Select Page
Ada beberapa kriteria penumpukan tiang pancang di stockyard.

1.Permukaan tanah harus padat/kuat dan rata.

2.Untuk alas dasar harus menggunakan balok kayu yang besar, tinggi minimum dari permukaan tanah harus memudahkan untuk proses pengangkatan dan jumlah alas hanya di bolehkan 2 alas dan di tempatkan pada posisi angkat yang termarking pada tiang pancang……

3. …

Tanya – Rio Handoko

 

Saya ingin menanyakan standard jumlah tumpukan pada saat kita menyusun pc spun pile di stockyard, saya mencoba membuka web wika beton untuk informasi nya namun web nya sedang mengalami gangguan. adakah yang disini punya pedoman tentang pc spun pile tsb.

Tanggapan 1 – Heru Nugroho

Pak Rio,

Saya juga belum pernah tahu standard jumlah tumpukan spun pile, tapi sekedar share saja apa yang bisa dilakukan, yaitu kita bisa melakukan analisis jumlah tumpukan yang diijinkan dengan mengecek:

1. Kekuatan balok kayu pengganjal.

2. Kekuatan spun pile untuk menahan beban (bearing, shear, hoop stress) di posisi tumpuan.

3. Kekuatan lantai atau tanah dasar serta settlementnya.

Perlu juga minta info ketinggian yang diijinkan dari sudut pandang safety.

Perusahaan yang sudah mapan biasanya sudah melakukan analisis untuk digunakan dalam prosedur standar, mungkin ada teman yang mau berbagi infonya.

Tanggapan 2 – Rifninaldi

Pak Rio,

Berdasarkan pengalaman saya yang pernah bekerja di perusahaan pembuat tiang pancang beton di pulau Batam, ada beberapa kriteria penumpukan tiang pancang di stockyard.

1.Permukaan tanah harus padat/kuat dan rata.

2.Untuk alas dasar harus menggunakan balok kayu yang besar, tinggi minimum dari permukaan tanah harus memudahkan untuk proses pengangkatan dan jumlah alas hanya di bolehkan 2 alas dan di tempatkan pada posisi angkat yang termarking pada tiang pancang.

3.Jumlah layer dari tiang pancang tergantung diameter tiang pancang.

Demikian sekilas info yang dapat saya sampaikan, atau Bapak juga bisa coba cek di websitenya PT.Citra Lautan Teduh Batam.

Share This