Select Page
Mendeteksi crack di surface mudah …tapi dibawah insulasi yang enggan untuk dibuka ini yang sulit… metode magnetic tomography adalah pakai magnetic natural leakage…dan melihat pada pipe stress bukan dimensi… kelemahannya kalau pipa anda terletak dengan struktur2 lain yg berdekatan maka akan menimbulkan interferensi….dan akhirnya data nya kacau… kita gunakan ini biasanya utk pipeline…tapi sudah digunakan juga untuk pipe process

Tanya – Anwar Kuswara

Dear Kawan2 Milis

Mohon pencerahannya, Suspected Crack pada HAZ dengan detail case sbgai berikut :

– Surface Transverse crack pada HAZ pada joint pipa to pipa dan to fitting, material SS austenitik dengan kondisi ter insulation. Di duga crack ini adalah jenis SCC.

– Pernah di coba2 untuk pembuktian ,di buka insulation secara random dan dengan PT or MT test dan ditemukan crack.

– Untuk mengetahui suspect crack tidak mungkin insulation di buka smua dengan alasan waktu dan cost yang besar maka dilakukan NDT yaitu RLUT dan Incotest tapi hasil NDT ini tdak bisa mendetect crack tsb.

Pertanyaan nya :

Apakah ada NDT method yang lain ? yang bisa mendetect surface transverse crack dengan tanpa membuka insulation pada saat pengetesan. Mohon Pencerahannya… Terima kasih,

Tanggapan 1 – Faisal Reza

Coba kontak orang ini

http://transkorgroup.com/

pakai metode magneto tomografi…

tapi kalau saya….buka aja….penting mana cost sama waktu daripada nanti memang retak…justru akan tjd yg bikin malah parah situasi.

Tanggapan 2 – Budi Riyanto 

Sebaiknya diteliti satu persatu dengan metoda seperti yang dijelaskan oleh rekan kita untuk mendeteksi crack di surface.Dalam masalah ini akses untuk melakukan deteksi crack di pemukaan terhalang tidak seperti umumnya.Jika mempertimbangkan cost dan time memang berat rasanya ,namun perlu di ingat bahwa ada yang lebih penting lagi bahwa “Semua Code/Standard” dalam suatu project Tidak memperkenankan adanya “CRACK” pada suatu hasil sambungan las.

Tanggapan 3 – Faisal Reza

Mendeteksi crack di surface mudah …tapi dibawah insulasi yg enggan utk dibuka ini yg sulit… metode magnetic tomography adalah pakai magnetic natural leakage…dan melihat pada pipe stress bukan dimensi… kelemahannya kalau pipa anda terletak dgn struktur2 lain yg berdekatan maka akan menimbulkan interferensi….dan akhirnya data nya kacau… kita gunakan ini biasanya utk pipeline…tapi sudah dihgunakan juga utk pipe process silahkan lihat detil site dibawah dan kontak orangnya…. tapi rekomendasi saya …..buka saja….terus lakukan classic ndt.

Tanggapan 4 – Amal Ashardian

Kalau ngga bisa dari luar karena insulasi ngga boleh dibuka, kenapa ngga di asses dari dalam, pakai pig. MFL bisa dipakai tapi Cuma longitudinal direction saja, yang radial/ circumferential direction tidak tertangkap… The best masih saja UT Cuma perlu air sebagai media pendorong. Tapi yang terbaik dari yang terbaik ya mesti lewat luar, pakai UT dan insulasi mesti dibuka…

Yang namanya welding joint pasti ada flaw. Entah itu incomplete fusion, porosity, dll, itu semua bisa diterima dalam jumlah tertentu, seuai acceptance criteria project. Aku sering jumpai tidak ada korelasi antara engineering design dengan WPS/PQR. Padahal disini integrity dari girth weld itu ditentukan.

Tanggapan 5 – Amal Ashardian

Austenic stainless steel…MFL ngga bisa dipakai , thank Pak Wayan Eka Putra..

Tanggapan 6 – Faisal Reza

Biasanya juga yg pakai insulasi adalah process piping di dalam terminal atau platform, jadi gimana nge pig nya? Kalau nggak ada tempat untuk launching Dan retrieval nya. Saya masih meragukan mfl bisa ngelihat crack utk kasus external surface pads pipeline apalagi yg di daerah lasan plus kalau wall nya tebal. Plus itu ss yg jelas nggak bisa. Cacat lasan kadang biasa tapi saya kira kalau kasusnya crack, itu wajib ditindaklanjuti.

Tanggapan 7 – Eko Prasatiyo

Kalau pipenya SS bisa menggunakan ultrasound tech. (UT) intelligent pig (cmiiw) dan harus memperhatikan radius bendnya jika ada. Untuk mekanismenya bisa menggunakan temporary pig L/R. Masalahnya UT tidak bisa cepat dalam processing datanya jika bapak butuh data yang cepat.

Tanggapan 8 – Faisal Reza

Temporary/portable L/R kalau ada bypass line dan connection nya…kalau utk piping process dimasukkan dimana pak? ini kebanyakan nggak ada di platform atau di dalam terminal piping… perlu ada project utk nambahin ini…pertanyannya kemaren juga masalah cost …kalau utk membuka insulasi saja katanya sudah pusing…apalagi kalu pakai nambahin connection utk portable launcher/receival segala…??  meski ini memang seharusnya difikirkan utk improvement atau utk proyek2 baru…utk kemungkinan pigging pada beberapa line terntentu yg susah di inspeksi dari luar.

Tangapan 9 – Dirman Artib

Saya ikut jd pengamat diskusi ini.Bnyk informasi yg hrs dilengkapi oleh penanya.Ini Piping atau Pipeline? Kalau piping, ini line process untuk apa? Size? Kira-kira berapa joint yg akan diassess/exam? Accessible utk joint exam dr luar?

Yang jelas crack can not be accepted, berapapun biayanya hrs diidentifikasi dan dikoreksi, karena menyangkut urusan safety baik nyawa maupun aset, mungkin juga polusi lingkungan. Benar kata Pak Faisal, jika biaya membuka dan me-repair insulation dan dampaknya sudah membuat ngeri, maka terus terang agak sulit mencari jalan solusi.