Select Page

Puma Energy di Indonesia saat ini hanya memasarkan produk BBM non subsidi khususnya solar untuk industri.

Tanya – rez_pt

Dear rekan migas,

Ada yang tahu sepak terjang puma energy di indonesia? Core businessnya di indo hanya di downstream distribution atau ada lagi?

Tanggapan – S Herry Putranto (Administrator)

Puma Energy di Indonesia saat ini hanya memasarkan produk BBM non subsidi khususnya solar untuk industri. Rasanya Perusahaan ini juga punya storage BBM dengan mengakuisisi Storage BBM milik Medco Downstream di Kalibaru Jakarta Utara yang dulu di operasikan anak perusahaan Elnusa.

Mudah2an sih tidak salah, maklum sudah lama juga tidak berkecimpung di downstream.

Tanggapan 2 – Driaskoro S.

Betul apa yang disampaikan oleh Mas Herry. Perusahaan tersebut berasal dari Swiss, Eropa. Yang saat ini ada di 37 negara di dunia. Puma mengambil alih mayoritas saham dari Medco Sarana Kalibaru. Puma Energy merupakan downstream oil company dan merupakan anak perusahaan dari Trader Trafigura Beheer BV, yang juga sama beroperasi di 37 negara dan 5 benua untuk supply, storage, refinery, distribution dan retail dari range produk petroleum. Kantor pusatnya ada di Singapore, dan didirikan tahun 1997 (acquired 2000) Chairman-nya Graham Sharp dan CEO-nya Pierre Eladari, mempunya pekerja diseluruh dunia mencapai 5000 orang. Puma memiliki lebih dari 1.500 service station dan 24 juta barrels oil storage facilities diseluruh dunia. Memiliki hub dari headquarter di Genewa, Johannesburg, San Juan dan Tallin. Akitivitasnya ada di Afrika (seperti Petronas, fuel station), Amerika Tengah, Asia Tenggara, Australia termasuk di Indonesia di tahun 2012 kemarin masuk. Akhir tahun 2011, Trafigura menjual 20% saham Puma Energy ke Sonagol Holding (perusahaan pemerintah Angola). Di akhir tahun 2012 kemarin Puma Energy. Akan direncanakan IPO melalui London Stock Exchange, namun belum ada tanda-tanda itu dilakukan. Lebih detail silakan lihat di www.pumaenergy.com Demikian…

Tanggapan 3 – Joi Surya Dharma

Wah pak Herry mulai ke upstream ? Atau kmana pak? Diajak bisnis bareng jg pak anak didiknya ini 🙂 Sampai bertemu di kongres iafmi lusa pak.

Tanggapan – S Herry Putranto (administrator)

Ms Joi

Terimakasih atas atensinya. Wah saya kan Admin milis jadi selalu memantau diskusi dari anggota milis baik hulu, midstream maupun hilir. Seandainya ada anggota butuh informasi kewajiban kita untuk membantu.

Masuk ke hulu, bisa mulai dari perusahaan EPC akan banyak ilmu didapat dari sana.

OK sampai jumpa di Kongres IAFMI I, cukup banyak anggota Milis Migas Mendaftar kurang lebih ada 60 an orang melalui saya. Mudah mudahan kamis ada banyak yang hadir nanti dan jangan segan segan saling menyapa ya diantara kita mungkin sudah mengenal nama tetapi belum pernah bertatap muka.