Select Page

Apakah ada aturan bahwa pompa harus flammable proof untuk media seperti etanol atau n hexane meskipun elektromotor yang dipakai sudah flammable proof. Pompa dan elektromotor digabung menggunakan kopling. 

Tanya – Daniel

Dear pakar2 Migas, 

Saya orang awam dalam perpompaan, Mohon bantuannya informasi apakah ada aturan bahwa pompa harus flammable proof untuk media seperti etanol atau n hexane meskipun elektromotor yang dipakai sudah flammable proof. Pompa dan elektromotor digabung menggunakan kopling.  Atas informasinya diucapkan terima kasih.

Tanggapan 1 – Egi Al Ghifari

Mas Daniel, Saya coba respon secara normatif dari perspektif standar Eropa.N-Hexane menurut IEC 60079-20-1 memerlukan peralatan Ex dengan Equipment Group IIA, dan temperature class T3, sedangkan Ethanol IIB, T2. Jika fasilitas berada dalam jurisdiksi ATEX atau kebijakan perusahaan untuk mengikuti ATEX, maka motor-pumpassembly harus tersertifikasi ATEX. Sisi elektrical motor diatur oleh IEC seri 60079 (Electrical Equipment for Explosive Atmosphere), sedangkan sisi non-electrical motor dan pompa diatur EN-13463 (Non-electrical Equipment for Explosive Atmosphere).Karena Indonesia di luar jurisdiksi Atex dan jika perusahaan tidak mewajibkan Atex Compliance, secara non-normatif, bisa saja bagian pompa tidak tersertifikasi Ex/Atex, tetapi dilakukan upaya pencegahan supaya tidak terjadi spark/kenaikan temperature berlebih, misal:Bearing temperature cut-off, discharge temperature cut-off, non-sparking coating, dll. Mudah-mudahan bermanfaat. 

Tanggapan 2 – Daniel

Pak Egi,

Terima kasih infonya sangat bermanfaat. Jadi untuk aturan di indonesia belum ada ya …