelasan sesuai dengan WPS yang di pakai, semua parameter yang di perlukan sudah tercantum semuanya di WPS.

Menurut hemat saya nggak perlu juga ganti Filler metalnya karena itu esensial variable seperti yang di anjurkan di bawah.

Silakan di cari apa penyebab defect tersebut, apakah dari weldernya, dari materialnya atau malah dari preparation  fit-upnya yang nggak bagus..

 Jangan buang-buang duit, biaya untuk membuat satu WPS itu mahal, maka jadikanlah WPS itu sebagai acuan untuk pengelasan..

Tanggapan 5 – Robby

Dear pak Adi,

Penyebabnya:

1. Tdk memakai WPS

2. Memakai WPS yg tdk qualified

3. Welder tdk qualified

4. Biasanya utk root pass mnggunakan ER70S-2

Tanggapan 6 – Gatot Jakindo

Umumnya untuk pengelasan pipeline menggunakan kawat las E6010 atau E7010 dan tidak perlu pakai GTAW (argon) untuk root passnya. Merk kawat las yg baik, coba pakai Lincoln Hasil NDT yg tdk lolos dikarenakan juru lasnya tidak mampu membuat las yg mulus, maka diperlukan uji kualifikasi sebelum mulai mengelas.

Tanggapan 7 – Roso Simarmata

Pak Adi,LB52U (E7016) tidak direkomendasikan untuk filler (ini untuk root aja). Coba ganti dengan E7018, untuk merk nya bisa disesuaikan dgn yg ada d market tempat fabrikasi pak Adi.  Semoga membantu.